Mengenal Lebih Jauh Jurusan Jurnalis

432

Kampung Inggris Bandung РSeorang jurnalis bertugas untuk mengumpulkan, menginterpretasikan dan mengemas berita untuk pembaca. Seorang jurnalis memiliki keahlian dalam mengamati dan investigasi seorang  jurnalis juga memiliki kemampuan dalam menulis informasi yang akurat dan menarik.

Seorang jurnalis umumnya akan bekerja di mana saja, seperti kantor surat kabar, stasiun tv, radio, majalah dan kantor kantor lain yang masih berhubungan dengan berita. Untuk mendapatkan ide berita, seorang jurnalis biasanya akan menghadiri berbagai acara dan pertemuan dan wawancara ke berbagai narasumber yang memiliki informasi yang akurat.

Untuk menjadi seorang jurnalis sebenarnya bukanlah hal yang sulit, karena saat ini sudah ada banyak universitas yang menyediakan jurusan jurnalis. Sebelum kamu melangkah lebih jauh untuk menjadi seorang jurnalis dan mengambil jurusan kuliahnya, sebaiknya kenali dulu lebih jauh mengenai jurusan yang satu ini.

 

Siapa yang Cocok Untuk Mengambil Jurusan Jurnalistik.?

Pada dasarnya, semua kalangan dapat menjadi seorang jurnalistik dengan menyelesaikan pendidikan kuliah di jurusan jurnalis, namun seseorang yang memiliki rasa ingin tau lebih besar, suka membaca dan mengikuti berita menjadi salah satu karakter orang yang sangat cocok untuk menjadi seorang jurnalistik. Dengan minat dan kemampuan tersebut, seseorang akan lebih mudah menguasai dan memahami pembahasan materi kuliah nantinya.

 

Keahlian yang Akan Dipelajari Dari Jurusan Jurnalistik

Sebagai jurusan yang akan berkaitan dengan liputan dan berita, di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai cara mengumpulkan informasi, menginvestigasi, wawancara, hingga menulis laporan. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari mengenai dasar dasar teknis seperti audio, video, editing, stenografi, menyusun konten dan bahkan mendapatkan seputar pembelajaran mengenai desain website. 

Selain dari itu, seorang mahasiswa di jurusan jurnalis ini juga akan mempelajari mengenai serangkaian transferable skills seperti

  • Kemampuan menganalisa
  • Berpikir kritis
  • Manajemen diri
  • Keahlian interpersonal
  • Kepemimpinan
  • Fleksibel, kreatif dan independen
  • Kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik

Sudah menjadi pertanyaan umum bagi para calon mahasiswa terkait pekerjaan atau prospek kerja yang bisa didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah nanti. Nah untuk kamu yang ingin mengetahui apa prospek kerja dari lulusan jurnalis ini berikut beberapa diantaranya.

 

Reporter

Salah satu prospek kerja yang sudah cukup identik dengan seorang jurnalis adalah sebagai reporter. Seorang reporter memiliki tugas untuk mengumpulkan informasi dan menyiapkan berita dan artikel untuk surat kabar, mahalah, radio, tv dan juga media lainnya.

Seorang reporter dapat melakukan wawancara melalui telepon, langsung, maupun melalui via email. Seorang reporter biasanya akan langsung menuju ke lokasi atau tempat kejadian perkara untuk mencari informasi yang akurat.

 

Editor

Seorang lulusan jurnalis juga dapat menjadi seorang editor dimana seorang editor bertugas dalam menulis, mengulas, mengubah dan kadan menulis ulang suatu tulisan agar dapat memenuhi standar yang diminta oleh pihak penerbit.

Baca juga Mengenal Lebih Jauh Jurusan Kuliah Teknik Industri

Jurnalis Media

Prospek kerja lain dari para lulusan jurusan jurnalis adalah menjadi jurnalis media, yang dimana di sini kamu akan bertugas menulis, menyusun teks, gambar, video hingga audio untuk menciptakan sebuah karya tulis yang menarik.

 

Photojournalist

Photojournalist adalah fotografer berita yang akan bercerita melalui foto, film maupun video. Seorang Photojournalist umumnya akan bekerja untuk surat kabar, majalah, media online, televisi dan media lainnya.

Liputan mereka juga bervariasi, mulai dari acara olahraga, media online, tokoh populer hingga topik pemberitaan menarik lainnya.

Dengan beberapa prospek kerja yang dapat dimiliki oleh seorang lulusan jurnalis ini, apakah kamu berminat ingin menjadikannya sebagai jurusan pilihan kamu di bangku kuliah nanti.? Apapun jurusan yang akan kamu pilih sebaiknya sesuaikan dengan minat kamu masing masing agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here