Pengen Kuliah Jurusan Kedokteran.? Cek Dulu Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kedokteran

532

Kampung Inggris Bandung – Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak diminati oleh  para calon mahasiswa. Menjadi seorang dokter sudah menjadi cita cita bagi banyak anak dan juga orang tua. Bisa masuk sekolah kedokteran menjadi satu kebanggaan tersendiri, sebab selain diminati oleh banyak orang, jurusan yang satu ini juga tergolong sebagai jurusan dengan tingkat persaingan yang ketat dan standar yang tinggi. 

Baik di universitas negeri maupun swasta, jurusan yang satu ini menjadi jurusan yang memiliki peminat yang sangat banyak di tiap tahunnya. Terlebih bagi anda yang mungkin memiliki rencana ingin masuk kuliah mengambil jurusan kedokteran, maka anda perlu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat bersaing dan berhasil.  

 

Sekilas Tentang Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai seputar ilmu kedokteran yang dimana akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan siklus atau cara kerja dari tubuh manusia dalam hal pemeliharaan kesehatan, kesetimbangannya, pencegahan, pengobatan atau penatalaksanaan penyakit.

Jika anda mengambil jurusan ini, maka pembelajaran yang akan dilakukan erat kaitannya dengan biologi yang akan mempelajari anatomi tubuh manusia, genetika, biologi sel dan molekuler serta masih banyak yang lainnya. 

Selain mempelajari secara materi, jurusan ini juga akan banyak melakukan praktik di dalam laboratorium. Maka dari itulah untuk berhasil lulus jurusan kedokteran akan membutuhkan proses dan waktu pembelajaran yang cukup panjang.

 

Materi Kuliah Jurusan Kedokteran

Selama menduduki bangku perkuliahan di jurusan kedokteran, para mahasiswa akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tubuh dan penyakit. Materi kuliah pembelajaran jurusan kedokteran ini akan menggunakan sistem blok, dimana setiap bloknya,mahasiswa akan mempelajari mengenai satu sistem organ yang meliputi fungsi dasar, cara kerja, penyakit, obat-obatan, dan cara menanganinya.

Setelah berhasil mempelajari blok tersebut, biasanya para mahasiswa akan dihadapkan dengan ujian yang mengenai materi pada blok tersebut. setiap pada satu semesternya, mahasiswa dapat mempelajari satu hingga empat blok yang tergantung tingkat kerumitan dari materi yang telah dipelajarinya.

 

Prospek Kerja Kedokteran

Berikut ini adalah peluang atau prospek kerja kedokteran yang perlu Kamu tahu :

Dokter Umum

Para sarjana lulusan kuliah jurusan kedokteran sudah cukup identik dengan pekerjaan menjadi dokter umum. Profesi sebagai dokter umum sudah menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan karena anda dapat bekerja di rumah sakit maupun membuka praktek sendiri.

Untukand yang ingin membuka praktek sendiri, akan ada sejumlah  syarat yang harus dapat dipenuhi. Maka dari itu, sebelum akan membuka praktik dokter, ketahui lebih dulu apa saja yang menjadi syaratnya.

 

Dokter Hewan

Bagi anda yang  mengambil jurusan dokter hewan, maka anda bisa menjadi dokter hewan. Anda bisa bekerja di klinik hewan maupun membuka praktek sendiri. Setiap harinya, anda akan bertemu dengan berbagai macam hewan lucu. Seorang dokter hewan dapat memperoleh gaji hingga 5 juta di tiap bulannya.

 

Dokter Gigi

Lulusan jurusan kedokteran juga bisa menjadi dokter gigi. Sebagai dokter, anda bisa bekerja di klinik, puskesmas maupun buka praktek sendiri. Tugas dari seorang dokter gigi yakni menangani berbagai masalah gigi dan termasuk juga dalam hal estetika gigi.

 

Dokter Spesialis

Peluang lulusan jurusan kedokteran juga bisa memiliki peluang menjadi dokter spesialis. Namun dalam hal ini akan membutuhkan proses pembelajaran yang cukup panjang, karena setelah lulus dari jurusan kedokteran dan menerima gelar dokter, anda masih harus mengambil program pendidikan lagi yang kurang lebih selama dua tahun di bidang spesialis.

Baca juga Tertarik dengan Jurusan Teknik Informatika.? Simak dulu Materi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Dosen

Sebagai lulusan kuliah dengan jurusan kedokteran, anda juga akan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang dosen. Untuk menjadi dosen, setidaknya anda memiliki gelar master dengan jenjang pendidikan minimal S2.

Selain dari itu, masih ada banyak lagi prospek kerja yang akan terbuka untuk para lulusan kuliah dengan jurusan kedokteran. Namun yang perlu untuk diketahui, menjadi seorang dokter bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan proses pendidikan yang cukup panjang, karena setelah lulus dari jurusan dokter dasar, anda masih harus menempuh pendidikan lagi untuk mendalami ilmu pengetahuan terkait bidang kedokteran yang anda minati seperti dokter hewan, dokter gigi, dokter spesialis dan lain lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here