Simple Present Continuous Tense – Pengertian Beserta Rumus Pembuatannya

574

Kampung Inggris Bandung – Ketika belajar mengenai sebuah bahasa, satu hal yang cukup penting dan hukumnya wajib untuk dipahami adalah tata bahasa atau yang lebih dikenal dengan istilah grammar. Hal ini juga berlaku dalam belajar bahasa inggris yang dimana grammar menjadi materi dasar yang memang harus dipelajari.

Dari 16 tenses yang ada dalam materi belajar bahasa inggris, terdapat salah satu tenses yang cukup sering digunakan dalam lingkungan sekitar baik di lingkungan sekolah, tempat kerja maupun lingkungan sekitar tempat tinggal, yaitu Simple Present Continuous tense.

Simple Present Continuous tense merupakan tenses yang menyatakan suatu peristiwa yang sedang terjadi saat ini. nah melalui artikel kali ini, kami akan mengulas mengenai Simple Present Continuous tense, nah bagi anda yang sedang mempelajari materi ini, bisa menyimak artikel ini.

 

Apa Itu Simple Present Continuous Tense?

Secara pengertian, Simple Present Continuous tense merupakan tenses yang digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian, tindakan atau kegiatan yang saat ini sedang berlangsung atau terjadi. Proses terjadinya dari tenses ini sudah dimulai dan belum berakhir ketika pembicaraan tersebut dilakukan.

Tenses ini juga disebut sebagai present progressive tenses, sebab tenses ini dapat digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang tidak mungkin akan terjadi atau dilakukan di masa mendatang. 

 

Rumus Simple Present Continuous Tense

Dalam pembentukkan dan pembuatan Simple Present Continuous Tense tersebut tentunya memiliki rumus dalam pembentukkan kalimatnya. Berikut rumus dari pembuatan Simple Present Continuous tense.

 

Positif:

Subject + am/is/are + verb-ing + complement.

 

Negatif:

Subject + am/is/are + not + verb-ing + complement.

 

Interogatif:

Am/Is/Are + subject + verb-ing + complement?

 

Berikut adalah contoh penggunaan rumus tersebut

 

Positif

I am studying for my exam.

She is reading a book.

They are playing soccer.

 

Negatif

He is not watching TV.

We are not going to the party.

The dog is not barking.

 

Interogatif

Are you working tomorrow?

Is she listening to music?

Are they studying English?

 

Contoh Rangkaian Kalimat

I am currently reading a book.

They are playing football in the park.

She is cooking dinner for her family.

We are studying for our upcoming exams.

He is working on a new project at the office.

The children are watching a movie in the living room.

The dog is chasing its tail in the backyard.

My sister is learning to play the guitar.

The rain is falling heavily outside.

The teacher is explaining a new lesson to the students.

Hal yang terpenting dan harus diketahui, Simple Present Continuous Tense merupakan rangkaian atau pembentukkan kalimat yang menjelaskan akan tindakan, kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung.

Baca juga Past Continuous Tense – Pengertian dan Rumusnya

Kata Kerja (Verb) yang tidak Digunakan pada Simple Present Continuous Tense

Dalam Simple Present Continuous Tense, tidak semua kata kerja dapat digunakan. Beberapa diantaranya tidak umum atau tidak lazim digunakan dalam bentuk tersebut. adapun beberapa  contoh dari kata kerja yang jarang atau tidak digunakan dalam rangkaian kalimat Simple Present Continuous Tense.

 

Verba statis atau keadaan

Kata kerja seperti “belong” (milik), “consist” (terdiri), “contain” (berisi), “fit” (cocok), dan “mean” (berarti) jarang digunakan dalam bentuk Present Continuous Tense. Biasanya, kata kerja semacam ini digunakan dalam bentuk Simple Present Tense atau bentuk lain yang sesuai.

Contoh:

The book belongs to my friend. (Simple Present Tense)

The cake consists of three layers. (Simple Present Tense)

 

Verba penilaian atau pendapat

Kata kerja seperti “like” (suka), “dislike” (tidak suka), “love” (cinta), “hate” (benci), “prefer” (lebih suka), “want” (mau), dan “need” (butuh) jarang digunakan dalam bentuk Present Continuous Tense karena mereka menyampaikan perasaan atau pendapat yang bersifat umum.

Contoh

I like ice cream. (Simple Present Tense)

She wants to go to the park. (Simple Present Tense)

 

Verba memiliki dan hubungan keluarga

Kata kerja seperti “have” (mempunyai), “own” (memiliki), “know” (tahu), “understand” (mengerti), “believe” (percaya), dan “think” (berpikir) jarang digunakan dalam bentuk Present Continuous Tense. Verba semacam ini lebih umum digunakan dalam bentuk Simple Present Tense.

Contoh

I have a car. (Simple Present Tense)

She knows the answer. (Simple Present Tense)

Namun meski demikian, perlu diketahui apabila dalam situasi dan kondisi tertentu, terdapat aturan atau sebuah pengecualian dalam tata bahasa, dengan penggunaan bahasa tertentu yang bisa berbeda beda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here