Mengenal Lebih Dalam mengenai Jurusan Kuliah Jurusan Software Engineering

285

Kursus Toefl Bandung – Jurusan Software Engineering merupakan satu jurusan yang akan mempelajari mengenai cara merancang, melakukan pengujian, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak yang kompleks serta menganalisis kebutuhan dari pengguna.

Tidak jarang, banyak yang menyebut jika jurusan Software Engineering sebagai jurusan komputer, karena memang sebagian dari ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini berkaitan dengan ilmu komputer dan jurusan rekayasa perangkat lunak menggunakan prinsip-prinsip teknik untuk mengembangkan, menguji, merancang, dan menganalisis perangkat lunak sebuah komputer. Sederhananya, jurusan Software Engineering ini merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai analisis kebutuhan dan desain perangkat lunak secara sistematis dan terstruktur.

Nah jika kamu ingin mengenal lebih jauh mengenai jurusan yang satu ini, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Apa itu jurusan Software Engineering.?

Jurusan Software Engineering ini merupakan satu jurusan yang akan mempelajari mengenai prinsip serta teknik dalam mendesain sebuah software atau perangkat lunak.  Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan Software Engineering seperti cara mendesain suatu algoritma serta pemrograman dan menganalisisnya. Analisis yang dilakukan menggunakan struktur data yang efisien. Di jurusan ini, kamu akan berpeluang dalam mengembangkan sistem operasi dan aplikasi yang berbasis mobile maupun web.

 

Prospek Karir dari Software Engineering

Sebagai satu jurusan yang mempelajari mengenai Software Engineering, kamu akan mendapatkan prospek kerja yang cukup luas setelah  selesai kuliah nanti. Berikut beberapa prospek kerja yang bisa menjadi peluang amu untuk berkarir.

 

Web Developer

Web Developer merupakan seorang yang bekerja sebagai pembuat program aplikasi web. Seorang web developer dibagi menjadi dua yaitu Front-End Developer  dengan Back-End Developer. Dimana Back-End Developer akan menangani hal hal yang berkaitan dengan bahasa programming seperti, PHP, Ruby, .net, dan Java, sementara Front-End Developer, akan menangani JavaScript, CSS, HTML, dan lainnya. Meskipun keduanya memiliki tugas yang berbeda, akan tetapi tujuan pencapaiannya tetap sama.

 

Information Security Analysts

Information Security Analysts merupakan profesi yang lebih terfokus kepada  pengembangan sistem IT. Di sini, kamu akan bertanggung jawab untuk mengawasi dan menjaga sistem yang memuat data rahasia sebuah perusahaan dari serangan peretas. Dapat  dikatakan profesi ini akan memegang peranan yang cukup penting dalam meningkatkan sebuah perusahaan dan menghadapi tingkat  persaingan bisnis.

 

Game Developer

Salah satu prospek yang cukup menjanjikan sebagai seorang lulusan Software Engineering adalah game developer atau pembuat game. Pastinya kamu tau peminat game sangatlah banyak dan bahkan dapat dikatakan hampir semua orang suka bermain game. Maka dari itu lah, pembuat game dapat dikatakan sebagai prospek kerja yang cukup menjanjikan. Namun hal tersebut juga tergantung dari seberapa tinggi kualitas dari game yang kamu ciptakan di mata pemain.

Baca juga Jurusan Kuliah Pendidikan, Cocok Bagi Kamu yang Ingin Jadi Guru

Mobile Developer

Bicara mengenai mobile atau smartphone, mobile merupakan satu trobasan dari perkembangan teknologi yang berupaya mengemas teknologi komputer dalam bentuk mini yaitu mobile atau smartphone. 

Selama teknologi berkembang maka selama itu juga mobile akan terus dikembangkan, maka dari itulah seorang mobile developer akan terus dibutuhkan. Nah bagi kamu seorang lulusan Software Engineering ini juga akan tetap dibutuhkan di masa depan nanti, sebab seorang Software Engineering ini dapat memperoleh peluang untuk menjadi Mobile Developer.

Selain dari beberapa  prospek kerja tersebut, pastinya masih ada banyak prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan dengan jurusan Software Engineering. Apapun jurusan kuliah yang kamu ambil, pastikan hal tersebut sesuai dengan passion kamu masing masing agar proses belajar kamu bisa jadi menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here