Mengenal Jurusan Kuliah Rekayasa Pertanian Hingga Prospek Kerjanya

545

Kursus Toefl Bandung – Rekayasa pertanian merupakan program studi yang mengkombinasikan antara ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. 

Pada program studi ini, kamu akan mempelajari kompetensi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan guna mencapai swasembada kebutuhan pokok dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Lantas apakah jurusan rekayasa pertanian ini mampu memberikan prospek kerja setelah lulus kuliah nanti.? Selengkapnya yuk kita kenal lebih dekat mengenai jurusan kuliah rekayasa pertanian ini.

 

Alasan Mengapa Jurusan Rekayasa Pertanian Itu Penting Buat Kamu

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan energi matahari dan curah hujan yang berlimpah sepanjang tahun. Hal inilah yang akan memungnkinkan pertanian di indoensa untuk diproduksi sepanjang tahun.

Maka dari itu, ilmu terkait pertanian di indonesia akan sangat bermanfaat karena memang didukung oleh kondisi iklim yang berlaku. Maka dari itulah perlu dilakukan pengembangan terhadap sistem pertanian yang beragam dengan efisiensi energi, materi, dan ekonomi yang tinggi tanpa mencemari lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara umum. Sehingga bagi kamu yang memiliki minat yang tinggi sehadap bidang pertanian sangat cocok jika mengambil jurusan rekayasa pertanian ini.

 

Prospek Kerja Jurusan Pertanian

Bagi kamu yang mungkin kerap bertanya tanya apa sih prospek kerja dari para lulusan rekayasa pertanian ini.? nah berikut kami merangkum beberapa prospek kerja yang dapat diperoleh oleh para lulusan jurusan pertanian.

1. Konsultan Pertanian

Prospek kerja pertama dari para lulusan rekayasa pertanian adalah menjadi konsultan pertanian. Seorang konsultan pertanian ini bertugas memberi saran dalam sektor pertanian. Seorang konsultan dapat mematokan harga yang fleksibel tergantung ari standar harga yang mereka inginkan. Namun dalam hal ini, seorang konsultan bisa memperoleh pendapatan yang bekisar 5 hingga 10 juta.

 

2. PNS

Para lulusan jurusan pertanian juga dapat memperoleh peluang untuk menjadi seorang PNS yaitu di dinas pertanian sera dinas manapun industri lain yang berkaitan dengan pertanian seperti Badan Koordinasi Survei, LSM, dan lain lain. Namun untuk mendapatkan posisi ini, setidaknya kamu harus mengambil S1 pertanian.

 

3. Perkebunan 

Para lulusan pertanian ini juga dapat menjadi pegawai kebun profesional baik swasta maupun pemerintah. Untuk mengolah perkebunan yang besar tentu akan sangat membutuhkan tenaga ahli yang memang berada di bidang  khusus. Sebagai pengolah kebun berskala besar, penghasilan yang bisa kamu peroleh tentu cukup menjanjikan yang berkisaran 5 hingga 7 juta yang juga bisa diberi tunjangan tunjangan lainnya.

 

4. Lembaga Penelitian 

Selama di bangku kuliah jurusan pertanian, kamu juga akan mendapatkan materi pembelajaran terkait penelitian dan praktikum. Disinilah kamu akan memperoleh pengetahuan yang akan menjadi modal kamu untuk bekerja di lembaga peneliti khususnya di bidang pertanian.

Bekerja di lembaga penelitian sangat mungkin bagi lulusan teknik pertanian menimbang besarnya potensi pertanian di Indonesia dan juga beragamnya komoditas pertanian yang perlu untuk diteliti lebih jauh lagi. 

Baca juga Prospek Kerja dari Jurusan Budidaya Perairan (Akuakultur)

5. Konsultan Teknik 

Prospek kerja selanjutnya bagi kamu lulusan rekayasa pertanian adalah menjadi konsultan teknik. Dalam hal ini kamu dapat memberikan saran mengenai hal hal yang berkaitan dengan pertanian, mulai dari alat atau mesin pertanian, konstruksi fasilitas pertanian dan lain sebagainya. Bicara mengenai penghasilan, di profesi ini kamu bisa memperoleh penghasilan yang bisa mencapai 3 sampai 5 juta yang juga tergantung dari tempat kamu bekerja.

Nah setelah kamu mengenal lebih jauh mengenai jurusan rekayasa pertanian ini, apakah kamu tertarik ingin memilihnya sebagai jurusan pilihan kamu.? Apapun jurusan yang akan kamu pilih, pastikan jika jurusan tersebut sesuai dengan minat kamu masing masing agar kelak kamu dapat menikmati proses pembelajaran selama di bangku kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here