Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contoh Compound Sentence

183

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan – Kalimat majemuk adalah jenis kalimat yang terdiri dari dua atau lebih klausa independen yang dihubungkan bersama. Klausa independen adalah bagian kalimat yang memiliki makna lengkap dan dapat berdiri sendiri sebagai kalimat. Kalimat majemuk digunakan untuk menggabungkan ide-ide yang relevan atau sejajar dalam satu kalimat.

 

Struktur Compound Sentence

Struktur dasar dari kalimat majemuk adalah sebagai berikut

Klausa Independen 1 + Koordinator Konjungsi + Klausa Independen 2

Koordinator konjungsi yang sering digunakan untuk menghubungkan klausa independen antara lain “and” (dan), “but” (tapi), “or” (atau), “so” (sehingga), “for” (karena), dan “yet” (namun).

 

Jenis-Jenis Compound Sentence

Compound Sentence dengan “and” (dan): Digunakan untuk menggabungkan dua ide yang serupa atau sejajar.

Contoh: I like to read, and my sister likes to paint. (Saya suka membaca, dan saudara perempuan saya suka melukis.)

 

Compound Sentence dengan “but” (tapi): Digunakan untuk menggabungkan dua ide yang bertentangan atau berlawanan.

Contoh: She wanted to go to the party, but she was too tired. (Dia ingin pergi ke pesta, tapi dia terlalu lelah.)

 

Compound Sentence dengan “or” (atau): Digunakan untuk menunjukkan pilihan atau alternatif.

Contoh: You can have coffee or tea. (Anda bisa minum kopi atau teh.)

 

Compound Sentence dengan “so” (sehingga) atau “for” (karena): Digunakan untuk menyatakan akibat atau alasan.

Contoh: He studied hard, so he passed the exam. (Dia belajar dengan giat, sehingga dia lulus ujian.)

Contoh: She was late for work, for her car broke down. (Dia terlambat ke tempat kerja, karena mobilnya rusak.)

 

Compound Sentence dengan “yet” (namun): Digunakan untuk menyatakan kontras atau kontradiksi.

Contoh: She is busy, yet she always finds time to help others. (Dia sibuk, namun dia selalu menemukan waktu untuk membantu orang lain.)

 

Catatan

Koordinator konjungsi dapat bervariasi sesuai konteks dan makna yang ingin disampaikan dalam kalimat majemuk. Terkadang, konjungsi subordinatif seperti “although” (meskipun), “while” (sementara), dan “because” (karena) juga digunakan untuk menggabungkan klausa independen.

 

Ciri-ciri kalimat majemuk (compound sentence) 

Terdiri dari Dua atau Lebih Klausa Independen: Kalimat majemuk selalu terdiri dari dua atau lebih klausa independen. Klausa independen adalah bagian kalimat yang memiliki makna lengkap dan dapat berdiri sendiri sebagai kalimat.

 

Klausa Independen Dihubungkan

Klausa independen dalam kalimat majemuk dihubungkan bersama oleh konjungsi atau tanda baca tertentu, seperti koma. Konjungsi yang sering digunakan untuk menghubungkan klausa independen antara lain “and” (dan), “but” (tapi), “or” (atau), “so” (sehingga), “for” (karena), dan “yet” (namun).

 

Ide atau Informasi yang Relevan

Klausa independen dalam kalimat majemuk biasanya mengandung ide atau informasi yang relevan atau saling berkaitan. Mereka digunakan untuk menggabungkan ide-ide yang memiliki hubungan atau makna yang sejajar.

 

Kesamaan Struktur Gramatikal

Klausa independen dalam kalimat majemuk harus memiliki struktur gramatikal yang serupa atau setidaknya kompatibel untuk membentuk kalimat yang baik dan benar. Ini termasuk keseragaman dalam hal tenses (waktu), subjek, dan predikat.

 

Pemisahan dengan Tanda Baca

Dalam kalimat majemuk, klausa independen sering dipisahkan oleh tanda baca, seperti koma (,) atau tanda titik koma (;). Penggunaan tanda baca yang benar membantu memahami struktur kalimat dan hubungan antara klausa independen.

 

Tujuan Komunikasi yang Klarifikasi

Kalimat majemuk digunakan untuk menyampaikan ide-ide yang berbeda atau mendukung satu sama lain dalam kalimat yang lebih kompleks. Tujuannya bisa beragam, seperti menyampaikan informasi, menyatakan pilihan, mengekspresikan kontrast, atau menjelaskan sebab-akibat.

Baca juga Pengertian dan Contoh Degrees of Comparison dalam Bahasa Inggris

Variasi Konjungsi

Selain konjungsi utama seperti “and” (dan), “but” (tapi), “or” (atau), “so” (sehingga), “for” (karena), dan “yet” (namun), kalimat majemuk juga dapat menggunakan konjungsi subordinatif, seperti “although” (meskipun), “while” (sementara), dan “because” (karena), tergantung pada makna yang ingin disampaikan dalam kalimat.

Ciri-ciri ini membantu membedakan kalimat majemuk dari jenis kalimat lainnya, seperti kalimat sederhana atau kalimat kompleks. Kalimat majemuk memberikan kekayaan dalam struktur bahasa yang memungkinkan penulis atau pembicara untuk menyampaikan informasi dengan lebih rinci dan nuansa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here