Mengenal Jurusan Kelautan dengan Sejuta Peminat

235

Les Bahasa Inggris di Bandung – Jurusan kelautan merupakan studi yang memiliki peminat yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan lulusan jurusan kelautan mampu memberikan prospek kerja yang cukup menjanjikan. Nah ingin tau lebih jauh mengenai jurusan yang satu ini.? yuk kita bahas secara mendalam mengenai jurusan kelautan yang populer ini.

 

Mengenal Jurusan Kelautan dengan Sejuta Peminat

Jurusan kelautan merupakan cabang ilmu yang berakal dari ilmu bumi yang khususnya kelautan. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai banyak hal yang menyangkut laut mulai dari hewan, tumbuhan hingga mikroba laut.

Selain dari itu, jurusan kelautan ini juga akan membahas mengenai isu mengenai perubahan iklim, potensi pemanasan global, serta masalah mengenai biosfer. Ilmu Kelautan juga termasuk bidang multidisipliner yaitu belajar ilmu lain yang terkait untuk memahami lautan dan segala proses yang terjadi di dalamnya. Sederhananya, jurusan ilmu kelautan ini akan mengajarkanmu banyak hal yang berkaitan dengan laut beserta isinya.

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kelautan

Sebagai satu jurusan yang akan mengajarkan kamu mengenai banyak hal yang berkaitan dengan laut, akan ada banyak prospek kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus kuliah nanti, berikut beberapa prospek kerja dari lulusan jurusan kelautan.

 

1. Manajer akuakultur

Prospek kerja pertama yang bisa kamu dapatkan sebagai lulusan jurusan kelautan adalah menjadi manajer akuakultur. Akuakultur merupakan budidaya perairan yang bertugas dalam mempelajari mengenai aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan mengembangbiakkan biota laut maupun air tawar.

Sebagai manajer akuakultur, kamu akan memiliki tugas untuk menjaga agar proses produksi ikan berjalan dengan memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan dan sumber daya alam.

Memang dasarnya jurusan ini identik dengan lulusan jurusan akuakultur, akan tetapi juga bisa menjadi peluang kerja bagi kamu lulusan jurusan kelautan.

 

2. Teknik kelautan

Prospek kerja selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah menjadi teknik kelautan atau ocean engineering. Di profesi ini, kamu akan memiliki tugas dalam mengoperasikan mesin dan kapal termasuk juga dengan mesin penggerak dan sistem sumber daya listrik.

Beberapa tugas yang mungkin akan menjadi tanggung jawab kamu di sini adalah memeriksa peralatan dan mesin kapal untuk pembukaan lowongan kerja, melakukan studi kerja, hingga merancang dan mengawasi pengujian, pemasangan, dan perbaikan mesin dan peralatan kapal.

 

3. Instansi pemerintahan

Bekerja di instansi pemerintahan merupakan impian dari banyak orang, dan kamu yang telah mengambil jurusan kelautan dapat memperoleh peluang untuk dapat bekerja di instansi pemerintahan. Di sini, kamu bisa melamar untuk bekerja di kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan Provinsi dan Kabupaten, Balai Budidaya Air Tawar, Kementerian ESDM, Bappenas dan Bappeda, LIPI, dan masih banyak pilihan instansi lainnya.

 

4. Wirausaha 

Bagi kamu yang mungkin tidak nyaman dengan pekerjaan yang terikat dengan perusahaan atau instansi, sebagai lulusan jurusan kelautan, kamu juga akan memperoleh kesempatan untuk bisa menjadi seorang wirausaha. 

Kamu bisa menjadi penjual ikan hias, ikan yang dikonsumsi, dan distributor makanan ikan. Tidak hanya sampai disitu saja, kamu juga bisa membuka usaha dibidang pengolahan hasil laut seperti kerupuk ikan, kerupuk udang dan lain lainnya.

Baca juga Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan.?

5. Dosen atau Guru Pembimbing

Sama halnya dengan jurusan lainnya, sebagai lulusan jurusan kelautan, kamu juga akan memperoleh peluang untuk menjadi dosen atau guru pembimbing di sebuah fakultas atau sekolah kejuruan. Namun jika kamu ingin memperoleh pekerjaan ini, setidaknya kamu telah mengantongi sertifikat atau ijazah pendidikan tingkat magister.

Nah itulah informasi singkat mengenai jurusan kelautan yang merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat yang cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here