Mengenal Metode Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

433
Mengenal Metode Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu
Mengenal Metode Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Salah satunya yaitu dengan menggunakan lagu. Bagaimana caranya? Untuk itu, kamu perlu mengenal metode belajar bahasa Inggris dengan lagu ini secara lebih spesifik, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Mengenal Metode Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu dan Manfaatnya

Metode belajar bahasa Inggris dengan lagu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan metode pembelajaran yang lainnya. Dimana dengan metode ini, kamu bisa mendengarkan lagu yang kamu suka.

Namun perbedaannya adalah jika selama ini kamu hanya mendengarkan dan juga menghapal lirik lagu tersebut. Maka kini, kamu bisa menuliskan lirik tersebut, yang kemudian bisa kamu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dengan kata lain, selain kamu bisa menghapal lirik lagu tersebut, kamu juga bisa menghapal arti dan makna lagu tersebut, yang memungkinkan kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih cepat. Bukan hanya itu saja, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh bilamana kamu menggunakan metode tersebut untuk belajar bahasa Inggris.

Manfaat tersebut antara lain:

  • Memahami vocabolary (kosakata) baru
  • Dengan ritme lagu, memungkinkan kamu bisa mengingat setiap kata dengan lebih mudah
  • Membantu kamu untuk memahami makna lagu
  • Pada umumnya, lagu-lagu berbahasa Inggris ditulis dengan lirik yang menggunakan idiom dan vocabolary tertentu. Dengan kata lain, kamu bisa mengetahui Perbedaan Bahasa Inggris British, Amerika dan Australia, hanya dari lagu yang kamu dengarkan

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

Jika pada pembahasan diatas, kita mengenal metode belajar bahasa Inggris dengan lagu berdasarkan manfaatnya. Maka dalam pembahasan ini, kita akan membahas mengenai cara untuk belajar bahasa Inggris melalui sebuah lagu.

Adapun caranya yaitu seperti berikut ini. Diantaranya:

1.Pilih Lagu Bahasa Inggris yang Kamu Sukai

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris dengan lagu yaitu dengan memilih lagu bahasa Inggris yang kamu sukai. Karena dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mengingat lirik serta nada/ritme dari lagu tersebut. Jika dibandingkan dengan lagu lainnya yang tidak kamu sukai, ataupun yang belum pernah kamu sebelumnya.

2. Menyanyikan Sekaligus Menuliskan Lirik

Setelah memilih lagu yang tepat, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menyanyikan lagu tersebut. hal ini dilakukan, agar kamu bisa lebih mudah mengingat setiap kata dalam lagu tersebut, bilamana kamu sudah terbiasa menyanyikan lagu tersebut.

Jika langkah tersebut telah kamu lakukan, maka selanjutnya, kamu bisa menuliskan lirik dari lagu tersebut. jika kamu mengalami kesulitan, dalam menuliskan lirik lagu tersebut, maka kamu bisa mencarinya melalui situs internet.

3. Menerjemahkan Setiap Kata

Setelah menuliskan lirik, maka langkah lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menuliskan setiap kosakata yang masih asing, dan mulailah untuk menerjemahkan setiap kosakata tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam memahami makna dari lagu tersebut.

4. Mencoba Menerjemahkan Setiap Kalimat

Jika langkah diatas telah kamu lakukan dengan benar, maka cara belajar bahasa Inggris dengan lagu yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu dengan mencoba untuk menerjemahkan setiap kalimat dalam lirik lagu tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kosakata yang telah kamu terjemahkan sebelumnya.

5. Hapalkan Lirik Beserta Artinya

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghapalkan lirik tersebut sekaligus artinya. Bila perlu, kamu juga bisa mencoba untuk menyanyikan kembali lagu tersebut. Namun kini, kamu bisa melakukannya dengan mengingat semua kosakata yang ada dalam lagu tersebut, beserta arti/terjemahannya.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menghapal lirik tersebut sekaligus memahami makna dari lagu tersebut. Bukan hanya itu saja, dengan melakukan cara-cara diatas juga, secara tidak langsung, kamu bisa mengenal metode belajar bahasa Inggris dengan lagu, sekaligus bisa memudahkanmu dalam belajar bahasa Inggris dengan cepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here