Perkenalan Diri (Self Introduction) dalam Bahasa Inggris

381

Les Bahasa Inggris di Bandung – Pada satu kondisi, terkadang kita akan diminta untuk memperkenalkan diri kepada publik, teman atau orang lain dengan menggunakan bahasa inggris. Nah melalui artikel kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris dengan baik.

 

Perkenalan Diri (Self Introduction) dalam Bahasa Inggris

Ketika kita berkenalan, tentu kita tidak langsung menuju pada inti pembicaraan, bukan? Setidaknya, kita dapat memberikan salam untuk menyapa lawan bicara, sama seperti yang kita lakukan saat memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia.

Adapun beberapa contoh kalimat sapaan yang dapat digunakan dalam bahasa inggris seperti 

“Hello!” – Halo!

“Hi there!” – Hai!

“Good morning!” – Selamat pagi!

“Good afternoon!” – Selamat siang!

“Good evening!” – Selamat malam!

“How are you?” – Apa kabar?

“Nice to meet you!” – Senang bertemu denganmu!

“Good to see you!” – Senang bertemu denganmu!

“How have you been?” – Bagaimana kabarmu?

“What’s up?” – Apa kabar?

 

Sampaikan Maksud Percakapan

Saya ingin membuka percakapan ini untuk melakukan perkenalan diri. Biasanya, langkah ini banyak dilakukan dalam situasi formal seperti pertemuan dengan rekan bisnis, presentasi, dan sebagainya. Mari kita lihat contohnya di bawah ini:

Let me introduce myself… (Izinkan saya memperkenalkan diri saya…)

I would like to introduce myself… (Saya ingin memperkenalkan diri saya…)

I’m right here to introduce myself… (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya…)

 

Perkenalan Identitas

Dalam sebuah perkenalan, biasanya kita menyebutkan identitas seperti nama lengkap, nama panggilan, asal kelahiran dan tempat tinggal, serta latar belakang pendidikan. Namun, tentu saja hal ini dapat disesuaikan dengan situasi atau acara yang sedang dihadiri. Berikut adalah contohnya:

“My name is MIla.” – Nama saya Mila.

“I’m Sarah.” – Saya Sarah.

“Allow me to introduce myself, I’m Budi.” – Izinkan saya memperkenalkan diri, saya Budi.

“Hi, I’m Lisa Johnson.” – Halo, saya Lisa Johnson.

“Let me introduce myself. I go by the name Andy.” – Izinkan saya memperkenalkan diri. Saya dipanggil Andy.

 

Kalimat Penutup dengan Rasa Terima Kasih

Setelah memperkenalkan diri, jangan lupa untuk menutup dengan kalimat perkenalan yang diikuti dengan ucapan rasa terima kasih, sehingga perkenalan diri Anda menjadi berkesan. Berikut adalah contohnya

“Thank you for giving me this opportunity. I truly appreciate it.” – Terima kasih telah memberikan kesempatan ini kepada saya. Saya sangat menghargainya.

“I’m grateful for the chance you’ve given me. Thank you.” – Saya bersyukur atas kesempatan yang telah Anda berikan kepada saya. Terima kasih.

“I want to express my gratitude for allowing me this opportunity.” – Saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih saya atas kesempatan ini yang Anda berikan.

“Thank you for considering me for this opportunity. It means a lot to me.” – Terima kasih telah mempertimbangkan saya untuk kesempatan ini. Ini sangat berarti bagi saya.

“I appreciate the opportunity you’ve given me and I’m excited to make the most of it.” – Saya menghargai kesempatan yang Anda berikan kepada saya dan saya sangat antusias untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Baca juga Mengekspresikan Perasaan Cinta, Sedih dan Marah dalam Bahasa Inggris

Lakukan Kontak Mata dan Gerakan yang Ramah

Setelah mengetahui cara dan tips di atas, penting juga untuk diingat bahwa terdapat faktor lain yang dapat membuat perkenalan diri dalam bahasa Inggris Anda semakin menarik. Salah satunya adalah sikap yang Anda tunjukkan! Ya, dalam hal ini, Anda dapat menonjolkan sikap dengan melakukan kontak mata dan gerakan yang ramah.

Misalnya, jika Anda sedang berkenalan secara langsung dengan seseorang, jangan lupa untuk berdiri, memandang mata lawan bicara, dan tersenyum dengan tulus. Jika Anda sedang melakukan perkenalan secara online melalui aplikasi pertemuan, usahakan untuk mengaktifkan kamera dan memberikan senyuman hangat kepada peserta yang hadir. Hal-hal sederhana seperti ini dapat membuat Anda terlihat sopan dan memiliki sikap yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here