Mengenal Lebih Dekat Jurusan Kuliah Hubungan Internasional

477

Kursus Ielts Bandung – Jurusan Hubungan Internasional mungkin masih terdengar asing di kalangan para calon mahasiswa, karena memang jurusan yang satu ini tidak tersedia di banyak universitas. Namun meski demikian, bukan berarti jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Tidak jauh berbeda dari jurusan kuliah pada umumnya, dimana jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di bidangnya sendiri. Bagi kamu yang mungkin baru mendengar atau ingin mengambil jurusan yang satu ini, maka penting bagi kami mengenal lebih dalam mengenai jurusan yang satu ini, agar nantinya kamu tidak salah pilih.

 

Sekilas Tentang Jurusan Kuliah Hubungan Internasional

Hubungan Internasional atau yang sering disingkat HI merupakan cabang keilmuan yang akan mempelajari mengenai dinamika hubungan antar negara, serta organisasi, perusahaan maupun per individu yang memiliki pengaruh lintas negara.

Ketika kamu menduduki bangku perkuliahan dengan jurusan Hubungan Internasional ini, kamu akan mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang lebih cenderung mencangkup ekonomi, politik, sejarah, hukum internasional, pertahanan, sosiologi, kesejahteraan, antropologi, lingkungan, dan lain lain yang mencangkup suatu hubungan.

Luasnya pembelajaran yang akan diterima selama kuliah di jurusan HI ini, akan membutuhkan proses pembelajaran yang cukup panjang.

 

Apa yang Menjadi Keunggulan dari Jurusan Hubungan Internasional.?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai jurusan yang satu ini, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui kelebihan dan keunggulan dari jurusan yang satu ini. para lulusan dari jurusan Hubungan Internasional ini akan membuat kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa masuk ke sektor pemerintahan, berkarir di perusahaan asing, dn dapat masuk ke organisasi internasional non-pemerintahan 

 

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Hubungan Internasional

Jika kamu mempertanyakan apa prospek kerja dari para lulusan Hubungan Internasional ini, maka berikut beberapa peluang karir yang bisa kamu pilih selepas kuliah nanti.

 

Diplomat 

Seorang lulusan jurusan Hubungan Internasional ini sudah cukup identik dengan menjadi seorang diplomat. Karena memang untuk dapat menjadi seorang diplomat dibutuhkan pemahaman mengenai pengetahuan yang dipelajari selama menjalani proses pendidikan Hubungan Internasional.

Seorang diplomat ini nantinya akan melakukan berbagai kegiatan diplomatik ataupun konsuler. Dalam profesi ini, kami akan menjadi perwakilan negara dalam memperjuangkan kepentingan bangsa, negara dan pemerintahan di negara yang memiliki hubungan luar negeri hingga organisasi internasional di tempat Anda ditugaskan. 

 

Politisi 

Sebagai seorang politisi, tidak jarang akan dituntut untuk terlibat ke dalam hubungan internasional. Selain itu, kamu juga nantinya akan membuat kebijakan yang sesuai dengan aspirasi rakyat. Seorang politisi ini nantinya yang akan menjadi pemimpin pemerintahan maupun anggota parlemen.

 

Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri 

Lulusan atau sarjana hubungan internasional juga bisa berkarir di bagian tata usaha perdagangan luar negeri. Sebagai stag yang berurusan dengan tata usaha, kamu akan berhubungan dengan kementerian perdagangan.

Tugas kamu di posisi ini nantinya akan menangani urusan tata usaha yang perlakukan dalam proses ekspor impor. 

Baca juga Jangan Salah Pilih, Ketahui Dulu Apa Itu Jurusan Sistem Informasi

Konsultan Pendidikan

Seorang sarjana dari hubungan internasional ini juga bisa menjadi konsultan pendidikan atau orang yang akan memberikan arahan dan pelajar serta orang tua dalam merencanakan pendidikan. Dalam hal ini, kamu akan membantu calon pelajar untuk memilih jurusan di luar negeri.

Akan ada banyak hal yang akan kamu tangani di sini, seperti membantu mempersiapkan kebutuhan calon pelajar, mengurus tiket penerbangan, tempat tinggal dan lain sebagainya yang mencangkup kebutuhan pendidikan nantinya.

Dari beberapa prospek tersebut, tentunya masih ada banyak lagi pilihan prospek yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan hubungan internasional ini. intinya, sarjana dari jurusan yang satu ini akan menghubungkan antar negara baik dalam urusan perdagangan, pendidikan, politisi dan lain lain. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here