Recount text: Definisi, jenis, dan strukturnya!

0
997

Di dalam bahasa inggris kita dapat menemukan beragam jenis teks. Beberapa diantaranya adalah naratif teks, deskriptif teks, recount teks, spoof teks, dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini kita akan membahas apa itu recount teks.

Kamu penasaran? Mari kita bahas hal ini bersama-sama!

Apa itu recount text?

Apa itu recount text? Recount text adalah teks yang menceritakan kembali suatu kejadian atau pengalaman kita yang terjadi di masa lalu. Teks ini berguna untuk memberikan hiburan dan informasi kepada pembacanya.

Apa sajakah jenis recount text?

Recount text terdiri dari tiga macam, yaitu: factual recount, personal recount, dan imaginative. Mari kita bahas secara singkat ketiga macam recount text ini!

  1. Factual Recount

Factual recount adalah recount text yang melaporkan sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi. Biasanya orang yang menuliskan peristiwa ini adalah seseorang yang tidak terlibat langsung dengan peristiwa. Contoh teksnya adalah laporan kepolisian.

  1. Personal Recount

Berbeda dengan factual recount yang menceritakan kejadian orang lain, personal recount lebih menceritakan peristiwa yang dialami langsung oleh si penulis itu sendiri di masa lalu.

  1. Imaginative

Imaginatif recount menceritakan pengalaman yang terjadi di masa lalu, namun hal tersebut tidak benar-benar terjadi pada diri seseorang atau bisa kita bilang imajinasi.

Generic structure dari recount text

Dalam menulis sebuah teks dibutuhkan struktur kepenulisan yang jelas. Generic structure dari recount text dapat dilihat dibawah ini!

Orientation

Orientation dikenal sebagai bagian pembuka teks. Dengan kata lain, penulis recount teks diminta untuk menjelaskan informasi peristiwa sebagai pembuka teks. Bagian ini biasanya berisikan hal apa yang ingin penulis ceritakan, siapa sajakah orang yang terlibat, dimana dan kapan kejadian terjadi, dan bagaimana awal mula hal itu terjadi.

Bagian ini memiliki peran yang cukup penting untuk membuat pembaca mengetahui arah teks yang akan disajikan.

Events

Dibagian pertengahan teks, si penulis mulai mengembangkan teks dengan menceritakan lebih detail lagi peristiwa yang terjadi.

Reorientation

Terakhir dibagian reorientation penulis merangkum hal apa yang sudah ia ceritakan selama ini sebagai bentuk penutup teks.

Itu dia beberapa informasi yang berhubungan dengan recount text! Berdasarkan artikel diatas, cobalah membuat recount text mu sendiri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here