Perbedaan Bahasa Inggris British, Amerika dan Australia

764
Perbedaan Bahasa Inggris British, Amerika dan Australia
Perbedaan Bahasa Inggris British, Amerika dan Australia

Meskipun sama-sama menggunakan bahasa Inggris, namun ternyata bahasa Inggris yang digunakan di Amerika dan Australia tidak sama dengan yang digunakan di Inggris (British) sendiri. Agar kamu tidak keliru dalam membedakannya, yuk kenali perbedaan bahasa Inggris British, Amerika dan Australia berikut ini!

Perbedaan Bahasa Inggris British, Amerika dan Australia

Mungkin kamu selama ini berpikir bahwa penggunaan bahasa Inggris di setiap negara adalah sama. Namun sebenarnya tidak demikian. Karena ada beberapa negara yang memiliki idiom dan juga pengucapan yang berbeda, meskipun mereka sama-sama menggunakan bahasa Inggris.

Negara yang dimaksud adalah Amerika yang dikenal dengan American English, dan juga Australia yang menggunakan Australian English. Dimana keduanya sangat berbeda dengan British English, yang memang banyak dipakai di negara Inggris.

Apa saja perbedaannya? Ini dia beberapa diantaranya:

1.Cara Pengejaan

Perbedaan bahasa Inggris British, Amerika dan Australia yang pertama bisa terlihat dari pengejaannya (spelling). Pada umumnya, perbedaan dalam hal pengejaan (spelling) ini berkaitan dengan pengucapan huruf “r’, dan juga huruf “a”.

Untuk lebih jelasnya, bisa kamu simak dalam penjelasan di bawah ini. Antara lain:

A.British English (Inggris British)

Jika dilihat dari cara pengejaannya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Inggris British ini. Antara lain:

  • Orang-orang Inggris pada umumnya akan mengeja kata yang menggunakan huruf “a”, dengan pelafalan yang sama, yaitu dengan huruf “a
  • Sementara dalam pengejaan huruf “r”, British English (Inggris British) biasanya akan menghilangkan (tidak mengeja) huruf “r” tersebut, bilamana setelah huruf tersebut, terdapat huruf mati. Misalnya kata “mushroom”, maka huruf “r” pada kata tersebut tidak dieja
  • Namun jika kata yang menggunakan akhiran huruf “a” kemudian bertemu dengan kata lainnya yang menggunakan huruf hidup, maka pengejaannya biasanya akan ditambahkan dengan huruf “r”. Misalnya kata “India and…”, maka pengejaannya menjadi “Indier and…”

B. Inggris America (American English)

Pada umumnya, orang-orang Amerika dan negara lainnya yang menggunakan American English akan mengeja kata-kata seperti berikut ini. Antara lain:

  • Huruf “a” biasanya akan dieja menjadi “e”, atau bahkan menjadi “ei
  • Dalam beberapa kata, huruf “r” akan dieja secara tidak jelas (samar). Misalnya kata “bear” menjadi “bie”, kata “driver” menjadi “daive”, dan yang lainnya

C. Australian English (Inggris Australia)

Berbeda dengan kedua negara tersebut, Inggris Australia mengeja kata-kata yang menggunakan huruf “a” dan juga huruf “r” secara jelas. Hanya saja, dalam pengejaan (spelling) yang menggunakan akhiran huruf “a” dan “y”, maka pengucapannya menjadi “ai”, bahkan terdengar seperti “ei”. Misalnya kata “today” menjadi “todai” ataupun “todie”.

2. Vocabolary (Kosakata) yang Digunakan

Selain pengejaan, perbedaan bahasa Inggris British, Amerika dan Australia lainnya yaitu mengenai vocabolary (kosakata). Dimana ada banyak kata yang berbeda untuk makna/arti yang sama. Misalnya untuk menyebut biskuit, orang Inggris Amerika menyebutnya “cockie”. Bahkan ada juga yang menyebutnya “cracker”.

Sementara dalam Inggris British, biskuit disebut dan ditulis dengan kata “biscuit”. Lalu bagaimana dengan Inggris Australia? Bisa dibilang, kosakata (vocabolary) dalam bahasa Inggris yang digunakan oleh orang-orang Australia ini sedikit berbeda dengan bahasa Inggris yang dipakai di Amerika maupun di Inggris.

Misalnya penggunaan kata “tucker” untuk menyebut “makanan” secara umum. Ada juga kata “ace” untuk menyebutkan sesuatu yang “sangat luar biasa”, kata “Ausie”untuk menyebut “orang Australia”, kata “brekkie” yang bermakna “sarapan”, dan yang lainnya.

3. Penggunaan Idiom

Bukan hanya vocabolary dan juga cara pengejaannya saja, idiom yang digunakan dalam Inggris British, Amerika, dan juga Australia ini juga sedikit berbeda antara satu dan yang lainnya. Dalam arti, kamu mungkin akan menemukan sejumlah idiom pada bahasa Inggris Amerika, namun tidak ditemukan pada Inggris Amerika dan juga Australia. Begitupun sebaliknya.

Bagi kamu yang tengah bahagia, maka kamu bisa Ekspresikan Rasa Bahagiamu dengan Ungkapan Idiom Bahasa Inggris Ini! Antara lain:

  • Inggris British: Idiom “bee’s knee’s” digunakan untuk menyebut sesuatu yang bagus,dan luar biasa
  • Inggris Amerika: Idiom “bend over backwards”, yang digunakan untuk menyebut sesuatu yang berjalan dengan maksimal
  • Inggris Australia: Idiom “it takes two tango”. Biasa dipakai untuk menjelaskan 2 sisi yang berbeda

4. Cara Menyingkat Ejaan/Kata

Satu lagi perbedaan yang bisa terlihat dari bahasa Inggris British, Amerika dan juga Australia. Perbedaan yang dimaksud tak lain mengenai cara menyingkat ejaan/kata. Misalnya:

  • Inggris British: kata “mathematics” disingkat menjadi “maths
  • Inggris Amerika: kata “you will”menjadi “you’ll”, “mathematics” menjadi “math”, “we are” menjadi “we’re
  • Inggris Australia: kata “Good day” disingkat menjadi “Gday”, dan yang lainnya

Itu dia sejumlah perbedaan bahasa Inggris British, Amerika, dan Australia yang perlu kamu ketahui. Dari penjelasan diatas, kiranya kamu kini telah mengetahui, bahwa meskipun sama-sama menggunakan bahasa Inggris, namun nyatanya, bahasa Inggris yang digunakan di 3 negara tersebut tidaklah sama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here