Pentingnya Penguasaan Tenses Dalam Bahasa Inggris

671

Kursus Toefl Bandung – Tenses merupakan suatu hal yang penting untuk dipelajari dalam belajar berbahasa inggris. Tenses mengacu ke menunjukkan waktu dari sebuah peristiwa dalam bentuk kalimat. Maka dari itu, penguasaan Tenses dalam berbahasa inggris cukuplah penting terutama dalam menjalin komunikasi sehari-hari, baik itu secara lisan maupun tertulis.

Dalam konteks komunikasi lisan, penggunaan tenses yang tepat dapat membantu kita untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Dalam komunikasi tertulis, penguasaan tenses yang baik dapat membuat tulisan kita lebih jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Selain dari itu, Tenses sendiri juga menjadi salah satu syarat dalam berbagai tes kemampuan berbahasa inggris seperti TOEFL atau IELTS. Tes-tes ini biasanya akan mengevaluasi kemampuan seseorang dalam menguasai tenses yang ada dalam bahasa Inggris.

 

Apa itu tenses.?

Tenses adalah mengacu ke perubahan bentuk kata kerja berdasarkan keterangan waktu dan sifat kegiatan atau kejadian. Dalam metode belajar bahasa inggris, Tenses dibagi menjadi 4 macam yang meliputi present, past, future, dan past future. Keempat golongan tersebut kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bagian tenses. Maka dalam belajar memahami Tenses, kita perlu mempelajari Tenses tersebut.

 

Jenis-jenis tenses

Dalam belajar Tenses ada beberapa jenis yang patut untuk dipelajari dan berikut beberapa Tenses yang kerap digunakan untuk menunjukkan waktu yang berbeda-beda. 

 

Simple present tense

Untuk jenis Simple present tense ini merupakan sebuah ungkapan yang menunjuk ke suatu peristiwa yang terjadi saat ini dan menjadi kebiasaan secara terus menerus. Contoh kalimat  “She always drinks coffee in the morning.”

 

Present continuous tense

Present continuous tense merupakan suatu ungkapan yang digunakan untuk menunjuk ke suatu peristiwa yang sedang terjadi pada saat ini. contoh kalimat “I am studying English grammar.”

 

Simple past tense

Simple past tense merupakan sebuah ungkapan yang mengacu ke kejadian di masa lampau. Contoh kalimat “She visited her grandparents last weekend.”

 

Past continuous tense

Past continuous tense merupakan sebuah tenses yang digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa yang sedang berlangsung di masa lalu. Contoh kalimat “I was watching TV when my sister called me.”

 

Present perfect tense

Present perfect tense merupakan tenses yang digunakan untuk mengungkapkan suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau dan memberikan pengaruh hingga saat ini. Contoh kalimat “I have read that book three times.”

Baca juga Pentingnya Mempelajari Bahasa Inggris

Present perfect continuous tense

Present perfect continuous tense adalah tenses yang kerap digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa yang dimulai di masa lampau dan masih berlangsung hingga sampai saat ini. Contoh kalimat “I have been studying English for six months.”

 

Past perfect tense

Past perfect tense merupakan sebuah ungkapan kalimat yang menunjukkan suatu peristiwa yang terjadi sebelum peristiwa lain di masa lampau. Contoh kalimat “He had finished his homework before he went to bed.”

 

Past perfect continuous tense

Past perfect continuous tense ialah sebuah tenses yang digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa yang dimulai di masa lampau dan berlangsung sampai suatu peristiwa lain terjadi di masa lampau. Contoh kalimat “She had been working for three hours when her boss came in.”

Dalam mempelajari dan menguasai tenses, kita perlu untuk memahami penggunaannya masing masing dari jenis jenis tenses yang berdasarkan pola kalimat yang digunakan untuk menjadi tenses. Dengan pemahaman yang baik terkait tenses tersebut akan memudahkan kita untuk menjalin komunikasi dengan bahasa inggris yang berdasarkan tata cara yang baik dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here