Pemahaman tentang Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Future Tense

283

Kursus Speaking Bandung – Simple future tense adalah salah satu bentuk tenses yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang belum dimulai dan akan terjadi di masa yang akan datang. Dalam kalimat-kalimat yang menggunakan simple future tense, kita akan menemukan penggunaan kata-kata seperti “will,” “shall,” dan “going to.” Selain itu, simple future tense juga sering digunakan untuk menyatakan prediksi atau keinginan.

 

Rumus Dasar Untuk Membentuk Kalimat Dalam Simple Future Tense

(+) S + will + Verb 1 (infinitive)

(-) S + will not + Verb 1 (infinitive)

(?) Will + S + Verb 1 (infinitive)?

 

Contoh Kalimat Menggunakan Rumus Simple Future Tense

(+) I will study for the exam tomorrow.

(Saya akan belajar untuk ujian besok.)

 

(-) She will not attend the meeting next week.

(Dia tidak akan menghadiri pertemuan minggu depan.)

 

(?) Will they come to the party tonight?

(Apakah mereka akan datang ke pesta malam ini?)

 

(+) We will travel to Europe next month.

(Kami akan bepergian ke Eropa bulan depan.)

 

(-) He will not call you later.

(Dia tidak akan meneleponmu nanti.)

 

(?) Will you finish your homework on time?

(Apakah kamu akan menyelesaikan pekerjaan rumahmu tepat waktu?)

 

Perlu diingat bahwa dalam Simple Future Tense, kita menggunakan kata kerja tanpa tambahan “s” atau “es” pada subjek tunggal ketiga (he, she, it).

 

Penggunaan Simple Future Tense

Mendeskripsikan peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang

Simple future tense digunakan untuk menyampaikan informasi tentang peristiwa yang akan terjadi setelah waktu tertentu. Contohnya, “I will visit my grandparents next week” (Saya akan mengunjungi kakek nenek saya minggu depan). Kalimat ini menjelaskan bahwa kunjungan ke kakek nenek akan terjadi di masa yang akan datang, tepatnya minggu depan.

 

Menyatakan keputusan untuk melakukan sesuatu

Simple future tense juga digunakan ketika kita membuat keputusan spontan untuk melakukan sesuatu tanpa rencana sebelumnya. Misalnya, “I’m thirsty. I will get a glass of water” (Saya haus. Saya akan mengambil segelas air). Dalam contoh ini, keputusan untuk mengambil segelas air diambil saat ini sebagai respons terhadap rasa haus.

 

Menyatakan tawaran, permintaan, atau ajakan kepada orang lain

Ketika kita ingin menawarkan bantuan, meminta sesuatu, atau mengajak orang lain melakukan sesuatu di masa yang akan datang, kita dapat menggunakan simple future tense. Misalnya, “Will you help me with this project?” (Apakah kamu akan membantu saya dengan proyek ini?). Kalimat ini menunjukkan tawaran untuk membantu dalam proyek tersebut di masa mendatang.

Baca juga Pengertian Rumus dan Contoh Past Perfect Continuous Tense

Menyatakan emosi atau perasaan

Simple future tense juga dapat digunakan untuk menyampaikan emosi atau perasaan kita terhadap suatu peristiwa yang akan terjadi. Misalnya, “I will be so happy when I graduate” (Saya akan sangat bahagia ketika saya lulus). Kalimat ini mengekspresikan perasaan kebahagiaan yang akan terjadi di masa depan saat lulus.

 

Menyatakan suatu rencana atau niat

Simple future tense sering digunakan untuk menyatakan rencana atau niat kita untuk melakukan sesuatu di masa yang akan datang. Misalnya, “I’m going to start learning a new language” (Saya akan mulai belajar bahasa baru). Dalam contoh ini, niat untuk mempelajari bahasa baru sudah ada dan akan diwujudkan di masa yang akan datang.

Dengan memahami penggunaan simple future tense, kita dapat mengungkapkan berbagai macam situasi dan peristiwa yang akan terjadi di masa depan dengan jelas dan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here