Shy VS Embarrassed VS Ashamed- Apa Sih Bedanya?

0
142

Kamu tahu kan kalau di dalam bahasa indonesia ataupun bahasa inggris kita bisa mengungkapkan satu hal dengan beberapa cara. Sebagai contoh dalam konteks malu dalam bahasa inggris. Baik shy, embarrassed, ataupun ashamed, sama-sama memiliki makna malu. Namun, ketiganya digunakan dalam konteks yang berbeda.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas apa sih bedanya shy, embarrassed, dan ashamed.

Shy

Seperti yang kita tahu, shy artinya malu. Secara lebih detail, shy adalah perasaan malu yang muncul pada diri seseorang secara alami akibat dia merasa gugup. Contoh konteks yang menggambarkan ‘shy’ adalah ketika kita berada ditempat asing dan bertemu dengan orang baru.

Example:

She was very shy with strangers.

Dia dulu sangat malu dengan orang yang tak dikenal.

Embarrassed

Kata sifat malu yang selanjutnya adalah embarrassed. Kata sifat malu yang satu ini menunjukkan perasaan malu yang menimbulkan perasaan tidak nyaman. Biasanya kata ini dipakai saat kita melakukan suatu hal yang memalukan untuk diketahui oleh orang lain.

Orang yang merasa malu dalam konteks embarrassed biasanya bisa terlihat melalui ekspresi wajahnya. Beberapa ciri ekspresinya antara lain, keringat dingin, pipi yang memerah, bisa menjadi cemas, dan merasa tidak nyaman.

Example:

He feels so embarrassed when I shout out his name in public places.

Dia merasa malu ketika aku meneriakan namanya di tempat umum.

Ashamed

Kata sifat bermakna ‘malu’ dalam bahasa inggris yang terakhir adalah ashamed. Konteks malu ‘ashamed’ adalah level malu tertinggi diantara ketiga kata sifat ini. Penggunaan kata ashamed ini bisa kamu pakai apabila kamu melakukan suatu perbuatan yang membuatmu malu hingga merasa bersalah. Contoh konteksnya adalah rasa malu yang muncul ketika kamu ketahuan mencontek oleh teman-temanmu.

Example:

She is ashamed because she has been caught stealing my money.

Dia malu karena ketahuan mencuri uangku.

Berdasarkan penjelasan diatas, ayo coba bikin contoh kalimat buatanmu sendiri dengan menggunakan ketiga kata sifat diatas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here