Pilihan Karir yang Tersedia untuk Lulusan Jurusan Psikologi

587

Kampung Inggris Bandung – Jurusan psikologi merupakan salah satu bidang keilmuan yang akan mempelajari mengenai manusia. Manusia yang dimaksud dalam hal ini tidak hanya sebatas perilakunya saja, namun juga akan mempelajari jiwa yang mempengaruhi suatu tindakan yang dilakukannya. Misalnya dalam konteks sosial yang dimana akan mempelajari mengenai bagaimana cara seseorang akan berperilaku terkait dengan  posisinya di sebuah perusahaan.

Sama halnya dengan jrusan perkualitahan lainnya, jurusan perkulihan psikologi ini juga akan membuka cukup banyak peluang karir yang dapat ditemukan selepas kualiah nanti. Apa saja itu.? Temukan jawabannya dengan mengikuti artikel ini samai selesai.

 

Peluang Karir yang Tersedia untuk Lulusan Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak pilihan karir. Lulusan psikologi dapat bekerja di berbagai bidang, mulai dari sektor kesehatan hingga bisnis. Berikut beberapa peluang karir dari para lulusan psikologi.

 

1. Bagian Personalia (HRD)

Seorang  sarjana jurusan psikologi memiliki peluang karir menjadi seorang HRD atau Human Resource Development. Untuk menjadi seorang HRD harus memiliki keterampilan dalam memahami karakter manusia, sebab seorang HRD bertanggung jawab untuk melakukan perekrutan karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

Seorang HRD harus tau seperti apa SDM yang akan dibutuhkan oleh perusahaan, sebab nantinya seorang HRD bukan hanya memiliki peran dalam perekrutan karyawan saja melainkan juga melakukan monitoring hingga evaluasi karyawan.

 

2. Konsultan Pendidikan

Seorang konsultan pendidikan biasanya akan bekerja dengan suatu lembaga pendidikan nonformal. Konsultan Pendidikan ini bertugas untuk memberikan arahan jurusan atau bahkan pilihan universitas yang diinginkan oleh para klien. Konsultan Pendidikan ini juga akan menyangkut mengenai pengurusan administrasi yang akan dibutuhkan oleh para klien nya ketika melakukan pendaftaran sekolah.

 

3. Peneliti Psikologi

Seorang peneliti psikolog memiliki peran sebagai peneliti terkait perilaku manusia serta faktor psikologis yang mempengaruhinya. Peneliti psikologi dapat bekerja di berbagai institusi, seperti universitas, pemerintah, dan perusahaan swasta. Lulusan psikologi yang ingin menjadi peneliti psikologi harus memiliki gelar master atau doktor dalam bidang psikologi.

 

4. Psikolog Olahraga

Psikolog olahraga merupakan seorang yang berperan atau bertugas sebagai pembantu atlet dalam hal kesehatan mental serta emosionalnya. Tugas utama dari psikolog olahraga ini adalah memberikan terapi dan konseling kepada atlet yang mengalami tekanan dan stres dalam kompetisi. 

 

5. Konsultan Karier

Konsultan karir memiliki peran untuk memberikan pengarahan kepada klien untuk mengenal potensi dirinya. Hal ini dilakukan guna untuk membuat para klien agar mengenali dirinya dan tau karakter yang sesuai.

Setelah klien mengetahui potensi diri dan ingin berkarier di bidang apa, konsultan karir kemudian akan memberikan simulasi tes sesuai bidang yang diinginkan klien. Dengan begitu, klien akan semakin tahu bagaimana pola kerja bidang karier tersebut.

Baca juga Jurusan Kuliah yang Bisa Menjadi Basis Karir di Dunia Kesehatan

6. Perawat Kesehatan Mental

Dari berbagai karir dari para sarjana psikolog, perawatan kesehatan mental menjadi karir yang paling populer. Pasalnya, hal ini menyangkut kerja sama dengan rumah sakit atau kedokteran. Untuk menjadi perawat kesehatan mental yang profesional, anda harus memiliki sertifikat kompetensi perawat. Anda akan dituntut untuk mampu mengerti kompetensi pekerjaan ini karena klien yang akan ditangani dalam kondisi spesial. 

Dalam kesimpulan, lulusan psikologi memiliki banyak pilihan karir yang tersedia. Beberapa pilihan karir yang tersedia untuk lulusan psikologi adalah psikolog klinis, konsultan SDM, peneliti psikologi, dan lain sebagainya. Namun sebelum anda menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih, pastikan jika jurusan kuliah tersebut sesuai dengan minat dan keterampilan yang anda miliki, agar semangat anda dalam belajar dan menunjang karir jadi lebih besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here