Perbedaan Penggunaan Kata “Must” dan “Have To” Dalam Bahasa Inggris

352

Kursus Ielts Bandung – Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak kata yang memiliki makna yang mirip atau bahkan sama. Salah satu pasangan kata yang seringkali membingungkan adalah “must” dan “have to”. Kedua kata ini memiliki arti yang serupa, yaitu “harus”. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, ada perbedaan yang mempengaruhi cara kita menggunakannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan penggunaan antara “must” dan “have to” serta memberikan contoh-contoh yang relevan.

 

Must

Kata “must” digunakan untuk menyatakan suatu keharusan dengan tingkat kejelasan dan keyakinan tertentu. Biasanya, “must” digunakan ketika suatu hal dianggap pasti atau sangat masuk akal dilakukan. Misalnya, saat cuaca sangat panas, maka jemuran akan kering dengan sendirinya. Dalam situasi ini, penggunaan “must” menunjukkan bahwa kenyataan ini hampir pasti terjadi berdasarkan logika atau kejadian-kejadian sebelumnya.

 

Contoh kalimat dengan penggunaan “must”

“She must be at home because her car is parked in the driveway.” (Dia pasti ada di rumah karena mobilnya diparkir di garasi.)

“The bridge is closed, so we must find an alternate route.” (Jembatan itu ditutup, jadi kita harus mencari rute alternatif.)

“You must finish your homework before you go out to play.” (Kamu harus menyelesaikan PR mu sebelum pergi bermain.)

“He must be exhausted after running a marathon.” (Dia pasti sangat lelah setelah berlari maraton.)

“We must remember to lock the doors before we leave.” (Kita harus ingat untuk mengunci pintu sebelum pergi.)

“It’s getting late, so I must head home now.” (Sudah mulai larut, jadi saya harus pulang sekarang.)

 

Selain itu, “must” juga bisa digunakan untuk menyatakan kewajiban yang sangat kuat dan penting. Dalam konteks ini, “must” digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan diperlukan sesuai dengan norma atau tuntutan yang ada di sekitar kita.

 

Contoh kalimat dengan penggunaan “must” untuk menunjukkan kewajiban

“As a responsible citizen, we must obey the traffic rules.” (Sebagai warga negara yang bertanggung jawab, kita harus patuh pada peraturan lalu lintas.)

Baca juga Perbedaan “Price dan Priceless” Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Have To

Sementara “have to” juga berarti “harus”, penggunaannya memiliki nuansa yang berbeda dari “must”. Kata ini digunakan untuk menyatakan kewajiban, namun dengan penekanan pada campur tangan faktor eksternal yang menyebabkan kewajiban tersebut muncul. Ketika kita menggunakan “have to”, terdapat pengertian bahwa tindakan tersebut bukan hanya didasari oleh logika internal, tetapi juga oleh kondisi atau tuntutan dari luar.

 

Contoh kalimat dengan penggunaan “have to”

“I have to attend the meeting because my boss asked me to.” (Saya harus menghadiri pertemuan karena bos saya memintanya.)

Dalam contoh di atas, penggunaan “have to” menunjukkan bahwa kewajiban untuk menghadiri pertemuan tidak hanya berdasarkan pada keputusan internal si pembicara, tetapi juga karena permintaan dari atasan.

Contoh lain kalimat “Have to”

“I have to submit the report by tomorrow morning.” (Saya harus mengirimkan laporan itu besok pagi.)

“She has to study for her exams this weekend.” (Dia harus belajar untuk ujian-ujian akhir pekan ini.)

“They have to follow the company’s dress code at all times.” (Mereka harus mengikuti kode berpakaian perusahaan setiap saat.)

“We have to attend the workshop as it’s mandatory for all employees.” (Kita harus menghadiri lokakarya karena itu wajib bagi semua karyawan.)

“Students have to complete the registration process before the semester begins.” (Para siswa harus menyelesaikan proses pendaftaran sebelum semester dimulai.)

Meskipun “must” dan “have to” memiliki arti yang sama, penggunaan keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam hal nuansa dan konteks. “Must” digunakan ketika ada kejelasan dan keyakinan atas suatu tindakan atau kewajiban, sedangkan “have to” menunjukkan bahwa kewajiban tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal yang mempengaruhi tindakan tersebut. Memahami perbedaan ini akan membantu kita menggunakan kata-kata ini dengan tepat dalam percakapan sehari-hari dan mengekspresikan makna yang lebih tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here