Mengenal Jurusan Teknik Sipil dengan Peluang Karir di Bidang Konstruksi

465

Kursus Speaking Bandung – Jurusan teknik sipil termasuk salah satu jurusan yang cukup menjanjikan. Jurusan ini berkaitan dengan pembangunan dan konstruksi. Dari kaitan tersebut, kita dapat menyimpulkan jika para lulusan perkuliahan dengan jurusan teknik sipil akan menuju jenjang karir di bidang pembangunan. Lantas apa yang akan dipelajari bagi para jurusan teknik sipil dan apa prospek kerja selepas kuliah nanti.? Selengkapnya akan kami bahas sebagai berikut.

 

Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa seorang mahasiswa dengan jurusan teknik sipil ini akan mempelajari hal hal yang berkaitan dengan pembangunan dan berikut beberapa hal penting yang akan dipelajari oleh para mahasiswa dengan jurusan teknik sipil

 

Struktur Bangunan

Salah satu materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh mahasiswa dengan jurusan teknik sipil adalah struktur bangunan. Dalam hal ini, para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan seperti misalnya mempelajari mengenai bagaimana respons yang  diberikan oleh suatu material bangunan pada beban yang diterimanya. 

Hal ini menjaid dasar penting yang akan dipelajari untuk mebangun sebuah bangunan yang kokoh, tahan lama serta tahan bencana alam seperti gempa bumi. Lebih jauhnya, para mahasiswa akan mempelajari mengenai mekanika struktur, struktur beton, struktur baja, struktur kayu dan lain sebagainya. 

 

Geoteknik

Materi pembelajaran yang tidak kalah penting selanjutnya adalah Geoteknik. Dalam hal ini, para mahasiswa akan mempelajari mengenai geoteknik atau studi tentang struktur dan sifat tanah yang nantinya akan menjadi penopang bagi pondasi sebuah bangunan. 

Seperti yang diketahui, pondasi merupakan suatu hal penting yang akan mempengaruhi tingkat kekokohan dari sebuah bangunan. Maka dari itu, mempelajari struktur tanah menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari dalam jurusan teknik sipil.

 

Manajemen Konstruksi

Sebagai seorang mahasiswa atau lulusan jurusan teknik sipil, sudah seharusnya memahami tentang manajemen konstruksi yang dimana hal ini akan mempengaruhi pengelolaan proyek konstruksi yang berhubungan perhitungan ekonomi, jadwal pekerjaan hingga  proses pengerjaan yang selesai tepat pada waktunya.

Proses perencanaan konstruksi ini tentunya harus sesuai dengan dana yang tersedia, dengan waktu yang telah ditentukan. Tentunya, waktu yang diberikan untuk mengerjakan proyek harus bisa seefisien mungkin, agar bangunan yang didirikan bisa dibangun dengan kokoh dan penuh ketelitian. 

 

Peluang Karir Lulusan Teknik Sipil 

Bagi anda yang sedang menapaki jurusan perkuliahan teknik sipil mungkin pernah bertanya, apa sih pekerjaan dari teknik sipil selepas kuliah nanti.? Nah berikut beberapa peluang karir bagi para lulusan jurusan teknik sipil.

 

Konsultan Konstruksi 

Prospek kerja dari para lulusan jurusan teknik sipil yang pertama adalah menjadi konsultan konstruksi. Menjadi konsultan artinya memiliki peran memberikan masukan maupun bimbingan mengenai kondisi properti tertentu.

Seorang konsultan umumnya bergabung dengan dengan perusahaan atau agency yang bergerak dibidang jasa property. 

Baca juga Pilihan Prospek Kerja bagi Lulusan Jurusan Marketing

Surveyor 

Surveyor juga menjadi salah satu prospek dari para lulusan jurusan teknik sipil. Umumnya, seorang surveyor akan bertugas memastikan jika setiap pengaturan dan perundangan undangan yang berlaku dan ditaati dalam aktivitas pembangunan yang berjalan.

Seorang surveyor akan berperan dalam melakukan pengukuran serta perencanaan proses pekerjaan konstruksi.

 

Kontraktor

Kontraktor merupakan seorang yang akan mengatur semua SDM dan sumber material yang ada di lokasi pembangunan. Kontaktor akan menjadi salah satu penentu dari perencanaan dari para konsultan. Sebagai kontraktor, anda harus mampu menilai keadaan di lapangan atau tempat pembangunan. Kontraktor juga bisa mengganti posisi konsultan apabila memang tidak ada konsultan dalam proses pembangunan yang hendak dilakukan.

Bagaimana dengan prospek kerja yang ditawarkan kepada para lulusan kuliah jurusan teknik sipil.? Apakah anda tertarik dengan jurusan ini.? apapun jurusan perkuliahan yang akan dipilih pastikan hal tersebut didasari dengan minat yang kuat agar minat belajar jadi lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here