Presentasi dalam Bahasa Inggris? Ikuti Tips Berikut Ini!

0
117

Berbicara di depan banyak orang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu harus berbicara dengan bahasa asing seperti bahasa inggris. Butuh persiapan yang matang dan latihan yang cukup.

Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa melakukan presentasimu dengan lancar!

  1. Persiapkan Materi dan Teks

Saat kamu sedang mempersiapkan presentasimu, siapkanlah dua hal berikut ini:

  1. Materi

Sebelum kamu memulai presentasi, tentu saja kamu harus mempersiapkan materi terlebih dahulu bukan?

Jika materi yang harus kamu sampaikan memiliki tema bebas, kamu bisa memilih topik yang sudah kamu kuasai. Dengan begitu kamu bisa menjelaskan topik tersebut dengan lebih mudah, karena kamu sudah mengerti apa yang mau kamu sampaikan.

Namun jika tema presentasi sudah ditentukan, cobalah riset topik tersebut terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah benar-benar menguasai topik yang akan kamu sampaikan, sebelum kamu memulai presentasimu.

b.Teks

Untuk mempermudah dirimu saat presentasi, buatlah teks secara terstruktur untuk menyampaikan materi. Jangan lupa gunakan bahasa inggris yang mudah dipahami oleh audience mu! Hal tersebut memudahkan para audience untuk mengerti apa yang sedang kamu sampaikan.

  1. Hal penting yang harus kamu perhatikan

Di dalam presentasi bahasa inggris hal yang kamu butuhkan adalah rasa percaya diri.

Kamu akan percaya diri jika materi sudah kamu kuasai. Kamu juga akan percaya diri dengan latihan presentasi yang cukup. Mungkin kamu bisa latihan sambil bercermin, atau bisa juga sambil merekam dirimu sendiri, untuk melihat performamu saat menjelaskan materi.

Namun jangan lupakan penyusunan kalimat dan pronunciation bahasa inggrismu! Sebelum kamu tampil di depan, kamu harus pastikan susunan katamu dalam bahasa inggris sudah sesuai dengan apa yang kamu ingin kamu sampaikan.

Kamu harus pastikan juga bahwa dirimu tahu betul bagaimana cara mengucapkan kata tersebut. Salah pengucapan, bisa membuatmu malu di depan umum dan kehilangan konsentrasi.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat presentasi bahasa inggrismu lancar! Good luck untuk presentasimu!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here