Mengenal  Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

479

Kampung Inggris Bandung – Dulunya, jurusan perencanaan wilayah dan kota lebih dikenal dengan jurusan teknik Planologi, sebab memang  biasanya di fakultas teknik hingga sekarang pun jurusan ini kerap disebut dengan jurusan Planologi. Beberapa diantaranya juga ada yang menyebutnya dengan jurusan teknik PWK.

Jika kamu tertarik ingin kepo dengan jurusan yang satu ini, yuk kita bahas secara mendalam mengenai jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

 

Mengenal Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ini merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai perencanaan wilayah. Dimana, di jurusan ini kamu akan belajar mengenai tentang suatu wilayah atau kota, termasuk unsur-unsur di dalamnya. 

Ilmu Planologi merupakan ilmu komplek yang melibatkan ilmu geografi, geologi, ekonomi, sosial budaya, politik, dan masih banyak lagi. Memang, jurusan ini melibatkan lebih banyak ilmu yang akan dipelajari karena memang  akan ada banyak hal yang akan dilibatkan pada proses kerja kamu nantinya yang menyangkut beberapa bidang ilmu yang telah disebutkan tadi.

 

Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa Jurusan Planologi

Sebelum kamu akan melangkah lebih jauh untuk mengambil jurusan Planologi ini, terdapat beberapa skil yang diharapkan kamu miliki seperti senang menganalisis, memecahkan masalah, dan mau berdiskusi. Sebab di jurusan ini, kamu tidak akan bekerja sendirian, termasuk juga setelah kamu kerja nanti yang dimana akan melibatkan lebih banyak orang, maka skil skil tersebut sebaiknya sudah kamu kantongi.

Tidak hanya setelah bekerja saja, namun selama di bangku kuliah ini, kamu juga akan lebih sering mendapatkan tugas berkelompok sebagai upaya melatih kamu untuk menjadi sosok yang siap bekerja di bidang Planologi.

 

Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Apa kerja dari para lulusan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.? Nah bagi kamu  yang merasa penasaran dengan prospek kerja yang dapat diperoleh  oleh  para sarjana jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini, berikut beberapa diantaranya.

 

1. Instansi Pemerintahan

Prospek kerja yang  pertama bagi kamu yang berhasil menyelesaikan pendidikan kuliah di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini, kamu dapat bekerja instansi pemerintahan. Ada banyak peluang untuk kamu bekerja di instansi pemerintahan seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Tata Ruang Kota, Kementerian Perumahan, Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, dan Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi.

 

2. Konsultan Bangunan dan Proyek

Prospek kerja kerja selanjutnya adalah sebagai konsultan pembangunan yang dimana kamu bisa bikin kantor sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan konsultan. Di sini, kamu akan memiliki tugas untuk memastikan pembangunan yang  dilakukan dengan benar dan terstruktur sehingga proyek dapat dilakukan dengan lancar.

 

3. Rencana Jalur Transportasi dan Fasilitas Umum

Selanjutnya, kamu juga dapat memperoleh kesempatan bekerja sebagai perencana jalur transportasi dan fasilitas umum. Di sini kamu akan diugaskan untuk memastikan jalur transportasi dan fasilitas umum tertata dengan baik.

 

4. Ahli Pembuatan Peta Wilayah

Sebagai lulusan jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota, kamu juga akan memperoleh  kesempatan untuk bekerja sebagai ahli pembuatan peta wilayah. Tugas kamu di sini adalah untuk menganalisis banyak hal yang berguna sebagai panduan transportasi hingga pemetaan jalur bencana dan sebagainya.

Baca juga Bedah Jurusan Teknik Pertambangan yang Memiliki Prospek yang Menjanjikan

5. Sektor Swasta

Di sektor wisata, ini sebagai lulusan teknik tata wilayah dan kota, kamu memperoleh peluang menjadi tenaga ahli di konsultan (perencanaan, pariwisata, dan lainnya), bagian pengembangan komunitas dari perusahaan, developer dan kontraktor properti, serta pengajar dan peneliti di perguruan tinggi.

Nah itulah sekilas informasi tentang jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota dan semoga dengan informasi tersebut dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat terkait jurusan kuliah yang bisa kamu pilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here