Mengenal Jurusan Kuliah Oseanografi

360

Kursus Ielts Bandung – Jurusan oseanografi memang tidak sepopuler jurusan hukum, ekonomi, dokter atau jurusan jurusan lainnya, maka tidak heran jika banyak para calon mahasiswa yang kerap bingung dengan jurusan oseanografi. Apa yang dipelajari, apa prospek kerjanya, dan apa sebenarnya jurusan oseanografi ini? nah agar kamu tidak bingung dan penasaran mengenai jurusan yang satu ini, yuk kita kenalan dengannya.

 

Mengenal Jurusan Oseanografi

Oseanografi merupakan salah satu jurusan yang akan mempelajari mengenai seluk beluk fenomena yang ada di laut. Dimana jurusan ini lebih cenderung mengacu ke aspek kehidupan seperti bidang mitigasi bencana, perikanan, bencana laut, lingkungan dan juga rekayasa.

Luasnya lautan membuat  fenomena yang ada di laut belum diketahui secara menyeluruh hingga sampai saat ini. inilah yang akan menjadi tugas para mahasiswa yang mengambil jurusan oseanografi, yaitu untuk mempelajari semua fenomena yang ada di laudan belum terkuak hingga sampai saat ini.

 

Perbedaan Oseanografi dan Ilmu Kelautan

Nah bagi kamu yang mungkin pernah berpikir jika jurusan oseanografi ini sama dengan jurusan kelautan, maka kamu perlu memahami perbedaan dari kedua jurusan tersebut. 

Perbedaan yang pertama dari jurusan kelautan dengan jurusan oseanografi ini adalah ilmu kelautan yang sifatnya lebih spesifik. Sedangkan ilmu kelautan mempunyai pengertian lebih luas yang meliputi mempelajari biologi, geologi, kimia dan fisika.

Jurusan oseanografi akan lebih menekankan proses eksplorasi situasi fisik laut, sementara ilmu kelautan hanya bersifat akademis untuk studi ilmiah.

 

Prospek Kerja Oseanografi 

Sudah menjadi hal yang  wajar jika kamu bertanya mengenai prospek kerja yang dapat diperoleh oleh para sarjana lulusan jurusan oseanografi. Nah berikut beberapa prospek kerja yang bisa dipilih oleh para lulusan dari jurusan oseanografi ini.

 

Ahli Ekologi

Peluang pekerjaan pertama bagi kamu lulusan oseanografi adalah menjadi ahli ekologi. Di sini, kamu akan bergelut di bidang makhluk hidup dan ekosistemnya. Untuk pekerjaan ahli ekologi ini kamu bisa menjadi ilmuwan yang meneliti sifat makhluk hidup dalam sebuah ekosistem lengkap dengan verifikasinya. Profesi yang satu ini juga bisa meneliti interaksi makhluk hidup dengan lingkungan tempat ia menghabiskan hidupnya. 

 

Metocean Engineer

Prospek kerja kamu selanjutnya adalah mencari Metocean engineers dimana kamu akan ditugaskan untuk meneliti dan mengambil data di laut seperti angin laut, gelombang laut, dan lain lain. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan perusahan yang bergerak dibidang gas dan minyak bumi.

Dari hasil data yang kamu peroleh nantinya akan menjadi keputusan akhir yang akan diambil yang berdasarkan dengan cuaca dan kondisi laut. 

 

Manajer Akuakultur

Lulusan oseanografi ini juga bisa bekerja sebagai manager akuakultur. Di posisi ini kamu akan memegang peranan yang cukup penting dalam mengatur produksi dan penggunaan sumber daya ikan agar dapat berjalan dengan baik tanpa menyebabkan kerusakan keseimbangan lingkungannya.

Selain menjadi manager akuakultur, kamu juga bisa menjadi direktur akuakultur yang bertugas dalam pembenihan ikan dan lain lain.

 

Teknik Kelautan

Sebagai sarjana yang telah belajar banyak mengenai kelautan, kamu juga dapat memperoleh prospek kerja menjadi teknik kelautan yang dimana kamu akan bertugas dalam membuat desain mengembangkan, sekaligus bertanggung jawab pada dunia perkapalan. Mulai dari mesin penggerak hingga sumber daya listrik akan  dibutuhkan di kapal.

Baca juga Mengenal Jurusan Kehutanan Buat Pecinta Alam

Konsultan Lingkungan

Prospek kerja selanjutnya dari para lulusan jurusan Oseanografi adalah menjadi konsultan lingkungan. Profesi ini memiliki peranan yang cukup penting pada kelestarian  dan keseimbangan hidup di lingkungan. Dengan menjadi konsultan lingkungan ini, kamu akan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan di bumi.

Bagaimana setelah kamu mengenai jurusan Oseanografi lebih jauh.? Apakah kamu tertarik ingin memilihnya sebagai jurusan kuliahmu.? Namun hal yang terpenting sebelum kamu mengambil jurusan ini, pastikan kamu bisa berenang ya, karena kamu akan banyak melakukan praktik di laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here