Pengen Kuliah Jurusan Dokter Gigi.? Yuk Kenali Lebih Dekat Jurusan ini

307

Les Bahasa Inggris di Bandung – Memasuki ranah pendidikan jurusan kedokteran, kita akan dihadapkan dengan beragam pilihan jurusan kedokteran yang lebih spesifik, seperti halnya dengan jurusan dokter gigi. Meskipun masih di ruang lingkup mempelajari kesehatan pada tubuh manusia, namun jurusan dokter gigi ini akan lebih mendalami mengenai berbagai aspek atau hal yang terjadi pada bagian mulut seperti gusi dan gigi.

Lantas apa sebenarnya jurusan dokter gigi ini.? yuk kita bedah dan kupas tuntas mengenai jurusan dokter gigi ini.

 

Mengenal Jurusan Kedokteran Gigi

Pada dasarnya, program studi Kedokteran Gigi akan mempelajari mengenai kesehatan oral pada manusia yang dimulai dari daerah gigi dan mulut, hingga dari menangani dan mengobati masalah yang terjadi pada daerah tersebut.

Tidak hanya sekedar makan mempelajari mengenai kesehatan pada gigi saja, namun juga akan mempelajari mengenai berbagai hal pada estetika gigi dan mulut. Pada bangku perkuliahan, materi pembelajaran yang akan diberikan pada mahasiswa pada tahap pertama akan diperkenalkan dengan ilmu pengetahuan yang menyangkut fungsi sistem yang berada pada rongga mulut.

Selama duduk di bangju perkualihan, mahasiswa akan lebih banyak mempelajari mengenai berbagai teori tentang ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu kesehatan gigi mulut, konservasi gigi, endodontik, ilmu biologi oral, radiologi, periodonsia, biomedik, karies gigi, penyakit jaringan gigi, dan sebagainya. Sama halnya dengan jurusan kuliah kedokteran pada umumnya, dimana seorang mahasiswa jurusan dokter gigi ini juga akan banyak melakukan kegiatan di lap.

 

Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Gigi

Meskipun pada dasarnya jurusan ini akan mempelajari mengenai gigi dan bagian mulut lainnya, namun selepas kuliah nanti para lulusan jurusan dokter ini dapat memperoleh banyak prospek kerja seperti

 

1. Dokter Gigi Rumah Sakit Pemerintah

Peluang kerja yang pertama dari para lulusan dokter gigi adalah dapat bekerja menjadi dokter gigi di rumah sakit pemerintah. Sama halnya dengan profesi lainnya, dimana untuk dapat berkarir di rumah sakit pemerintah, anda harus melewati proses rekrutmen CPNS untuk menjadi dokter gigi dengan status PNS. Apabila anda masuk tanpa proses rekrutmen anda tetap bisa menjadi dokter gigi tanpa status PNS.

 

2. Dokter Gigi Rumah Sakit Swasta

Prospek kerja dari lulusan jurusan dokter gigi ini juga akan berkesempatan menjadi dokter gigi di rumah sakit swasta. Banyak para sarjana yang merupakan lulusan jurusan dokter gigi yang bekerja di rumah sakit swasta karena memiliki gaji yang cukup besar. Akan tetapi juga tergantung dari kebijakan rumah sakit itu masing masing.

 

3. Dokter Gigi Puskesmas

Peluang kerja dari lulusan jurusan dokter gigi selanjutnya adalah dapat bekerja di puskesmas. Anda bisa memberikan layanan dokter gigi di fasilitas tingkat satu ini. Masalah gaji juga cukup tinggi, namun kembali lagi ke kebijakn yang berlaku di tempat bekerja.

Baca juga Bedah Jurusan Matematika Hingga Prospek Kerjanya

4. Dokter Gigi Militer

Peluang kerja selanjutnya adalah menjadi dokter gigi militer. Tugas dari seorang dokter gigi militer ini bukan hanya sekedar memeriksa kesehatan dari gigi para militer namun juga pra calon militer nantinya sehingga profesi ini akan mempertemukan anda dengan para militer.

 

5. Dokter Praktik

Banyak para sarjana dari lulusan dokter gigi yang membuka praktek sendiri. Namun untuk dapat membuka praktek sendiri ada sejumlah persyaratan yang wajib untuk dapat dipenuhi, maka dari itu sebelum anda akan memutuskan untuk membuka praktek sendiri, ada baiknya jika mencari tahu lebih detail mengenai syarat untuk membuka praktek sendiri.

Bagaimana dengan prospek kerja dari para lulusan jurusan dokter gigi tersebut.? apakah anda tertarik.? Sebelum akan memutuskan jurusan apa yang akan anda pilih sebaiknya pertimbangkan dengan matang matang, apakah jurusan tersebut sesuai atau tidak dengan minat anda, sebab belajar di jurusan yang tidak diminati akan terasa lebih sulit dibandingkan dengan jurusan yang memang diminati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here