Mengenal Jurusan Teknik Mesin dengan Peluang Karir Masa Depan

471

Kursus Toefl Bandung – Ketika bicara mengenai jurusan teknik mesin, mungkin tidak sedikit yang akan langsung  beranggapan bahwa lulusan jurusan teknik mesin hanya akan memiliki peluang karir di perbengkelan saja, padahal seorang lulusan kuliah dengan jurusan teknik mesin ini telah dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan lain seperti konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material, sehingga ada banyak peluang karir yang akan terbuka bagi para lulusan kuliah jurusan teknik mesin.

Nah bagi anda yang mungkin tertarik dengan jurusan ini dan ingin tau apa saja prospek setelah lulus kuliah nanti.? Ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Mengenal Jurusan Teknik Mesin dengan Peluang Karir Masa Depan

Bicara sekilas mengenai teknologi mesin, teknologi mesin dari tahun ke tahun akan terus meningkat dan akan ada banyak teknologi mesin yang akan hadir di masa depan nanti sehingga seseorang dengan kemampuan teknik mesin yang baik akan selalu dibutuhkan di masa mendatang. Berikut beberapa prospek kerja bagi para lulusan jurusan teknik Mesin.

 

Bekerja Pada Industri Otomotif

Seorang lulusan kuliah jurusan teknik mesin sudah sangat identik dengan karir di bidang industri otomotif. Semakin baik keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh seorang  ahli teknik otomotif maka akan semakin baik peluang karir yang dapat diperolehnya. Maka dari itu dalam memilih universitas, sebaiknya pilihlah universitas yang terpercaya dan juga memiliki banyak chanel perusahaan yang bekerja sama dengan universitas untuk urusan mahasiswa yang magang.

 

Bekerja Bagian Konversi Energi

Peluang kerja seorang lulusan teknik mesin selanjutnya adalah bekerja di bidang energi pada perusahaan. Seorang teknik mesin yang bekerja di bagian konversi energi ini memiliki tanggung jawab dalam merancang sebuah mesin yang nantinya dapat mengubah bentuk energi ke suatu bentuk energi lainnya. Misalnya, konversi energi panel surya dan kincir uap.

 

Bekerja Pada Industri Bioteknologi

Bioteknologi merupakan awal perkembangan dari cabang ilmu yang menganalisis makhluk hidup dalam sebuah proses produksi yang nantinya dapat melahirkan barang atau jasa yang memiliki nilai jual. Seorang  lulusan perkuliahan dengan jurusan teknik mesin akan memiliki kesempatan kerja dalam menciptakan alat yang sekiranya cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh bidang teknologi. 

 

Dosen

Umumnya, semua mahasiswa di berbagai jurusan memiliki peluang yang sama untuk menjadi dosen atau guru pembimbing di jurusan yang mereka kuasai. Begitu juga dengan para lulusan teknik mesin juga dapat memiliki peluang yang sama menjadi seorang pembimbing atau dosen pengajar jurusan teknik mesin. Dalam hal ini dibutuhkan keahlian yang baik dalam penyampaian materi dan metode pembelajaran yang dilakukan.

 

Bergabung dengan PLN

Seorang lulusan teknik mesin  juga dapat memperoleh peluang bekerja di PLN selesai kuliah nanti. Hal ini dikarenakan tenaga kerja yang dibutuhkan di PLN setidaknya memiliki dasar dasar pengetahuan mengenai mesin dan kelistrikkan sebagaimana yang seperti dipelajari dalam jurusan teknik mesin.

Baca juga Jurusan Bahasa Inggris, dengan Peluang Karir Mendunia

Bekerja Pada Industri Pertambangan

Dalam industri pertambangan juga membutuhkan seorang ahli di bidang teknik mesin dalam mendukung proses operasional pertambangan. Seorang ahli di bidang teknik mesin akan dibutuhkan dalam menangani berbagai macam masalah yang terjadi pada peralatan dan perlengkapan bertenaga mesin.

 

Desainer Mekanik

Peluang karir seorang lulusan teknik mesin selanjutnya adalah memiliki peluang kerja sebagai Desainer Mekanik. Dimana, Desainer Mekanik ini akan bertugas dapat pembuatan dan pengembangan mesin agar memiliki desain tampilan yang baru dan lebih canggih. Masalah gaji, tentu sangat menggiurkan.

Nah itulah beberapa prospek kerja yang dapat diraih oleh para lulusan jurusan teknik mesin. Semoga dengan gambaran prospek setelah lulusan kuliah jurusan teknik mesin mesin, dapat membantu nad dalam memilih jurusan yang tepat untuk menyelesaikan pendidikan dibangku kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here