Mengenal Lebih Dalam Jurusan Hukum dan Karir yang Bisa Diambil Setelah Lulus Kuliah

474

Kursus Toefl Bandung – Hukum merupakan salah  satu jurusan yang cukup banyak diminati di dunia pendidikan. Jurusan ini menawarkan berbagai peluang karir yang menjanjikan dan menantang bagi para lulusannya. Namun sebelum anda akan memutuskan untuk mengambil atau memilih jurusan hukum, sangat penting  halnya untuk memahami lebih dalam tentang apa yang  terlibat dalam belajar hukum serta karir yang dapat diambil dari lulusan kuliah hukum.

 

Mengenal Jurusan Hukum

Jurusan hukum merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai aturan dan peraturan yang mengatur masyarakat. Jurusan ini mencangkup berbagai topik seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum lingkungan, dan hukum internasional. Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari teori hukum, praktek hukum, serta keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang praktisi hukum.

 

Mata Kuliah

Ketika anda memilih jurusan hukum selama perkuliahan, terdapat beberapa mata kuliah yang mungkin akan menjadi materi pembelajaran seputar hukum yang meliputi.

 

Pengantar Ilmu Hukum

Pada semester awal, biasanya para mahasiswa hukum akan diperkenalkan dengan materi pengantar ilmu hukum. Mata kuliah ini menjadi dasar pengetahuan hukum sehingga menjadi materi terpenting sebelum melanjutkan untuk masuk ke materi selanjutnya.

 

Hukum Pidana

Hukum pidana akan menjadi mata kuliah yang akan mempelajari mengenai hukum atau sebuah aturan untuk pelanggaran pelanggaran hukum apa saja yang masuk dalam kategori pidana, sebagaimana proses penyelesaiannya di persidangan.

 

Hukum Perdata

Memasuki materi pembelajaran selanjutnya, anda akan diperkenalkan dengan hukum perdata. Dimana hukum perdata akan mempelajari mengenai hukum atau aturan yang mengatur hak dan kepentingan dari individu dalam masyarakat.

 

Hukum Adat

Hukum di seluruh dunia tidak hanya mengenai hukum negara saja, namun ada juga yang disebut dengan hukum adat. Dimana mahasiswa dengan jurusan ilmu hukum perlu tahu mengenai hukum adat, penerapan dan lain sebagainya.

 

Hukum Lingkungan

Mata kuliah lainnya dalam jurusan hukum adalah hukum lingkungan yang dimana hukum ini menyangkut aturan yang berhubungan dengan lingkungan disekitar.

Baca juga Strategi Menyenangkan untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

Karir yang Bisa Diambil Setelah Lulus Kuliah

Mengambil jurusan hukum tidak hanya akan identik dengan menjadi pengacara saja, namun ada banyak karir yang dapat diambil setelah lulus kuliah jurusan hukum yang meliputi.

 

Pengacara

Pengacara merupakan salah satu karir yang paling terkenal di dunia hukum. Seorang pengacara bertanggung jawab dalam membantu klien dalam masalah hukum mereka. Seorang pengacara dapat  berpraktek di berbagai bidang hukum, seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum bisnis, hukum lingkungan, dan hukum internasional.

 

Hakim

Hakim merupakan seorang yang memutuskan hasil dari suatu persidangan di pengadilan. Seorang hakim dapat bertindak sebagai hakim tunggal atau sebagai bagian dari panel hakim. Untuk menjadi seorang hakim seseorang harus memiliki pengalaman di bidang hukum dan biasanya harus lulus dari ujian negara.

 

Jaksa

Jaksa merupakan orang yang mewakili negara dalam pengadilan. Jaksa memiliki tugas untuk memastikan jika kasus kasus yang diajukan ke pengadilan diajukan dengan benar dan adil. Seorang jaksa dapat bekerja di berbagai tingkatan, mulai dari tingkat lokal maupun nasional.

 

Penasihat Hukum

Karir selanjutnya yang dapat diambil oleh lulusan kuliah jurusan hukum adalah penasihat hukum. Penasihat hukum merupakan orang profesional yang memberikan saran hukum kepada klien mereka. Penasihat hukum dapat bekerja untuk perusahaan, pemerintah, atau lembaga swadaya masyarakat. Mereka membantu klien dalam hal-hal seperti mengajukan izin usaha, menjalankan transaksi bisnis, dan mengajukan gugatan hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here