Perbedaan Antara Have Been dan Has Been dalam Bahasa Inggris

145

Kursus Speaking Bandung – Dalam bahasa Inggris, penggunaan kata kerja “have been” dan “has been” memiliki perbedaan yang penting terkait dengan subjek yang diikuti serta makna yang ingin disampaikan. Kedua bentuk ini termasuk dalam kalimat present perfect continuous tense yang menggambarkan aksi atau kondisi yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung atau baru saja selesai. 

Perbedaan tersebut muncul terutama dalam konteks subjek jamak dan tunggal, serta penggunaan kata ganti personal yang tepat. Tidak jarang, banyak orang orang yang sedang mengalami proses penyempurnaan menggunakan bahasa inggris kerap kali mengalami kesalahan dalam penggunaan keduanya. Maka dari itulah pada artikel kali ini kami akan mencoba mengulas perbedaan antara keduanya.

 

Memahami Konsep Kalimat Present Perfect Continuous

Dalam dunia bahasa Inggris, terdapat suatu struktur yang menggabungkan aspek dari Present Perfect dan Present Continuous yang dikenal dengan Kalimat Present Perfect Continuous. Pada dasarnya, struktur ini menciptakan jembatan antara peristiwa yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung hingga saat ini, atau efek dari peristiwa tersebut masih dapat terasa sampai sekarang. Penggunaan dua bentuk kata kerja, yaitu “have been” dan “has been,” menjadi kunci dalam mengungkapkan makna yang mendalam ini.

 

Perbedaan Antara “Have Been” dan “Has Been”

1. “Have Been”

“Have been” digunakan dengan subjek jamak (I, you, we, they) serta kata ganti personal yang sesuai. Penggunaan ini menunjukkan bahwa aksi atau kondisi telah dimulai di masa lalu dan masih berlangsung sampai saat ini. Contoh penggunaan yang tepat adalah

 

Contoh Kalimat

“We have been working on this project for three months.” (Kami telah bekerja pada proyek ini selama tiga bulan.)

“You have been learning French since last year.” (Kamu telah belajar bahasa Prancis sejak tahun lalu.)

“They have been living in that house for a decade.” (Mereka telah tinggal di rumah itu selama satu dekade.)

Penggunaan “have been” dalam contoh-contoh di atas menunjukkan bahwa aktivitas yang dimulai di masa lalu masih berlangsung dan relevan pada saat berbicara.

 

2. “Has Been”

“Has been” digunakan dengan subjek tunggal (he, she, it) serta kata ganti personal yang sesuai. Penggunaan ini menunjukkan bahwa aksi atau kondisi telah dimulai di masa lalu dan masih berlangsung sampai saat ini. Contoh penggunaan yang tepat adalah

 

Contoh Kalimat

“She has been working as a doctor for five years.” (Dia telah bekerja sebagai dokter selama lima tahun.)

“He has been writing a novel since January.” (Dia telah menulis sebuah novel sejak bulan Januari.)

“The cat has been sleeping on the couch all morning.” (Kucing itu telah tidur di sofa sepanjang pagi.)

Dalam contoh-contoh ini, “has been” menunjukkan bahwa aktivitas atau kondisi berlangsung terus menerus dan masih relevan pada saat pembicaraan.

Baca juga Menggali Kategori Kosakata Penting dalam Ujian IELTS

Pentingnya Pemahaman Penggunaan “Have Been” dan “Has Been”

Pemahaman yang tepat tentang perbedaan penggunaan “have been” dan “has been” sangat penting dalam komunikasi bahasa Inggris. Pilihan yang salah dapat mengubah makna kalimat secara keseluruhan. Mengingat bahwa “have been” digunakan dengan subjek jamak dan “has been” digunakan dengan subjek tunggal, serta mengaitkannya dengan kata ganti yang sesuai, akan membantu Anda mengkomunikasikan informasi dengan jelas dan akurat.

Pemahaman mendalam tentang penggunaan kedua bentuk ini akan memperkaya keterampilan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris, memungkinkan Anda menyampaikan pesan dengan lebih tepat dan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here