Mengenal Jurusan Sosiologi di Bangku Perkuliahan

373

Les Bahasa Inggris di Bandung – Mendengar jurusan Sosiologi, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang satu ini, karena memang di bangku sekolah Sosiologi sudha menjadi salah satu mata pelajaran semasa SMA. Namun ternyata Sosiologi juga dapat kita temukan di bangku perguruan tinggi loh. Nah sebelum kamu akan mengambil jurusan ini, ada baiknya jika kamu mengenal lebih dekat mengenai jurusan Sosiologi di bangku perkuliahan.

 

Sekilas Tentang Jurusan Sosiologi

Ketika kamu duduk di bangku sekolah, mungkin kamu mengenal mata pelajaran  Sosiologi sebagai mata pelajaran yang mempelajari tentang sifat, perilaku dan perkembangan masyarakat. Namun bagaimana di bangku perguruan tinggi.? Sebenarnya di bangku perkuliahan, kamu masih akan mempelajari hal yang serupa hanya saja di bangku kuliah pelajaran akan dibuat lebih mendalam.

 

Alasan Memilih Ilmu Sosial dan Jurusan Sosiologi

Bagi kamu yang mungkin bertanya apa sih bagusnya jurusan Sosiologi ini, nah untuk menjadi bahan pertimbangan kamu, berikut kami memaparkan beberapa alasan mengapa kamu perlu memilih jurusan Sosiologi ini.

 

Peluang karir yang luas

Meskipun jurusan Sosiologi ini hanya akan mencangkup mempelajari seputar karakter, sifat dan perkembangan masyarakat, namun prospek kerja yang diberikan selesai kuliah nanti cukup luas. Setelah lulus nanti kamu bisa berkarier di bidang Human Resource, Analisa Pasar, Media, Public Relation, dan sebagainya lazim berpendapat bahwa studi Sosiologi akan menjadi landasan pendidikan yang lebih tepat.

 

Cocok untuk yang ingin jadi peneliti atau akademisi

Para lulusan jurusan Sosiologi yang suka dengan mendalami filsafat sosial, akan sangat cocok melanjutkan karier sebagai peneliti atau pengajar (akademisi) Ilmu Sosial. Kamu bisa mengkaji perilaku masyarakat dan hasil riset yang lebih luas yang digunakan baik oleh pelaku industri maupun perencanaan pembangunan instansi pemerintahan.

 

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Sebagai bahan pertimabngan kamu yang mungkin ingin memilih jurusan Sosiologi di bangku perkuliahan namun masih ragu, tidak ada salahnya jika kamu mencari tahu lebih jauh mengenai prospek kerja dari para lulusan jurusan Sosiologi. Berikut beberapa pilihan karir yang tersedia untuk pemegang kualifikasi Ilmu Sosial khususnya Sosiologi

 

1. Peneliti

Prospek kerja yang pertama dari para lulusan jurusan Sosiologi ini adalah dapat menjadi seorang  peneliti. Kamu bisa bergabung ke sejumlah lembaga penelitian seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional.

 

2. Jurnalis

Para lulusan jurusan Sosiologi ini juga akan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang jurnalis. Kamu bisa mengembangkan kemampuan menganalisis untuk membuat laporan sebuah fenomena menjadi sebuah karya tulis yang mendalam.

 

3. PNS

Seorang lulusan Sosiologi juga memiliki kesempatan untuk menjadi PNS atau pegawai Negeri Sipil. Sebagaimana seperti yang kita ketahui, bekerja sebagai seorang PNS memiliki masa depan yang menjanjikan.

 

4. Pengajar

Sama halnya dengan jurusan kuliah lainnya, bagi kamu yang telah menyelesaikan pendidikan jurusan Sosiologi ini juga akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang guru atau pengajar. Kamu bisa memberikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari sebelumnya kepada anak-anak didik.

Baca juga Apa Itu Jurusan Kriminologi.?

5. Pekerja sosial

Berbekal dengan pengalaman dalam kegiatan mengabdi selama kuliah, kamu bisa berkesempatan untuk menjadi pekerja sosial. Pengalaman tersebut akan sangat dibutuhkan untuk menangani konflik sosial yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat. Kamu bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM, baik dalam maupun luar negeri.

Setelah mengenal lebih jauh mengenai jurusan Sosiologi ini,apakah kamu tertarik ingin menjadikan jurusan ini sebagai jurusan pilihan kamu di bangku perkuliahan nanti.? Apapun jurusan yang akan kamu pilih, pastikan jika hal tersebut didasari dengan minat diri kamu secara pribadi agar nantinya proses pembelajaran bisa terasa menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here