Mengenal Jurusan Kimia dan Peluang Karir di Industri Kimia

287

Kursus Ielts Bandung – Ketika memasuki bangku perkualiahan, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan jurusan kuliah yang dapat dipilih. Setiap jurusan kuliah umumnya memberikan peluang  karir yang sama selepas lulusan nanti, seperti halnya dengan jurusan kimia.

Pada dasarnya, jurusan kimia merupakan jurusan atau program studi yang akan mempelajari mengenai struktur, sifat dan juga juga reaktivitas suatu zat. Sehingga di jurusan ini akan sangat akrab dengan tabel zat kimia yang umum digunakan dan ada di sekitar.

Dengan mata kuliah yang mempelajari beragam hal yang berkaitan dengan zat kimia ini akan membuka peluang karir yang cukup banyak selepas kuliah nanti. Nah apa saja itu.? Simak terus artikel ini sampai selesai.

 

Lulusan Jurusan kimia

Jurusan Kimia di perguruan tinggi mengajarkan mahasiswanya tentang sifat-sifat materi dan bagaimana materi dapat berubah menjadi bahan yang berguna bagi manusia. Pada umumnya, jurusan kimia dibagi menjadi beberapa bagian seperti spesialisasi seperti kimia analitik, kimia organik, kimia fisik, kimia anorganik, dan kimia lingkungan. Setiap bidang memiliki fokus yang berbeda-beda, namun semua bidang tersebut memiliki peran penting dalam dunia industri.

 

Peluang Karir di Industri Kimia

Industri kimia merupakan industri yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara. Industri ini memproduksi berbagai macam bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti obat-obatan, bahan bangunan, kosmetik, bahan bakar, pupuk, dan banyak lagi. Sebagai lulusan jurusan kimia, terdapat beberapa peluang karir yang dapat diambil selepas kuliah nanti seperti

 

Peneliti Kimia

Para lulusan kuliah jurusan kimia dapat bekerja sebagai peneliti di berbagai lembaga penelitian dan industri kimia. Seorang peneliti kimia ini akan memiliki tugas untuk melakukan penelitian guna mengembangkan bahan kimia baru, meningkatkan efisiensi proses produksi, dan mengembangkan teknologi baru dalam industri kimia.

Baca juga Membangun Karir dalam Bidang Desain Grafis, Jurusan dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Ahli Kimia Analitik

Kimia analitik merupakan salah satu cabang dalam ilmu kimia yang akan berfokus pada analisis sampel material untuk mengidentifikasi kandungannya sehingga diketahui bagaimana komposisi, struktur serta fungsi kimiawinya. Analisis dilakukan guna mengetahui jenis jenis unsur atau senyawa yang terdapat didalam bahan terkait. 

 

Ahli Kimia Organik

Kimia Organik merupakan bidang ilmu yang akan mempelajari mengenai struktur, sifat-sifat, perubahan, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa yang mengandung atom karbon tidak hanya senyawa hidrokarbon, tetapi juga senyawa yang mengandung unsur lainnya.

Ahli kimia organik bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memproduksi senyawa organik. Tugasnya meliputi sintesis senyawa organik, pengembangan teknologi produksi, dan peningkatan efisiensi proses produksi.

 

Ahli Kimia Fisik

Seorang ahli kimia fisik ini akan memiliki tugas untuk mempelajari sifat dan fisik dari suatu bahan kimia. Adapun tugas yang dilakukan dari hal tersebut yang meliputi pengembangan teknologi pemrosesan bahan kimia, pengembangan teknologi produksi, dan peningkatan efisiensi proses produksi.

 

Ahli Kimia Lingkungan

Seorang ahli kimia lingkungan ini akan berkeja dengan cara mempelajari dampak dari bahan kimia terhadap lingkungan. Tugas seorang ahli kimia lingkungan adalah memantau kualitas air dan juga udara. Tujuan utama dilakukannya adalah untuk menjaga keberlangsungan hidup yang aman.

 

Kesimpulan

Seorang lulusan kuliah dengan jurusan kimia akan menawarkan berbagai peluang karir  di industri kimia, dimana industri kimia ini merupakan industri yang memiliki peranan penting bagi perekonomian dari suatu negara.

Setiap bidang spesialisasi di Jurusan Kimia memiliki peran penting dalam industri kimia. Para lulusan kuliah dengan jurusan kimia ini dapat bekerja dengan negara, perusahaan maupun sebagai pengusaha dengan mengembangkan bahan kimia menjadi produk atau bahan yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here