Pengertian, Contoh dan Fungsi Kata Literally

272

Kursus Ielts Bandung – Untuk mengetahui makna kata “literally” dalam bahasa Indonesia, kata tersebut secara harfiah berarti “benar-benar”. Kata “literally” merupakan jenis kata keterangan (adverb) yang digunakan untuk menjelaskan kata kerja atau verba.

Selain “literally”, terdapat pula kata-kata lain yang termasuk dalam kategori kata keterangan, seperti “completely”, “really”, dan sebagainya. Biasanya, kata-kata ini ditempatkan sebelum kata kerja (verb).

Namun, terkadang kata “literally” juga dapat digunakan sebelum kata benda (noun), tergantung pada konteks kalimat yang digunakan. Dalam beberapa kasus, kita juga dapat menggunakan kata-kata lain yang memiliki makna yang serupa, seperti “literal adjective”.

Perlu diperhatikan bahwa “literally” adalah bentuk kata keterangan (adverb) dari kata “literal”. Sedangkan kata “literal” sendiri termasuk dalam kategori kata sifat (adjective). Inilah mengapa kedua kata ini memiliki makna yang serupa, namun memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada kalimat yang digunakan.

 

Contoh Kalimat Literally (Adverb )

I literally ran as fast as I could to catch the bus. (Saya benar-benar berlari secepat mungkin untuk mengejar bus.)

The building was literally on fire, and everyone had to evacuate. (Bangunan itu benar-benar terbakar, dan semua orang harus mengungsi.)

I was literally shaking with fear when I saw the spider crawling towards me. (Saya benar-benar gemetar ketakutan ketika saya melihat laba-laba merangkak ke arah saya.)

She literally jumped for joy when she found out she got accepted into her dream college. (Dia benar-benar melompat kegirangan ketika dia tahu dia diterima di perguruan tinggi impiannya.)

The room was so hot that I was literally sweating buckets. (Ruangan itu sangat panas sehingga saya benar-benar berkeringat.)

He literally laughed out loud at the joke his friend told. (Dia benar-benar tertawa terbahak-bahak mendengar lelucon yang diceritakan temannya.)

The movie was so scary that I literally jumped out of my seat a few times. (Film itu sangat menakutkan sehingga saya benar-benar melompat dari tempat duduk saya beberapa kali.)

I’m literally starving; I haven’t eaten anything all day. (Saya benar-benar kelaparan; Saya belum makan apapun sepanjang hari.)

She literally danced with excitement when she won the first prize. (Dia benar-benar menari dengan gembira ketika dia memenangkan hadiah pertama.)

The car was literally inches away from hitting the pedestrian. (Mobil itu benar-benar berjarak beberapa inci dari menabrak pejalan kaki.)

 

Fungsi Penggunaan Kata “Literally”

Kata “literally” memiliki peran penting dalam pembentukan kalimat, dan terdapat beberapa fungsi yang dapat dikembangkan untuk memahaminya lebih dalam. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih luas mengenai manfaat dan ragam penggunaan kata “literally”

 

Mengungkapkan Makna Secara Tepat

Salah satu fungsi yang umum dari kata “literally” adalah untuk menyampaikan makna secara akurat atau sesuai dengan arti yang sebenarnya. Kata ini digunakan untuk menjelaskan interpretasi yang tepat dari suatu kata atau konsep. 

Dalam bahasa Indonesia, konsep ini juga dikenal sebagai “makna denotatif” yang fokus pada pemahaman harfiah. Selain digunakan untuk menjelaskan kata, “literally” juga dapat diterapkan untuk menggambarkan situasi secara langsung.

 

Menyoroti Fakta yang Luar Biasa

Selain mengungkapkan makna harfiah, kata “literally” juga memiliki peran dalam menyoroti fakta yang luar biasa. Hal ini terutama terjadi ketika kita ingin menyampaikan informasi yang dianggap tidak biasa atau mengherankan. Dengan menggunakan kata “literally,” kita dapat menekankan bahwa apa yang disampaikan adalah fakta yang benar-benar terjadi.

 

Memperkuat Pernyataan yang Mustahil atau Tidak Masuk Akal (Slang atau Bahasa Informal)

Selain dua fungsi sebelumnya, kata “literally” juga sering digunakan dalam konteks slang atau bahasa informal, terutama di kalangan pemuda. Penggunaan kata ini dalam situasi informal bertujuan untuk memperkuat pernyataan yang tidak mungkin terjadi atau tidak masuk akal. “Literally” digunakan untuk menciptakan efek dramatis atau menyampaikan pesan dengan gaya yang kuat.

Baca juga Materi Belajar Bahasa Inggris Mengenai Jenis Jenis Adverb

Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris

Mengetahui penggunaan yang tepat dari kata “literally” akan membantu Anda meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. 

Dengan memahami berbagai manfaat dan ragam penggunaan kata “literally,” Anda akan mampu menggunakan kata ini dengan tepat dan menambahkan kekayaan dalam penggunaan bahasa Inggris Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here