Other, Another dan Others: Perbedaan dan Contoh Kata

13824
Photo by Joao Tzanno on Unsplash

Sebagai pelajar yang mempelajari Bahasa Inggris, kita semua pasti akan menemukan kata – kata yang serupa tetapi mempunyai makna yang berbeda. Contohnya seperti kata another, other dan others. Yang lebih membingungkan lagi saat mencoba menerjemahkan kata kata ini di Google Translate, artinya sama yaitu “lain.” Nah, daripada makin bingung, yuk simak penjelasaan mengenai penggunaan kata another, other, others dalam Bahasa Inggris!

 

Other

Penggunaan kata other biasanya merujuk kepada benda lainnya. Contohnya:

 

Nina sedang mencoba dua baju, berwarna putih dan hitam. Setelah mencoba keduanya, ternyata dia lebih menyukai baju yang berwarna hitam daripada yang berwarna putih. Didalam skenario ini, kata other bisa sangat berguna untuk Nina.

“I like this top better than the other top.”

“Aku lebih menyukai baju ini daripada baju yang lain.”

 

Selain itu kata other juga dapat digunakan sebagai kata sifat untuk kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun) dan yang bisa dihitung (countable noun). Contoh lain dari penggunaan kata other:

 

They took her to other place.

“Mereka membawanya ke tempat lain.”

 

“There might be other substitute.”

“Mungkin ada pengganti lainnya”

 

 

Another

Penggunaan kata another ini sebetulnya sepadan dengan kata other tetapi another lebih mudah untuk digunakan karena kamu bisa menggunakannya tanpa atau dengan noun dibelakangnya. Another sebagai kata yang merujuk tambahan biasanya sangat berguna untuk meminta sesuatu kembali atau meminta tambahan waktu. Contohnya seperti:

 

Di sebuah pesta, Maudy sedang memakan roti cokelat yang sangat enak dan ia ingin mengambil lebih banyak roti untuk dibawa pulang. Dalam hal ini, kata another akan sangat berguna untuk Maudy.

 

“Can I have another piece of this?”

“Bolehkah saya meminta sepotong lagi?”

 

Sebagai pronoun (kata ganti), another biasanya digunakan untuk mencegah mengulangi kata yang sama. Contohnya:

 

 

“Rudi’s math book got torn up but he already got another one.”

“Buku matematika Rudi sobek tapi dia udah beli buku yang baru.”

 

Selain itu, kata another sebagai kata sifat harus diikuti oleh kata benda tunggal (singular noun) dan tidak boleh diikuti oleh kata benda jamak (plural noun). Dalam penggunaannya, kata another ini tidak mempunyai aturan yang spesifik.

 

Others

Others sebagai pronoun (kata ganti) bisa berdiri sendiri tetapi ia tidak bisa diikuti dengan benda jamak dan tidak perlu untuk diikuti oleh noun. Jika kamu menggunakan kata ini disebuah kalimat, maka kamu mengasumsi bahwa lawan bicaramu sudah mengerti konteks dari percakapan kalian. Selain itu, others juga bisa digunakan untuk merujuk ke orang lain. Contohnya:

 

S/he doesn’t care about others’ opinion.’

“Dia tuh gak pernah peduli sama pemikiran orang lain.”

 

Others might not understand it, but I do.”

“Yang lain mungkin tidak mengerti, tapi aku mengerti.”

 

“Discuss this with others but don’t be too noisy!”

“Diskusikan hal ini dengan yang lain tapi jangan terlalu berisik!”

 

Jadi, kata others tidak memiliki sifat spesifik yang harus diikuti, ia hampir sama dengan kata another tetapi another diikuti oleh singular noun (kata benda tunggal).

 

Itulah penjelasan singkat dari perbedaan pengunaan kata another, other dan others dalam Bahasa Inggris. Semoga dapat dimengerti ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here