Pengertian dan Jenis-Jenis Literasi Bahasa Inggris

2530
Pengertian dan Jenis-Jenis Literasi Bahasa Inggris
Pengertian dan Jenis-Jenis Literasi Bahasa Inggris

Bukan hanya dalam bahasa Inggris saja, literasi juga sering disebutkan dalam bahasa-bahasa lainnya di dunia. Bahkan bisa dibilang, literasi memiliki peran yang cukup penting bagi kemampuan berbahasa seseorang. Jika kamu belum tahu apa arti dari literasi ini, kamu bisa menyimak informasi mengenai pengertian dan jenis-jenis literasi bahasa Inggris di bawah ini.

Pengertian dan Jenis-Jenis Literasi Bahasa Inggris

Secara umum, literasi merupakan kemampuan seseorang dalam memahami informasi, khususnya yang terjadi pada saat melakukan proses membaca maupun menulis. Dengan kata lain, literasi bahasa Inggris yaitu kemampuanmu dalam memahami bahasa Inggris, yang bisa dilihat saat kamu membaca, maupun saat kamu menulis teks-teks dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sama halnya dengan Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 3) yang perlu kamu pahami dengan baik. Maka untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa Inggrismu, kamu juga perlu memahami berbagai literasi bahasa Inggris.

Pertanyaannya adalah berapa jenis literasi dalam bahasa Inggris ini? Dalam perkembangannya, literasi dalam bahasa Inggris terdiri dari 5 jenis. Antara lain:

1.Literasi Dasar (Basic Literation)

Pada umumnya, literasi dasar diartikan sebagai kemampuan dasar dari seseorang dalam melakukan proses membaca, menulis, dan juga berhitung. Dengan kata lain, bagi kamu yang memang sedang mempelajari mengenai pengertian dan jenis-jenis bahasa Inggris ini, literasi dasar diartikan dengan melakukan proses membaca teks bahasa Inggris, sekaligus menuliskannya dengan kaidah penulisan bahasa Inggris yang baik.

Tujuannya tentunya agar kamu bisa mengoptimalkan kemampuan berbahasa Inggris. Khususnya yang bisa dilakukan dengan proses membaca dan menulis teks bahasa Inggris. Biasanya, teks bahasa Inggris yang diberikan pada literasi dasar ini adalah teks bahasa Inggris berupa percakapan, maupun kosakata dasar bahasa Inggris lainnya.

2. Literasi Perpustakaan

Setelah kamu bisa memahami literasi dasar (basic  literation), maka langkah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasa Inggrismu yaitu dengan memahami literasi perpustakaan.

Dimana jenis literasi bahasa Inggris yang satu ini menuntutmu untuk bisa membedakan antara karya tulis bahasa Inggris yang bersifat fiksi dengan karya tulis bahasa Inggris yang bersifat non fiksi.

Bukan hanya itu saja, dalam literasi perpustakaan, kamu juga akan diajarkan mengenai bagaimana cara untuk menggunakan katalog serta indeks yang dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris.

3. Literasi Visual        

Selain kedua jenis literasi diatas, dalam materi mengenai pengertian dan jenis-jenis literasi bahasa Inggris ini, kamu juga akan diperkenalkan dengan jenis literasi lainnya yang dikenal dengan literasi visual.

Dimana dalam literasi bahasa Inggris dengan jenis visual ini, kamu akan diajarkan untuk memahami sebuah gambar maupun video, yang nantinya bisa kamu presentasikan melalui sebuah dialog maupun cerita, yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris.

4. Literasi Media

Tak berbeda jauh dengan jenis-jenis literasi diatas, dalam literasi media ini, kamu akan diajarkan untuk memahami berbagai teks maupun gambar yang diambil dari berbagai media. Beberapa media yang dimaksud yaitu media cetak, media elektronik, dan yang lainnya.

Bukan hanya sekedar memahami saja, dalam literasi media ini juga, kamu akan diberikan pengetahuan mengenai cara untuk menggunakan berbagai media tersebut.

5. Literasi  Teknologi

Khusus dalam literasi teknologi ini, kamu biasanya akan diberikan pemahaman mengenai cara menggunakan software, hardware, maupun sejumlah perangkat teknologi lainnya, yang biasanya menggunakan bahasa Inggris. Baik itu yang digunakan sebagai bahasa pengantar, maupun yang sering digunakan dalam database dari sejumlah komponen teknologi tersebut.

Dari pembahasan mengenai pengertian dan jenis-jenis literasi bahasa Inggris diatas, tentunya kini kamu bisa mengetahui bahwa mempelajari bahasa Inggris tidak hanya bisa dilakukan dengan membaca dan menulis saja. Namun juga perlu dilakukan dengan menggunakan 5 jenis literasi diatas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here