Prospek Kerja dari Jurusan Budidaya Perairan (Akuakultur)

563

Kursus Toefl Bandung – Budidaya Perairan atau Akuakultur merupakan salah satu jurusan yang mungkin akan kamu temui ketika hendak memasuki bangku perkuliahan. Jurusan ini memang tidak sepopuler jurusan lain seperti hukum, dokter, perawat, ekonomi atau jurusan lainnya, akan tetapi, bukan berarti jurusan Budidaya Perairan (Akuakultur) ini tidak memiliki prospek kerja yang menjanjikan, nah agar kamu tidak salah dalam menilai jurusan ini, yuk kita kenalan dengannya.

 

Apa itu jurusan Budidaya Perairan?

Jurusan Budidaya Perairan adalah satu jurusan yang akan mempelajari mengenai segala hal yang berkaitan dengan budidaya, baik itu ikan air laut, ikan air tawar, lelem cumi, lobster, rumput laut, kerang dan berbagai jenis ikan dan biota lainnya.

Pada jurusan ini, kamu akan belajar terkait bagaimana cara melakukan penangkaran ikan yang ada di laut maupun di perairan darat seperti sungai dan danau. Sederhana, jurusan ini akan mengajarkan kamu untuk menjadi pakar ikan, sebab kamu akan mengetahui lebih banyak mengenai bagaimana cara membedakan ikan yang masih segar atau sehat dengan ikan yang tidak sehat.

 

Prospek Kerja Jurusan Budidaya Perairan (Akuakultur)

Nah bagi kamu yang mungkin ingin tau apa prospek kerja dari para lulusan jurusan Budidaya Perairan ini, berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu peroleh setelah lulus nanti.

 

Akuakultur

Akuakultur merupakan satu pekerjaan yang akan bertugas untuk mengamati dan memahami pertumbuhan serta perkembangan hewan yang ada di dalam air. umumnya, profesi ini akan banyak dibutuhkan di sejumlah perusahaan komersial ikan laut, perusahaan riset biologi dan lain lain.

 

Manager Pembenihan Akuakultur

Prospek kerja lulusan Budidaya Perairan selanjutnya adalah sebagai manajer pembenihan akuakultur, dimana profesi ini akan menuntut kamu untuk bertanggung jawab melakukan manajemen individu, perikanan, infrastruktur, dan juga peralatan pada proses pembenihan.

 

Teknisi Perikanan

Teknisi perikanan merupakan orang yang akan bertugas untuk mengawasi dan membantu pekerjaan di lokasi perikanan. Umumya, profesi ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan swasta maupun lembaga milik pemerintahan.

 

Teknisi Biologi

Sebagai lulusan Budidaya Perairan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi asisten ahli biologi, dimana yang sedang bertugas dalam mengumpulkan, memelihara dan melakukan eksperimen di laboratorium.

 

Ahli Biologi Margasatwa

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi seorang ahli biologi margasatwa yang bertugas dalam mengamati dan mempelajari mengenai perilaku hewan terutama ikan dan jenis jenis hewan perairan lainnya. 

 

Ahli Gizi Ikan

Sebagai orang yang telah dibekali dengan pengetahuan yang baik mengenai ikan, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang  ahli gizi ikan yang dimana kamu akan bertugas dalam mengembangkan atau membuat makanan bergizi untuk ikan.

Tidak hanya dapat bekerja di lembaga pemerintahan saja, namun kamu juga dapat bergabung dengan perusahaan makanan yang berbasis makanan ikan.

 

Konsultan

Bagi kamu yang tidak mau terikat dengan sebuah perusahaan, kamu dapat menjadi konsultan independen yang dimana kamu dapat menentukan tarif yang sesuai dengan ilmu yang kamu miliki. Menjadi seorang konsultan budidaya perairan memiliki peluang yang cukup bagus, mengingat pelaku budidaya ikan yang kian meningkat membuka peluang usaha bagi kamu.

Baca juga Apa itu Biokimia? Apa Prospek Kerjanya?

Dosen Atau Pendidik

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi dosen atau guru pendidik. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus menyelesaikan pendidikan dengan dengan jenjang yang lebih tinggi sebagaimana yang menjadi syarat minimal untuk menjadi seorang dosen di sebuah fakultas.

Nah bagaimana setelah kamu mengetahui prospek kerja yang bisa kamu peroleh dari jurusan Budidaya Perairan tersebut.? apakah kamu tertarik ingin memilihnya sebagai jurusan kamu di bangku kuliah.? Apapun pilihan jurusan yang akan kamu pilih,m pastikan jurusan tersebut sejalan dengan minat kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here