Mengenal Perbedaan Antara All Together dan Altogether dalam Belajar Bahasa Inggris

216

Kursus Toefl Bandung – Ketika mempelajari bahasa inggris lebih jauh, mungkin kita akan bertemu dengan berbagai macam kata yang dimana terlihat tampak serupa namun memiliki arti dan pengungkapan yang berbeda, seperti halnya dengan “All Together” dan “Altogether”.

Untuk memudahkan membedakan kedua kata tersebut, berikut kami memberikan sekilas penjelasan yang dilengkapi dengan contoh kalimatnya.

Apa itu “All Together”?

“All together” merupakan frasa dalam bahasa Inggris yang memiliki arti “in group” atau dengan kata lain, “bersama-sama.” Frasa ini termasuk dalam kategori kata keterangan dan digunakan untuk menunjukkan bahwa beberapa objek atau individu berada dalam satu kelompok atau lokasi secara bersamaan.

Contoh Kalimat untuk “All Together”

We sang “Happy Birthday” all together at the party. (Kami menyanyikan “Selamat Ulang Tahun” bersama-sama di pesta.)

Let’s solve this puzzle all together. (Ayo kita selesaikan teka-teki ini bersama-sama.)

The students worked on the group project all together in the library. (Siswa-siswa bekerja pada proyek kelompok bersama-sama di perpustakaan.)

They cheered for their team all together during the championship match. (Mereka memberi semangat bagi tim mereka bersama-sama selama pertandingan kejuaraan.)

All of us should contribute to cleaning up the beach all together. (Kita semua harus berkontribusi dalam membersihkan pantai bersama-sama.)

The family enjoyed a picnic all together in the park on the weekend. (Keluarga itu menikmati piknik bersama-sama di taman pada akhir pekan.)

We need to carry the heavy boxes all together to the storage room. (Kita perlu membawa kotak-kotak berat itu bersama-sama ke ruang penyimpanan.)

During the team-building activity, we had to solve challenges all together. (Selama kegiatan membangun tim, kita harus menyelesaikan tantangan-tantangan bersama-sama.)

The children painted a mural on the classroom wall all together. (Anak-anak melukis mural di dinding kelas bersama-sama.)

Let’s recite the poem all together to celebrate the end of the semester. (Ayo kita bacakan puisi itu bersama-sama untuk merayakan akhir semester.)

 

Apa itu “Altogether”?

Jika “all together” merujuk pada keadaan bersama-sama, maka “altogether” memiliki arti “entirely” atau “sepenuhnya.” Kata ini digunakan untuk menggambarkan keseluruhan dari suatu hal atau situasi. Biasanya, “altogether” digunakan untuk menggambarkan totalitas atau keseluruhan suatu aspek.

Contoh Kalimat

Her dedication to her studies was altogether impressive. (Dedikasinya pada studinya benar-benar mengesankan.)

The situation was altogether unexpected and surprising. (Situasinya sepenuhnya tak terduga dan mengejutkan.)

The changes in the company’s policies were altogether necessary. (Perubahan dalam kebijakan perusahaan sepenuhnya diperlukan.)

After hours of rehearsal, the performance was altogether breathtaking. (Setelah berjam-jam latihan, penampilannya sepenuhnya menakjubkan.)

Altogether, the project required more resources than we initially thought. (Secara keseluruhan, proyek ini memerlukan lebih banyak sumber daya daripada yang kami pikirkan awalnya.)

His new book is altogether different from his previous works. (Buku barunya sepenuhnya berbeda dari karya-karya sebelumnya.)

The results of the experiment were altogether unexpected.  (Hasil dari eksperimen itu sepenuhnya tak terduga.)

Baca juga Perbedaan Chill dan Chill Out Dalam Bahasa Inggris

Dengan memahami perbedaan antara “all together” dan “altogether,” kita dapat menggunakan keduanya dengan benar dalam percakapan atau tulisan kita. “All together” mengacu pada tindakan bersama-sama atau keberadaan dalam kelompok, sementara “altogether” digunakan untuk merujuk pada keseluruhan atau totalitas suatu hal. Semakin sering kita berlatih, semakin baik pula kita dalam mengaplikasikan keduanya dalam bahasa Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here