Perbedaan Antara “When” dan “While” dalam Penggunaan Bahasa Inggris

369

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – Kata-kata “when” dan “while” dalam bahasa Inggris adalah dua istilah yang sering kali membingungkan bagi pembelajar bahasa. Mereka memiliki makna yang serupa, namun perbedaan kontekstual dan dalam keberlangsungan tindakan membuat keduanya unik dalam penggunaannya. Untuk menghilangkan kebingungan ini, mari kita telaah perbedaan mendasar antara “when” dan “while”.

 

Penggunaan “When”

Pertama-tama, mari kita lihat bagaimana “when” digunakan sebagai kata penghubung

1. Aksi Dilakukan Secara Bersamaan

“When” digunakan untuk menghubungkan dua kalimat dengan dua aksi atau tindakan yang terjadi pada waktu bersamaan. Ini berarti bahwa kedua aksi tersebut selesai dilakukan pada saat yang sama.

Contoh Kalimat

He went to the store when the rain fell. (Dia pergi ke toko ketika hujan turun.)

She smiled when the sun rose on the eastern horizon. (Dia tersenyum ketika matahari terbit di ufuk timur.)

The children played in the park when their teacher gave them a break. (Anak-anak bermain di taman ketika guru mereka memberi mereka libur.)

I smelled the scent of flowers when I walked past that garden. (Saya mencium aroma bunga ketika saya berjalan melewati kebun bunga itu.)

 

2. Aksi Masa Lampau dengan Durasi Panjang

Selain itu, “when” juga digunakan untuk menjelaskan aksi atau kejadian yang terjadi di masa lampau dengan durasi yang panjang.

Contoh Kalimat

I slept while they were watching a movie. (Saya tidur ketika mereka sedang menonton film.)

At that time, she worked as a doctor when the World War was raging. (Saat itu, dia bekerja sebagai dokter ketika perang dunia sedang berkecamuk.)

When I was a child, I used to spend hours reading books. (Ketika saya masih anak-anak, saya sering menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku.)

She wrote a novel when she lived in the village for a whole year. (Dia mengarang novel ketika tinggal di desa selama setahun penuh.)

They built their own house when the country’s economy was experiencing rapid growth. (Mereka membangun rumah mereka sendiri ketika ekonomi negara sedang mengalami pertumbuhan pesat.)

While studying abroad, she gained in-depth knowledge about different cultures. (Ketika dia belajar di luar negeri, dia memperoleh pengetahuan mendalam tentang budaya yang berbeda.)

 

3. Age/Umur

“When” juga dapat digunakan untuk menyebutkan usia seseorang.

Contoh Kalimat

He started learning the piano when he was five years old. (Dia mulai belajar piano ketika dia berusia lima tahun.)

When she reached the age of ten, she could already speak three languages. (Ketika dia mencapai usia sepuluh tahun, dia sudah bisa berbicara dalam tiga bahasa.)

I’ve known him since he was a teenager, precisely when he was fourteen years old. (Saya mengenalnya sejak dia masih remaja, tepatnya ketika dia berusia empat belas tahun.)

When he was twenty years old, he already had a doctorate in medicine. (Ketika dia berumur dua puluh tahun, dia sudah memiliki gelar doktor dalam ilmu kedokteran.)

I began playing basketball when I was eight years old. (Saya mulai bermain olahraga bola basket ketika saya berusia delapan tahun.)

I have been learning English since I was young. (Saya belajar bahasa Inggris sejak saya masih muda.)

 

Penggunaan “While”

Sementara itu, “while” digunakan sebagai kata penghubung untuk aksi kontinu yang terjadi secara bersamaan. Aksi kontinu adalah tindakan yang sedang berlangsung atau masih dalam progres.

 

Rumus Penggunaan “While”

Biasanya, “while” digunakan dengan rumus continuous tense, yang berarti “while” diikuti oleh subjek + was/were + present participle + ing.

Contoh Kalimat

I am reading a book while she is writing a letter. (Saya membaca buku sambil dia sedang menulis surat.)

Baca juga Strategi Efektif dalam Menulis Esai Bahasa Inggris yang Berkualitas

Penggunaan “When” dan “While” Bersamaan

Pertanyaan umum yang mungkin muncul adalah apakah “when” dan “while” bisa digunakan secara bersamaan. Jawabannya adalah iya, namun ada catatan. Keduanya dapat digunakan secara bersamaan jika aksi atau kejadian tersebut memiliki jangka waktu yang sebentar atau berlangsung singkat.

Contoh Kalimat

I smiled when she entered the room. (Saya tersenyum saat dia masuk ke ruangan.)

Dalam kalimat di atas, “when” menunjukkan momen pasti di mana aksi tersenyum terjadi, sementara “while” menunjukkan kejadian yang berlangsung secara bersamaan, yaitu ketika dia masuk ke ruangan.

Dengan memahami perbedaan dan penggunaan yang tepat antara “when” dan “while”, pembelajar bahasa Inggris dapat menghindari kekeliruan dan mengungkapkan ide mereka dengan lebih jelas dan tepat. Semoga penjelasan ini membantu memperjelas konsep ini dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari Anda. Teruslah belajar dan praktikkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here