Perbedaan antara Pretty dan Beautiful

696

Kursus Ielts Bandung – Dalam bahasa Inggris, terdapat kata-kata yang memiliki arti serupa, namun dipergunakan dalam konteks yang berbeda. Dua di antaranya adalah “pretty” dan “beautiful”, keduanya memiliki arti “cantik”. Meskipun demikian, penggunaannya dalam kalimat memiliki perbedaan yang signifikan. Mari kita eksplorasi lebih jauh mengenai perbedaan antara kedua kata ini.

Pretty

Kata “pretty” digunakan untuk menyatakan kecantikan atau keelokan secara fisik. Ini adalah bentuk kata sifat (adjective) yang merujuk pada penampilan atau daya tarik visual seseorang. Penggunaan kata “pretty” terbatas pada orang saja dan tidak dapat digunakan untuk benda atau pemandangan. Sebagai contoh, dalam kalimat sehari-hari, kita dapat menggambarkan seseorang sebagai “pretty” untuk menyatakan bahwa mereka memiliki penampilan yang menarik secara fisik.

Contoh kalimat menggunakan “pretty”

She looks pretty in that dress. (Dia terlihat cantik dalam gaun itu.)

The flowers in the garden are so pretty. (Bunga-bunga di taman sangat cantik.)

The sunset was pretty, with shades of pink and orange. (Matahari terbenam itu cantik, dengan nuansa warna merah muda dan oranye.)

The little girl drew a pretty picture of a butterfly. (Anak kecil itu menggambar gambar kupu-kupu yang cantik.)

He gave her a pretty necklace as a birthday gift. (Dia memberinya kalung cantik sebagai hadiah ulang tahun.)

The baby has a pretty smile. (Bayi itu memiliki senyuman yang cantik.)

She has a pretty voice and sings beautifully. (Dia memiliki suara yang cantik dan menyanyi dengan indah.)

The view from the top of the mountain is pretty stunning. (Pemandangan dari puncak gunung sangat cantik memukau.)

The old house has a pretty garden in the backyard. (Rumah tua itu memiliki taman yang cantik di halaman belakang.)

The painting of the countryside is very pretty and serene. (Lukisan pedesaan itu sangat cantik dan tenang.)

BAca juga Perbedaan Antara Wear dengan Use

Beautiful

Sementara itu, kata “beautiful” tidak hanya merujuk pada kecantikan fisik, tetapi juga menyoroti keindahan secara keseluruhan. Kata ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan tidak hanya orang, tetapi juga benda, pemandangan alam, seni, dan segala hal yang dianggap mempesona dan menakjubkan. “Beautiful” memiliki dimensi yang lebih luas, mencakup aspek visual dan emosional dari keindahan.

Contoh kalimat menggunakan “beautiful”

She has a beautiful smile that brightens up the room. (Dia memiliki senyuman yang indah yang menerangi ruangan.)

The beach at sunrise looks incredibly beautiful. (Pantai saat matahari terbit terlihat sangat indah.)

The young couple exchanged beautiful vows during their wedding ceremony. (Pasangan muda itu bertukar sumpah janji yang indah selama upacara pernikahan mereka.)

The rose garden in the park is a beautiful sight to behold. (Taman mawar di taman adalah pemandangan yang indah untuk dilihat.)

She wore a beautiful gown to the gala event. (Dia mengenakan gaun yang indah untuk acara gala.)

The orchestra played a beautiful melody that moved the audience to tears. (Orkestra memainkan melodi yang indah yang membuat penonton menangis.)

The old castle on the hill is a beautiful architectural masterpiece. (Kastil tua di bukit adalah mahakarya arsitektur yang indah.)

The sunset over the mountains painted a beautiful picture in the sky. (Matahari terbenam di atas pegunungan melukis gambar yang indah di langit.)

She received a beautiful bouquet of flowers on her birthday. (Dia menerima rangkaian bunga yang indah di hari ulang tahunnya.)

The waterfall in the forest is a beautiful natural wonder. (Air terjun di hutan adalah keajaiban alam yang indah.)

Dalam rangkaian contoh di atas, dapat dilihat bahwa “pretty” digunakan untuk menggambarkan penampilan fisik seseorang, sementara “beautiful” digunakan untuk menggambarkan keindahan dalam berbagai bentuk, termasuk sifat dan karakter. Oleh karena itu, pemahaman tentang nuansa kata-kata ini sangat penting dalam berkomunikasi efektif dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan ini membantu memperjelas perbedaan antara “pretty” dan “beautiful” dalam penggunaan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here