Mengenal Perbedaan “Connect, Connecting, dan Connected” Dalam Bahasa Inggris

618

Les Bahasa Inggris di Bandung – Bahasa Inggris seringkali menghadirkan kata-kata dengan bentuk yang mirip, tetapi memiliki perbedaan makna dan penggunaan yang subtil. Dalam artikel ini, kita akan mengulas perbedaan antara kata-kata “connect,” “connecting,” dan “connected.”

Ketiga kata ini memiliki akar yang sama, yakni “connect,” yang merupakan bentuk dasar dari kata kerja. Namun, perbedaan terletak pada bentuk dan konteks penggunaannya. Berikut penjelasan lebih lanjut:

 

1. Connect

“Connect” merupakan bentuk dasar dari kata kerja, yang artinya adalah tersambung atau menyambungkan. Kata ini merujuk pada tindakan menghubungkan suatu hal dengan hal lainnya, baik secara fisik maupun non-fisik. Berikut contoh kalimat penggunaannya

I need to connect my laptop to the projector for the presentation. (Saya perlu menghubungkan laptop saya ke proyektor untuk presentasi.)

She wants to connect her phone to the car’s Bluetooth system. (Dia ingin menghubungkan teleponnya ke sistem Bluetooth mobil.)

The power cord is used to connect the computer to the electrical outlet. (Kabel listrik digunakan untuk menghubungkan komputer ke stop kontak listrik.)

The bridge connects the two islands, making transportation easier. (Jembatan menghubungkan dua pulau, membuat transportasi menjadi lebih mudah.)

We should connect the dots to understand the whole picture. (Kita seharusnya menghubungkan titik-titik ini untuk memahami gambaran keseluruhan.)

 

2. Connecting

“Connecting” adalah bentuk kata kerja yang ditambah dengan akhiran -ing. Meskipun bentuknya berbeda, arti dari “connecting” tetap sama dengan “connect,” yakni menyambungkan. Namun, “connecting” sering kali merujuk pada proses atau kegiatan menyambungkan yang sedang berlangsung. Contoh penggunaannya

She is currently connecting the wires to set up the new sound system. (Dia saat ini sedang menyambungkan kabel untuk mengatur sistem suara baru.)

Connecting the dots in this mystery novel requires careful reading. (Menyambungkan titik-titik dalam novel misteri ini memerlukan pembacaan yang hati-hati.)

The technician is connecting the printer to the network. (Teknisi sedang menyambungkan printer ke jaringan.)

Our job involves connecting customers with the right products. (Pekerjaan kami melibatkan menyambungkan pelanggan dengan produk yang tepat.)

The process of connecting to the Wi-Fi network is quite straightforward. (Proses menyambungkan ke jaringan Wi-Fi cukup mudah.)

Baca juga Perbedaan Penggunaan Kata “Must” dan “Have To” Dalam Bahasa Inggris

3. Connected

“Connected” juga memiliki arti yang serupa dengan “connecting,” yaitu terhubung atau tersambung. Namun, perbedaan terletak pada konteks penggunaannya. “Connected” mengacu pada status suatu objek atau perangkat yang telah terhubung dengan yang lainnya. Contoh penggunaan “connected”

The smart thermostat is connected to the home’s central heating system. (Termostat pintar terhubung ke sistem pemanas pusat rumah.)

I feel more connected to nature when I go hiking in the mountains. (Saya merasa lebih terhubung dengan alam saat saya mendaki di pegunungan.)

The phone app shows all the devices connected to the network. (Aplikasi telepon menampilkan semua perangkat yang terhubung ke jaringan.)

Our shared experiences have left us feeling deeply connected. (Pengalaman bersama telah membuat kita merasa sangat terhubung.)

The online class allows students to stay connected with their peers and teachers. (Kelas online memungkinkan siswa tetap terhubung dengan teman sekelas dan guru.)

Dalam kesimpulannya, “connect,” “connecting,” dan “connected” adalah kata-kata yang memiliki makna serupa, yakni terhubung atau menyambungkan. Namun, perbedaan di antara ketiganya terletak pada bentuk penggunaan dan konteks kalimat. Penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat menggunakan kata-kata ini dengan tepat dalam komunikasi bahasa Inggris sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here