Prospek Kerja Dari Jurusan Filsafat Yang Dikenal Sebagai Induk Semua Ilmu

343

Kursus Speaking Bandung – Filsafat merupakan suatu ilmu yang kerap disebut sebagai induk dari semua ilmu. Beda halnya dengan kebanyakan jurusan yang mempelajari mengenai ilmu praktis dan bersifat pragmatis. Filsafat ini lebih cenderung ke materi pembelajaran mengenai permasalahan mendasar manusia yang berhubungan dengan realita.

Ilmu filsafat ini sangat dekat dengan sejarah. Di jurusan ini, anda akan mempelajari mengenai pemikiran pemikiran para filsuf dari zaman kuno hingga filsuf di atas abad 20. Mempelajari ilmu filsafat akan membuat anda berpikir secara terstruktur dan mampu memproses informasi secara jernih.

Bagi anda yang mungkin pernah memikirkan tentang penciptaan alam semesta atau hakikat manusia hidup di dunia ini, maka anda sangat cocok untuk mengambil program studi Filsafat di bangku perkualihan nanti. Terutama bagi anda yang kerap mencari kebenaran mengenai hakiki dan pengetahuan.

 

Kelebihan Kuliah Jurusan Filsafat

Anda tidak perlu ragu dalam memilih jurusan filsafat sebab ada banyak kelebihan dari jurusan yang satu ini seperti

  1. Menjadi pribadi yang kritis.
  2. Bisa menjadi orang yang tekun.
  3. Rajin membaca dan punya kemampuan baik dalam menulis.
  4. Dapat menyampaikan isi pikiran dengan bahasa yang tepat
  5. Dapat mendidik anda menjadi seorang yang bijaksana
  6. Memiliki kesempatan yang besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Meskipun jurusan filsafat tidak sepopuler jurusan kedokteran, perawat, hukum, teknik sipil dan lainnya, namun jurusan ini bukan berarti tidak memiliki prospek kerja yang cerah. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan jurusan ilmu Filsafat.

 

Menjadi Staf Pemasaran

Menjadi staf pemasaran memang sangat identik dengan jurusan marketing, namun seorang lulusan Filsafat ini juga memiliki peluang yang sama untuk menjadi seorang staf dari pemasaran. Semasa kuliah di jurusan Filsafat, anda akan diajarkan mengenai bagaimana cara mempresentasikan apa yang dipikirkan  dengan baik, sehingga secara tidak langsung anda akan mendapatkan metode  atau cara mempromosikan produk dengan baik.

 

Konsultan untuk Rekrutmen Perusahaan

Selain menjadi staf pemasaran, para lulusan Filsafat juga memiliki kesempatan untuk menjadi konsultan dalam rekrutmen perusahaan yang bertugas membantu perusahaan dalam merekrut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang dimiliki sebuah perusahaan.

Berbekal ilmu pemahaman mengenai menafsirkan, meringkas dan memperjelas informasi dari para lulusan filsafat ini akan sangat membantu perusahaan dalam menentukan kandidat para calon karyawan.

 

Seorang Jurnalis

Kemampuan untuk berpikir kritis dan menulis yang dimiliki oleh seorang  lulusan filsafat ini membuka peluang untuk dapat berkarir menjadi seorang  jurnalis maupun wartawan. Secara umum, seorang lulusan filsafat mampu merangkum semua bidang berita seperti politik, olahraga, hiburan, bisnis, dan lain-lain.

 

Dosen dan Guru Filsafat

Menjadi seorang  guru pembimbing atau dosen sebenarnya dapat dimiliki oleh semua jurusan kuliah termasuk juga dengan jurusan filsafat. Sama halnya dengan jurusan lainnya, agar dapat menjadi dosen, setidaknya anda harus menyelesaikan pendidikan minimal S2.

Baca juga Bedah Prospek Kerja dari Jurusan Kuliah Antropologi

Psikoterapis

Prospek kerja lainnya dari para lulusan filsafat adalah menjadi seorang psikoterapis yang dimana berperan dalam membantu orang sekitar agar dapat mengatasi masalah psikis yang dialaminya. Seorang  lulusan filsafat akan mampu memberikan masukan dan juga pemikiran yang lebih terbuka, rasional, dan sebagainya kepada orang yang membutuhkan bantuan psikis.

Setelah mengetahui beberapa prospek kerja yang dapat diraih dari jurusan filsafat ini, apakah anda tertarik ingin menjadikannya sebagai jurusan pilihan anda di bangku perkuliahan.? Apapun yang menjadi jurusan pilihan anda, pastikan hal tersebut sesuai dengan bidang yang anda minati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here