Pengen Masuk Jurusan Teknologi Pangan.? Cek Dulu Prospek Kerjanya

305

Kursus Speaking Bandung – Bagi kamu yang biasa sering mencari makanan atau minuman kemasan, pastinya kamu sudah sering melihat makanan kemasan dengan varian yang bervariasi, seperti misalnya minuman susu rasa coklat, strawberry, anggur dan lain lain.

Pernahkah kamu berpikir kira kira siapa yang memiliki ide untuk menciptakan makanan makanan dengan varian tersebut.? maka jawabannya adalah mereka yang merupakan lulusan teknologi pangan. Merekalah yang mengelola bahan dari pasca panen, pembuatan produk, pengemasan hingga sampai ke tahap lulu uji sebelum menjadi makananĀ  yang dapat dikonsumsi.

 

Apa itu Jurusan Teknologi Pangan?

Jurusan teknologi pangan adalah program studi yang akan mempelajari mengenai teknik pengolahan hasil pertanian atau peternakan untuk menjadi produk yang siap konsumsi. Jurusan teknik pangan ini lebih menekankan antara kesehatan manusia dengan nutrisi makanan. Berbeda dengan jurusan tata boga atau ilmu gizi.

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Pangan

Sudah menjadi pertanyaan umum dari para calon mahasiswa terkait apa pekerjaan yang dapat diperoleh setelah selesai kuliah nanti. Nah untuk para lulusan jurusan teknologi pangan berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus nanti.

 

1. Menjadi Wirausaha Bidang Supply Bahan Pangan

Prospek kerja dari lulusan teknologi pangan yang pertama adalah menjadi wirausaha di bidang suplai bahan pangan. Hal ini dikarenakan selama kamu menduduki bangku kuliah dengan jurusan bahan pangan ini, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah terkait manajemen tentang industri.

Kamu juga akan belajar mengenai pembuatan, pengemasan hingga mendistribusikan produk yang tentunya meskipun kamu belajar di jurusan teknik pangan, kamu juga bakal mendapatkan pengetahuan terkait ekonomi makro yang bisa menjadi modal dasar untuk berwirausaha.

 

2. Berkarir Di Lingkup Pemerintahan

Dapat bekerja di lingkungan pemerintah menjadi impian bagi banyak orang. Nah kamu yang mengambil jurusan teknik pangan juga akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di lingkup pemerintah. Kami di sini akan menangani dan melayani urusan suplai pangan nasional.

 

3. Konsultan Pangan dan Gizi Untuk Perusahaan

Meskipun kamu bukan dari jurusan ilmu gizi, akan tetapi bagi kamu yang mengambil jurusan teknik pangan ini juga bisa menjadi konsultan pangan dan Gizi untuk sebuah perusahaan. Biasanya pekerjaan seorang lulusan dari jurusan teknik pangan ini akan berkaitan dengan kualitas produk makanan, kandungan gizi, dan keamanannya ketika dikonsumsi. Selain 3 hal tersebut, sebagai konsultan pangan dan gizi kamu juga bisa memberikan konsultasi terkait produksi, pemasaran, hingga market trend tentang makanan.

Baca juga Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

4. Menjadi Quality Control Untuk Perusahaan Food Industry

Prospek kerja selanjutnya dari para lulusan teknik pangan adalah menjadi menjadi quality control untuk perusahaan food industry. Pada posisi ini, kamu akan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk penjaminan mutu dan aspek produksi dari suatu produk yang telah ditetapkan oleh product development.

Nah setelah mengetahui beberapa prospek kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus kuliah nanti dari jurusan teknik pangan ini, apakah kamu masih tertarik untuk memilikinya. Tentu sudah pasti tertarik karena prospek kerjanya sudah cukup menjanjikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here