Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton Bersama Keluarga di Akhir Pekan

0
80

Libur di akhir pekan seringkali dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga, istilah kerennya yaitu family time.

Di sela-sela padatnya pekerjaan, aktivitas bersama keluarga seakan menjadi katalis yang dapat me-refresh otak sehingga meningkatkan kembali semangat untuk bekerja atau berkarya.

Beragam aktivitas dilakukan dalam rangka mempererat keintiman diantara anggota keluarga. Tidak sedikit yang berlibur ke pantai, camping ceria, bahkan ada pula yang sekadar nonton film bersama keluarga.

Menonton film bersama keluarga merupakan aktivitas yang menyenangkan sebagai pengganti liburan yang serba terbatas di masa pandemi seperti sekarang ini.

Banyak film-film menarik yang cocok untuk ditonton bersama keluarga, beberapa diantaranya sebagai berikut.

  1. Pursuit of Happyness (2006)

Rekomendasi film pertama yang cocok ditonton bersama keluarga adalah Pursuit of Happyness. Film yang dibintangi oleh Will Smith bersama anaknya, Jaden Smith, mengajarkan anak tentang arti kerja keras dan kegigihan dalam hidup.

Pursuit of Happyness diangkat dari kisah nyata seorang pebisnis Chris Gardner besera anaknya, Christopher Gardner Jr. Film ini menceritakan Chris Gardner yang sedang berada dalam titik terendah dalam hidupnya.

Chris mengalami permasalahan finansial dan juga terancam kehilangan keluarganya. Kondisi rumah tangga Chris dan Linda, istrinya, diambang perceraian. Puncaknya ketika Linda tidak lagi bisa merawat putra mereka Christopher Gardner Jr. karena rentetan permasalahan yang menimpa Chris.

Setelah kehilangan apartemen dan uang simpanannya, Chris dan anaknya hidup di tempat penampungan di San Fransisco.

Bagaimana kelanjutan kisahnya, silahkan tonton dengan seksama film tersebut.

  1. Parasite (2019)

Film Parasite karya Boong Joon-Ho ini berhasil meraih Piala Oscar 2020 mengisahkan tentang kesenjangan antara keluarga kaya dan miskin yang berakhir konflik.

Film ini dibintangi oleh seorang aktor terkenal asal Korea Selatan, Song Kang-ho yang memerankan sosok Kim Ki-taehun. Selain itu, beberapa aktor lain diantaranya ada Jang-Hye-jin sebangan Chong-sook, Choi Woo-shik sebagai Kim-Ki Woo dan Park So-dam sebagai Kim Ki-Jung.

Parasite (2019) menceritakan kisah kehidupan keluarga Kim Ki-taek, seorang supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choon Sook bersama dua anak mereka yang sudah berusia belasan tahun.

Tempat tinggal mereka adalah sebuah apartemen yang sudah tidak layak huni. Mereka semua menjadi pengangguran dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka menggantungkan diri pada pendapatan kecil dari melipat kotak pizza.

Putra dari keluarga Kim, yaitu Ki-woo, pada suatu hari memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pendapatan tetap dengan bekerja sebagai pengajar les. Ki-woo menjadi pengajar untuk menggantikan temannya yang akan melanjutkan kuliah di luar negeri.

Karena menjadi tumpuan keluarganya, Ki-woo pun kemudian setuju dan datang ke rumah keluarga yang akan membayarnya sebagai guru les, yaitu keluarga Park yang merupakan pengusaha bidang IT.

Saat tiba di rumah keluarga Park, Ki-woo bertemu dengan seorang wanita muda di rumah itu yang tak lain merupakan istri dari tuan Park Yeon-kyo.

Pada saat itulah strategi untuk keluar dari zona kemiskinan keluarga Kim dimulai melalui simbiosis mutualisme antara keluarga yang berbeda strata ekonominya.Keluarga Kim pun menyediakan pelayanan terbaik untuk keluarga Park yang mengeluarkan keluarga Kim dari lingkungan miskin.

Namun simbiosis itu tak bertahan lama. Film Parasite menyajikan komedi dan konflik secara bersamaan. Film ini penuh dengan pertarungan antara keserakahan dan segala prasangka.

  1. Finding Neverland (2004)

Film tahun 2004 yang bergenre drama emosional ini disutradarai oleh Marc Forster dan juga diperankan oleh Johny Depp sebagai James Barrie, Kate Winslet sebagai Sylvia Llewelyn-Davies dan Freddie Highmore sebagai Peter.

Film ini mengisahkan kehidupan seorang penulis J.M. Barrie, seorang penemu karakter fiksi yang terkenal yaitu PeterPan.

Barrie mendapatkan kritikan negatif atas sebuah drama yang ia tulis yaitu Little Mary. Setleah itu ia bertemu dengan Sylvia bersama empat anaknya yang masih kecil di Kensington Gardens.

Pershabatan mereka menjadi semakin erat, bahkan ia juga mampu menjadi teman bermain dan sosok ayah bagi keempat anak Sylvia yang telah ditinggalkan oleh ayah kandungnya karena penyakit kanker. Sylvia kemudian yang bertanggung jawab untuk membesarkan keempat anaknya tersebut.

Kedekatan antara Barrie dan Sylvia beserta keempat anaknya berujung pada perceraian ia dengan istrinya, Mary. Ibu Sylvia, Emma du Maurier juga merasa keberatan dengan waktu yang dihabiskan Barrie bersama keluarga Llewelyn-Davies.

Namun, Barrie tetap melanjutkan petualangan bersama Sylvia dan empat putranya. Kejenakaan imajinatif dari putra-putra Sylvia memberi Barrie ide-ide yang digabungkan ke dalam drama tentang anak laki-laki yang tidak ingin tumbuh dewasa bernama Peter. Nama tersebut terinspirasi dari putra Sylvia yang bermasalah, Peter Llewelyn-Davies.

Barrie akhirnya melakukan petualangan yang dimiliki dengan empat putra Sylvia dan membuat mereka terlibat dalam sebuah dara yang disebut Peter Pan.

 

  1. Forrest Gump

Film Forrest Gump, rilis pertama kali pada tahun 1994 di Amerika Serikat. Meskipun sudah rilis hampir tiga dekade, tetapi film tersebut masik layak dan menarik untuk ditonton kembali. Film yang bergenre drama komedi ini disutradarai oleh Robert Zemeckis yang diangkat dari novel dengan judul yang sama kara Winston Groom.

Film ini diperankan oleh aktor terkenal yaitu Tom Hanks yang berhasil membawanya menjadi pemenang Piala Oscar sebagai aktor terbaik. Tidak hanya itu, Forrest Gump juga berhasil memenangkan enam dari 13 nominasi Academy Awards diantaranya Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik.

Cerita yang disajikan dalam film ini sangat menarik, mengisahkan tentang seorang anak dengan IQ dibawah rata-rata yang dibesarkan oleh ibunya dengan penuh cinta. Forrest sering mengalami perundungan (bullying) oleh teman-temannya sejak kecil, bahkan Kepala Sekolahnya mengklaim bahwa Forrest adalah anak yang tidak bisa apa-apa.

Ia hanya memiliki satu-satunya teman bernama Jenny, yang sama sekali tak merundungnya. Rumah mereka berdekatan hingga akhirnya menjadi sahabat sampai mereka tumbuh dewasa.

Dibalik setiap kekurangan yang dimiliki oleh Forrest, tentu ada kelebihan yang membuatnya dicintai oleh orang-orang disekitarnya.

Suatu hari, ia sedang bermain bersama dengan Jenny setelah pulang sekolah, tiba-tiba datang temannya yang sering merundung kemudian mengejar Forrest menggunakan mobil. Hal itu terus menerus dilakukan oleh teman-temannya tersebut sehingga Forrest memiliki kemampuan lari yang baik, bahkan ia mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena kemampuan larinya tersebut.

Kehidupan Forest penuh dengan lari dan berlari. Ketika kuliah, dia masuk ke Football Club dan berhasil memperoleh penghargaan. Setelah lulus bergabung ke militer dan dikirim ke Vietnam. Ia sangat berjasa telah menyelamatkan teman satu peletonnya karena kecepatannya dalam berlari hingga ia memperoleh Medali Kehormatan atas kepahlawanannya.

Masih banyak cerita-cerita menarik dalam film Forrest Gump tersebut, silakan tonton filmnya jika membuatmu penasaran.

Itulah beberapa film rekomendasi yang cocok ditonton bersama keluarga di akhir pekan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here