Meski Tidak Mudik, Ada Beberapa Hikmah Dari Perayaan Momen Idul Fitri Tahun Ini

0
97
langit sore
sumber gambar : Ilustrasi masjid. ©2019 Merdeka.com/Pixabay, https://www.merdeka.com/jabar/40-kata-kata-bijak-hasan-al-bashri-tentang-hidup-penuh-hikmah-dan-makna-kln.html,

Masih sekitar tentang mudik lebaran 2021, sudah jelas momen perayaan mudik kali ini beda dengan perayaan mudik tahun sebelumnya. Dikarenakan kondisi pandemi yang sedang dihadapi oleh setiap negara dan termasuk juga Indonesia.

Corona virus mengubah segalanya, tak ada yang bisa kita tahan , hanya bebebrapa hal yang bisa kita usahakan dan maklumi. Seperti fenomena yang tengah hangat akhir akhir ini ditanah air.

Yaitu pelarangan terhadap mudik lebaran tahun 2021 sebagai salah satu usaha untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona.

Meski teman teman tidak mudik, namun harapannya teman teman dapat mengambil kebaikan dan hikmah dari fenomena ini.

Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan hikmah dari peristiwa mudik lebaran 2021.             

  1. Memutus Rantai Penyebaran Covid 19.

Di negara kita sendiri masih banyak orang orang belum percaya akan adanya pandemi global ini. Orang orang secara terang terangan mereka tidak percaya akan hadirnya covid 19.

Memang bukan hal baik akan hal ini, karena bgi orang yang tidak percaya tentunya mereka akan melanggar protokol Kesehatan yang diperjuangkan setiap orang dalam usaha untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona.

Dengan teman teman tidak mudik ke kampung halam teman teman sudah melakukan usaha dalam memtus rantai penyebaran covid 19.

  1. Menjaga Diri Dan Sayangi Keluarga

Jika dilihat lebih dalam maka dengan teman teman tidak melakukan mudik lebaran 2021. Teman teman telah berusaha memutus rantain penyebaran covid 19.

Dengan begitu merupakan salah bentuk usaha teman teman dalam menyangi diri sendiri dan keluarga. Teman teman menyangi keluarga dengan tidak mudik kali ini mencegah risiko penyebaran covid 19 dikampung halaman.

  1. Menghemat Pengeluaran

 Tidak dapat dipungkiri untuk orang orang melakukan mudik perjalanan idul fitri akan mengeluarkan biaya sebagai biaya transfortasi.

Meski semua biaya itu tidak menjadi nilai yang dapat menggantikan momen krusial berkumpul dengan keluarga saat perayaan mudik lebaran 2021.

Namun alasan teman teman tidak mudik kali ini merupakan usaha teman teman untuk memutus rantai penyebaran covid 19. Dengan mematuhi hal tersebut teman teman teman dapat menghematv pengeluaran teman teman.

  1. Menimati Waktu Istirahat Dengan Maksimal

teman teman yang tidak melakukan mudik lebaran dan memilih untuk menikamti libur dari kesibukan diperantauan,

dapat memaksimalkan waktunya untuk istirahat lebih lama dari kesibukan yang sebelumnya dijalani.

  1. Refleksi Terhadap Diri Sendiri

Refleksi terhadap diri akan tetap maksimal jika teman teman melakukannya dalam kondisi yang tenang dan lepas sebentar dari berbagai aktifitas padat

yang selama ini teman teman jalani. Di momen idul fitri ini merupakan waktu yang tepat untuk teman teman berefleksi akan diri dan sejauh mana teman teman memaknai hidup.

Meski tidak melakukan mudik lebaran, harapannya teman teman tetap mengambil pembelajaran dan hikmah dari pandemi yang sedang dihadapi dan momen perayaan hari raya idul fitri ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here