Perbedaan 2 Relative Pronouns: Who dan Whom

0
71

Apa itu relative pronoun? Relative Pronoun adalah kata ganti relatif yang berfungsi untuk menjelaskan kata benda (noun). Relative pronoun ini tak hanya dapat menjelaskan noun, namun juga dapat memberikan tambahan informasi terkait kata benda tersebut.

Relative Pronoun yang akan kita bahas kali ini adalah who dan whom. Yuk, kita bahas materi ini bersama-sama!!

  1. WHO

Relative pronoun yang pertama adalah Who. Kata ganti yang satu ini berguna untuk menggantikan subject berupa manusia. Apabila kita mengartikan kata ganti ‘who’ didalam kalimat, maka kita akan menyebutnya ‘yang’.

Contoh:

  • Eric is an idol.
  • He lives next to my house.

Eric, who lives next to my house, is an idol.

Eric, yang tinggal disamping rumahku, adalah seorang idola.

Posisi Eric di kalimat pertama dan ‘he’ di kalimat kedua merujuk kepada orang yang sama dan berposisi sebagai subject. Masing masing nomor memberikan informasi yang berbeda, namun merujuk kepada orang yang sama.

Maka untuk mempersingkat dan mengidealkan kalimat, kita dapat menyatukan kedua kalimat tersebut dengan menggunakan relative pronoun ‘who’.

  1. WHOM

Berbeda dengan who yang merujuk kepada kata ganti subjek, whom adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan objek. Sama seperti who, kata ganti whom juga merujuk kepada orang, dan jika diartikan ke dalam bahasa indonesia akan menjadi ‘yang’.

Contoh:

  • The man seems friendly
  • I saw the man in the yard.

   The man whom I saw in the yard seems friendly.

Laki-laki yang aku lihat di pekarangan tampak ramah.

Berbeda dengan relative pronoun sebelumnya, ‘the man’ yang dibicarakan di dalam kalimat 1 dan 2 ini berposisi sebagai objek. Mengapa objek? Karena kita tahu bahwa subjek nya adalah ‘I’ sendiri.

Itu dia perbedaan relative pronoun who dan whom! Coba tulis di kolom komentar contoh kalimat dari keduanya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here