Mengenal Situ Cisanti, Kilometer Nol Sungai Citarum

2340
foto situ cisanti
Situ Cisanti Bandung(Foto: nativeindonesia.com

Pernahkah kamu bertanya darimana asalnya air Sungai Citarum?

Nah, dalam artikel kali ini saya akan mengenalkan salah satu tempat menarik yaitu Situ Cisanti/Danau Cisanti yang merupakan titik nol atau salah satu hulu Sungai Citarum, sungai terbesar yang ada di Jawa Barat.

Setelah dibenahi sedemikian rupa oleh Pemerintah Daerah, Situ Cisanti menjadi salah satu alternatif wisata keluarga yang instagramable.

Meskipun Sungai Citarum dikenal sebagai salah satu sungai yang sangat kotor, ternyata dibaliknya memiliki mata air yang cukup jernih yakni mata air Situ Cisanti.

Sungai Citarum dibentuk oleh setidaknya 7 mata air utama yaitu mata air Citarum, Cikoleberes, Cikahuripan, Cihaniwung, Cisadane, Cikawudukan serta mata air Cisanti.

Lokasi Situ Cisanti terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Waktu tempuh menuju Situ Cisanti dari pusat Kota Bandung kurang lebih dua jam.

Situ Cisanti memiliki pemandangan yang indah dikelilingi oleh pegunungan dengan nuansa alam yang sejuk.

Spot Wisata Situ Cisanti

Apa saja sih spot wisata yang terdapat di Situ Cisantu?

Banyak spot-spot menarik yang dapat dijadikan tempat untuk berfoto kemudian di upload ke sosial media.

Beberapa diantaranya yaitu Tugu Kilometer Nol, Dermaga Baru dan area camping ground. Selain itu, terdapat spot yang tidak diperbolehkan untuk berfoto yaitu petilasan Dipati Ukur.

Tugu Kilometer Nol merupakan penanda bahwa Situ Cisanti menjadi salah satu mata air Sungai Citarum.

Sementara Dermaga Baru merupakan lokasi yang paling banyak dijadikan tempat untuk berfoto, disebut dermaga baru karena tempatnya yang menyerupai dermaga perahu dan baru diperbaiki.

Ada juga Petilasan Dipati Ukur di Situ Cisanti. Dipati Ukur adalah salah satu tokoh pahlawan bumi priangan yang menjadi pemimpin dalam penyerangan terhadap Belanda di Batavia.

Akan tetapi, tidak semua orang dapat berkunjung ke lokasi petilasan, harus meminta izin dulu karena tempat ini dijaga oleh seorang kuncen.

Buat kamu yang senang camping, tenang, banyak kok area luas yang dapat dijadikan tempat mendirikan tenda untuk berkemah. Kamu dapat berlibur di akhir pekan menikmati pemandangan indah Situ Cisanti yang sejuk.

 

Rute Perjalanan

Apabila dari pusat Kota Bandung, setidaknya  ada dua rute yang dapat ditempuh menuju Situ Cisanti yaitu melalui Ciparay  atau Pangalengan.

Rute menuju Situ Cisanti melalui Pangalengan jika menggunakan kendaraan pribadi langsung saja mengikuti arah jalan ke Pangalengan hingga sampai di bundaran pertigaan Pangalengan, kemudian belok kiri menuju arah Kertasari.

Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan gerbang utama Situ Cisanti. Sepanjang jalan menuju Situ Cisanti, kamu akan disuguhi pemandangan indah Kebun Teh Malabar beserta pegunungan yang mengelilinginya.

Sedangkan, apabila mengambil rute melalui Ciparay, kamu bisa mengikuti jalan Laswi hingga sampai di Terminal Ciparay. Kemudian belok kanan hingga masuk ke jalan raya Pacet.

Ikuti terus jalan raya Pacet sampai menemukan gerbang utama Situ Cisanti. Sekadar informasi bahwa rute melalui Ciparay ini memiliki kondisi jalan yang lebih bagus dibandingkan rute Pangalengan.

Itulah beberapa informasi mengenai Situ Cisanti, hulu Sungai Citarum. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here