Pilihan Prospek Kerja bagi Lulusan Jurusan Marketing

452

Les Bahasa Inggris di Bandung – Jurusan perkuliahan marketing atau pemasaran merupakan jurusan perkuliahan yang saat ini cukup banyak diminati para calon mahasiswa. Pasalnya, jurusan ini memberikan banyak peluang karir yang dapat diperoleh setelah kuliah nanti.

Teruntuk anda yang saat ini sedang menjalani jenjang pendidikan kuliah jurusan marketing atau pemasaran,mungkin kerap bertanya tanya mengenai prospek kedepannya seperti apa.? Ingin tau jawaban atas pertanyaan tersebut.? ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Pilihan Prospek Kerja bagi Lulusan Jurusan Pemasaran

Semakin ke sini, industri semakin melebar dari waktu ke waktu dan seiring dengan berkembangnya teknologi, permintaan posisi untuk dipekerjakan semakin banyak, termasuk dengan dengan posisi  marketing atau pemasaran.

Baik industri digital maupun konvensional, selalu membutuhkan orang  orang  yang memiliki skil di bidang  marketing  untuk menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis. Lantas apa kira kira prospek kerja bagi lulusan pemasaran atau marketing.? Simak berikut beberapa diantaranya.

 

1. Market research analyst

Teruntuk anda yang memiliki skil analisis yang kuat, dan jika itu merupakan satu ketrampilan anda, maka tidak ada salahnya untuk memilih karir sebagai market research analyst. Sebagai market research analyst anda harus memiliki keterampilan analisis yang kuat serta riset yang kuat. Tanggung jawab dari kebanyakan profesi ini adalah meneliti target pasar dan mempresentasikan temuannya kepada marketing manager.

 

2. Brand manager

Para lulusan jurusan marketing juga bisa bekerja sebagai brand manager. Brand manager ini memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan, sebab mereka bertanggung jawab penuh untuk mengawasi semua aspek pemasaran produk maupun layanan milik perusahaan tempat ia bekerja.

Dalam perjalanan kariernya, biasanya posisi ini dimulai dengan menjadi market research analyst, maka bagi anda yang memiliki bakat analisis dan riset bisa mengejar karir brand manager ini.

 

3. Digital marketing analyst

Di era digital seperti sekarang ini, dapat dikatakan posisi sebagai digital marketing analyst ini amatlah dibutuhkan. Saat ini banyak perusahaan yang telah menerapkan digital marketing strategi, maka lowongan pekerjaan sebagai digital marketing analyst ini terbuka cukup lebar.

Bagi seorang Digital marketing analyst ini memiliki tanggung jawab terhadap semua kegiatan pemasaran dan branding yang dilakukan secara online. Hal itu mulai dari menaikkan traffic website, meningkatkan engagement semua media sosial perusahaan, sampai melakukan promosi konten melalui internet.

Dari hal inilah jurusan marketing dapat dikatakan sebagai jurusan yang akan banyak memiliki prospek kerja di era zaman modern.

 

4. Social media manager

Hampir semua jenis usaha atau bisnis saat ini telah  mengarah ke media sosial untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui online. Maka dari itu, posisi social media manager sangat dibutuhkan dan bahkan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Ini sudah menjadi lampu hijau bagi para mahasiswa yang sedang menempuh perjalanan kuliah di jurusan marketing.

 

5. Media planner

Jurusan pemasaran memang tidak terlepas dari keterampilan riset dan analisis. Keterampilan tersebut dapat anda gunakan ketika nanti anda menjabat sebagai media planner. Tugas utama dari seorang yang menjabat sebagai media planner ini adalah menentukan atau memilih media yang tepat untuk menarik lebih banyak konsumen.

Baca juga Jurusan Teknik Elektro, Peluang Karir dan Inovasi di Bidang Teknologi

6. Copywriter

Untuk menjadi seorang copywriter bukan hanya akan membutuhkan skil menulis saja, namun juga harus pandai dalam menganalisis target pasar yang tepat untuk dijadikan sebagai prospek pelanggan. Posisi ini memang lebih mengacu ke tulisan yang mengarah ke penjualan daripada mengembangkan konten yang dilakukan oleh para penulis konten.

kurang lebihnya itulah beberapa gambaran peluang karir selepas kuliah di jurusan marketing atau pemasaran. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here