Mengenal Jurusan Teknik Industri yang Memiliki Banyak Peminat

471

Kampung Inggris Bandung – Teknik industri merupakan suatu jurusan yang menggabungkan ilmu teknik dengan ilmu manajemen. Jurusan ini sebenarnya jurusan yang paling pas digandrungi oleh para siswa lulusan IPA yang senang berbisnis atau memiliki mimpi untuk dapat menjadi seorang pemimpin di dalam sebuah perusahaan industri.

Di sini, kamu tidak hanya sekedar akan mempelajari mengenai seluk beluk mesin manufaktur, namun di sini kamu juga akan mempelajari mengenai suatu perencanaan dan pengendalian produksi pabrik, mulai dari manajemen keuangan, operasional, hingga manajemen sumber daya manusia. Nah jika kamu ingin mengenal lebih jauh mengenai jurusan yang satu ini, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri adalah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia, mulai dari produksi, pengelolaan, hingga hasil produksi tersebut menghasilkan nilai ekonomi. Jurusan ini bisa dibilang sebagai gabungan dari ilmu teknik, bisnis, komunikasi yang dibangun di atas pengetahuan ilmu komputer, matematika, manajemen produksi, kontrol proses dan perilaku manusia.

 

Apa Saja yang Akan Kamu Pelajari di Jurusan Teknik Industri?

Bagi kamu mungkin yang bertanya tanya mengenai apa yang akan dipelajari di jurusan teknik industri ini. di jurusan teknik industri ini, kamu akan mendapatkan beberapa materi pembelajaran yang akan meliputi perencanaan produksi dan operasi, manajemen produksi dan operasi internasional, penanganan bahan, penjadwalan logistik dan operasi dan beberapa materi pembelajaran yang berhubungan lainnya.

 

Kenapa Memilih Jurusan Teknik Industri?

Setiap jurusan perkuliahan tentunya memiliki kelebihannya masing masing. Sementara di jurusan teknik industri ini, kamu memiliki beberapa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan yang satu ini, seperti

 

Gabungkan Keterampilan Teknis dan Kemampuan Bisnis

Di jurusan ini, kamu akan dihadapkan dengan urusan yang menyakit mengenai bagaimana sebuah produk dibuat, kualitas dari produk tersebut dan buata pembuatan produk sampai bagaimana produk terkait dapat dipasarkan hingga memberikan value bisnis.

Belajar di jurusan ini, kamu akan memahami bagaimana menggabungkan keterampilan teknis dengan kemampuan bisnis yang saling melengkapi.

 

Belajar Berfokus Pada Proses

Salah satu perbedaan jurusan teknik industri dengan jurusan teknik lainnya yang sepenuhnya mempelajari mengenai teknik. Dini sini kamu juga akan difokuskan untuk mempelajari proses dan menemukan cara untuk memperbaiki sebuah proses yang  juga akan mencangkup mengenai analisis, pengembangan, peningkatan, dan penerapan proses terintegrasi dan komponennya. 

 

Dapat Bekerja di Berbagai Sektor

Para lulusan jurusan teknik industri akan  memperoleh peluang kerja di berbagai sektor, mulai dari manufaktur, teknologi, perangkat keras, ritel, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi prospek lainnya yang masih berkaitan dengan industri. 

 

Prospek Karir Lulusan Teknik Industri

Untuk menjawab pertanyaan kamu yang mungkin ingin tau apa sih yang menjadi prospek kerja dari jurusan teknik industri ini, nah berikut kami merangkum beberapa prospek kerja yang dapat diperoleh bagi para lulusan teknik industri.

 

Teknisi Manufaktur

Prospek kerja pertama dari para lulusan teknik industri adalah menjadi teknisis manufaktur. Seorang teknisi manufaktur akan bertugas untuk memastikan standar kualitas produksi di sebuah pabrik manufaktur dan pabrik.

Dikatakan sebagai seorang teknisi, karena di sini kamu akan memiliki pekerjaan yang perlu untuk dilakukan dengan mengoperasikan mesin produksi dengan baik.

 

Quality Assurance Inspector

Quality Assurance Inspector merupakan seseorang yang bekerja di sebuah pabrik yang bertugas untuk memeriksa kualitas produk sebelum mereka mengirimkan produk ke gudang atau ritel. Posisi ini hampir dibutuhkan oleh sebuah perusahaan termasuk perusahaan yang bergerak dibidang teknologi.

Di sini, kamu akan mendapatkan tugas untuk memantau produksi dan  memiliki produk secara acak untuk melakukan  uji guna memastikan kualitas dari produk tersebut telah memenuhi standarnya.

Baca juga Mengenal Fakultas dan Jurusan MIPA

Mekanik Industri

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi mekanik industri. Di sini kamu akan membutuhkan  pengetahuan mengenai mesin manufaktur dan  proses memecahkan masalah  mekanis, mengkalibrasi peralatan, dan mengganti mesin yang ada. 

Selain dari tiga prospek kerja tersebut, tentunya masih ada banyak lagi prospek kerja lainnya yang juga dapat kamu peroleh jika berhasil mengantongi ijazah lulusan jurusan teknik industri ini. hal tersebut kembali lagi ke jumlah bekal yang berhasil kamu bawa dari bangku kuliah menuju ke dunia kerja. Artinya, semakin banyak pengetahuan yang telah kamu kuasai selama belajar di sana, maka akan semakin banyak peluang kerja yang bisa kamu peroleh nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here