Psikologi, Jurusan Kuliah dengan Peluang Karir yang Menjanjikan

363

Kampung Inggris Bandung – Pada dasarnya, seorang psikologi bertugas untuk menangani kasus kasus kejiwaan, mendiagnosis gejala psikologis pasien, dan juga melakukan psikoterapi sebagai bentuk penanganannya. Dalam hal memperbaiki perilaku pasiennya, psikolog harus dapat bekerja sama dengan psikiater dan para dokter yang  menangani pasien. Dalam kerjasama ini dilakukan apabila memang pasien membutuhkan pengobatan yang sekaligus psikoterapi dan juga konseling dari psikolog.

Psikolog sendiri dikategorikan berdasarkan dengan beberapa bidang yang berdasarkan dengan keilmuan yang  telah  ditekuninya, seperti misalnya psikolog klinis, psikologi industri, psikolog pendidikan dan lain sebagainya. Kategori inilah yang memuat banyak psikolog bekerja di berbagai industri dan bidang.

 

Peran dan Tanggung Jawab Psikolog

Seorang  psikolog akan memiliki beberapa tanggung  jawab yang menjadi tugas utamanya dalam menangani tiap pasiennya seperti melakukan wawancara psikologis dan  psikotes dimana para psikolog akan memeriksa dan menilai kondisi mental dari seseorang melalui wawancara yang dilakukannya. Dari hal ini, para psikolog mampu mengevaluasi tingkat intelektual, kelebihan serta kekurangan kognitif, nakat dan preferensi kerja, kepribadian dan juga karakter dari tiap pasiennya.

Psikolog akan  mendiagnosa pasiennya dari beberapa tahap wawancara, apakah pasiennya mengalami gangguan mental, trauma, fobia dan lainnya.

 

Keterampilan dan Pengetahuan Psikolog

Melalui metode dan tahap pembelajaran yang pernah didalami oleh seorang psikolog, membuat  mereka memiliki beragam keterampilan dan pengetahuan yang  meliputi

Wawancara Medis –seorang psikolog memiliki kemampuan wawancara untuk memahami dan mencari tahu kondisi pasien terkait penyakit yang dialami pasiennya.

Memiliki Keahlian dalam Melakukan Pemeriksaan secara Fisik – Seorang psikolog memiliki kemampuan dalam melakukan pemeriksaan secara fisik guna mendiagnosa dan menentukan metode pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dapat Meresepkan Obat – Seorang psikolog dapat meresepkan obat obatan yang berdasarkan dengan gejala atau gangguan yang dialami pasien.

Dapat Mengedukasi – Salah satu keahlian umum dari seorang psikolog adalah mampu mengdeukasi pasiennya megenai pemeliharaan kesehatan.

Mampu Melakukan Rehabilitas – Seorang psikolog mampu melakukan rehabilitas medis dasar pada pasien una mencegah komplikasi penyakit yang lebih lanjut.

Namun secara umum, kemampuan seorang psikolog berbeda beda dan tergantung dari bidang keilmuan yang sebelumnya telah dipelajari selama di bangku pendidikannya.

Baca juga Pilihan Karir untuk Lulusan Kuliah Jurusan Fisika

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Sebagai lulusan kuliah jurusan psikolog, terdapat banyakpeluang kerja yang dapat diambil selepas kualiah nanti salah satunya seperti

 

1. Konselor 

Prospek pertama yang sangat identik dengan lulusan jurusan psikolog adalah konselor. Konselor merupakan seorang yang bertugas memberikan konseling. Konselor sendiri dapat membantu dan memberi bimbingan kepada siapa saja yang memiliki masalah baik masalah yang berkaitan dengan sosial maupun yang lainnya.

 

2. Human Resource Development (HRD)

Seorang lulusan psikolog juga dapat menjadi Human Resource Development atau HRD yang bertugas menyeleksi pelamar di sebuah perusahaan dan memilih yang terbaik yang melalui beberapa dasar penilaian dari setiap pelamar.

 

3. Guru Konseling 

Seorang psikolog yang memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi serta menyampaikan materi pembelajaran mengenai dasar dan tahapan menjadi ahli psikolog dapat  menjadi seorang pembimbing atau guru konseling di berbagai ranah pendidikan.

 

4. Psikolog

Seorang lulusan psikolog dengan gelar psikolog yang diperoleh dari kuliah S2 dapat menjalani profesi sebagai psikolog, dimana dapat bekerja dengan berbagai perusahaan, rumah sakit maupun secara individu.

 

5. Peneliti 

Seorang psikolog juga dapat memperoleh kesempatan menjadi seorang  peneliti yang berdasarkan dengan tempat ia bekerja misalnya melamar pekerjaan sebagai peneliti di LIPI. 

Dengan mengetahui beberapa peluang karir dari lulusan kuliah jurusan psikolog ini, apakah anda tertarik ingin mendalami pembelajaran jurusan psikolog.? Apapun pilihan jurusan yang akan anda pilih di dunia perkuliahan nanti, pastikan hal tersebut didasari dengan minat yang tinggi agar kinerja belajar bisa jadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here