Passive Voice VS Active Voice: Definisi, Cara Pengunaan, dan Contohnya!

0
113

Dalam kalimat bahasa inggris, kita akan menjumpai dua jenis kalimat; yaitu kalimat aktif dan kalimat pasif. Artikel ini akan membahas perbedaan kedua kalimat tersebut baik definisnya, cara menggunakannya, serta contohnya.

Kamu penasaran? Yuk kita bahas satu persatu!

Apa Bedanya Kalimat Aktif dan Pasif?

Kalimat aktif adalah sebuah kalimat yang subjeknya melakukan suatu pekerjaan. Sementara itu kalimat pasif adalah sebuah kalimat yang subjeknya adalah suatu hal yang dikenai pekerjaan.

Kalimat aktif dan pasif ini bisa kita gunakan untuk menyesuaikan siapa atau apa yang ingin kita tekankan. Jika kita ingin menekankan si pelaku yang melakukan pekerjaannya kita bisa menggunakan kalimat aktif. Namun, jika yang kita ingin tekankan adalah suatu hal yang dikenai pekerjaan oleh si pelaku utama, maka kita bisa gunakan kalimat pasif.

Cara Penggunaan + Contoh Kalimat Aktif dan Pasif

Perhatikan contoh kalimat aktif dan pasif dibawah ini!

Contoh Kalimat Aktif

  • They eat fried noodles.
  • They ate fried noodles yesterday.

Rumus: S + V + O

Contoh Kalimat Pasif

  • Fried noodles are eaten by them.
  • Fried noodles were eaten by them yesterday.

Rumus: S + To be + V3 + By + O

Contoh kalimat aktif dan pasif yang ada diatas ini memiliki inti yang sama, yaitu ‘Mereka makan mie goreng’. Perbedaan keduanya dapat dilihat melalui subjek yang digaris bawahi dan juga verb.

Kalimat aktif lebih menekankan kepada subjek yang mampu melakukan suatu pekerjaan, yang disini kasusnya adalah ‘They atau subjeknya adalah manusia. Sementara subjek di kalimat pasif lebih menekankan kepada suatu hal yang dikenai pekerjaan atau ‘Fried noodles’.

Agar lebih mudah lagi dalam memahami kamu bisa katakan bahwa kalimat aktif menggunakan imbuhan me-an, sementara kalimat pasif menggunakan imbuhan di-an. Jadi dalam contoh diatas adalah, “Mereka memakan mie goreng” untuk aktif, dan “Mie goreng dimakan oleh mereka” Untuk kalimat pasif.

Itulah perbedaan kalimat aktif dan pasif secara definisi, penggunaan, dan contohnya! Semoga kamu bisa mengerti ya! Kalau sudah mengerti, ayo coba tulis contoh kalimat aktif dan pasif buatanmu di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here