Suggestion: Cara Memberikan Masukan dalam Bahasa Inggris serta Contoh Percakapannya

0
4256

Sebagai makhluk sosial, kita pasti akan selalu berinteraksi dengan satu sama lain. Dalam rangka bersosialisasi, sering kali kita memberikan masukan kepada orang lain. Nah, tapi tahukah kamu cara menyampaikan masukan dengan Bahasa Inggris?

Disimak yuk caranya dibawah ini!

  1. How about / What about + Verb(ing) + ?

(Bagaimana kalau / Bagaimana dengan / Bagaimana jika)

  • How about taking him to the zoo?”

(Bagaimana kalau bawa dia mengunjungi kebun binatang?)

 

2. How about / What about + Simple Present + ?

(Bagaimana kalau / Bagaimana jika / Bagaimana dengan)

  • “What about I go to your party after submitting this assignment? Sounds good to you?”

Bagaimana kalau aku pergi ke pesta kamu sesudah mengumpulkan tugasku terlebih dahulu? Terdengar baguskan?

 

  1. How about + Noun Phrase + ?

(Bagaimana jika / Bagaimana dengan / Bagaimana kalau)

  • How about a bowl full of cereal before you go to the School?”

(Bagaimana jika (memakan) semangkuk sereal sebelum kamu pergi sekolah?)

 

  1. Why not / Why don’t / Why doesn’t … + ?

(Kenapa gak / Mengapa tidak … )

  • Why don’t you talk with him about this then? He would understand.”

(Kenapa kamu gak berbicara mengenai ini dengan dia saja? Dia bakal mengerti kok.”

 

  1. Maybe + Subject + Could …. + ?

(Mungkin bisa melakukan)

  • “Maybe we could watch that movie sometime?”

“Mungkin kita bisa menonton film itu nanti?”

 

  1. Subject + Suggest ….

(Sarankan / Menyarankan)

  • “I suggest that you leave this house and never return ever again!”

(Aku sarankan kamu pergi dari rumah ini dan jangan pernah kembali!”

 

  1. Let’s / Let’s not …

(Ayo / Mari / Sebaiknya tidak … )

  • Let’s not talk about this ever again.”

(Sebaiknya kita tidak membicarakan ini lagi.)

Itulah contoh dari kata-kata yang biasa digunakan untuk menyarankan sesuatu dalam Bahasa Inggris. Penasaran gak gimana cara menggunakan contoh diatas dalam sebuah dialog utuh?

Nah, dibawah merupakan beberapa contoh percakapan dalam penggunaan kata-kata untuk memberikan saran seperti yang sudah disampaikan di atas! Dibaca, ya!

Contoh 1:

Lisa:

“Hello Jennie! What are you doing?”

(Hi Jennie! Lagi apa nih?”)

Jennie:

“Oh, hi Lisa… I am doing nothing right now, but I think I have stomachache…”

(Oh, hi Lisa… Aku lagi gak ngapa-ngapain sih tapi perutku lagi sakit banget…”

Lisa:

“Oh my god! Let’s go to the medical room now!”

(Ya ampun! Ayo kita pergi ke UKS sekarang!”)

Jennie:

“You know what? I think I am just hungry – what about going to the cafeteria instead?

(Kayanya aku cuma lapar – gimana kalau kita pergi ke kantin aja?”

Lisa:

“Oh, alright then. Let’s go!”

(Oh, yaudah kalau begitu. Yuk kita pergi!”

 

Contoh 2:

(Didalam sebuah kantin)

Cody:

“Man, I am so hungry right now!”

(Duh, gue laper banget nih sekarang!”)

Justin:

“Well, why don’t you order something then?”

(Kenapa gak lo pesen sesuatu aja sih?)

Cody:

“I don’t know what to eat, there are just too many options to choose.”

(Disini banyak banget pilihannya, gue bingung.)

Justin:

“Hm, how about fuyunghai with rice?”

(Hm, gimana kalau nasi dengan fuyunghai?”)

Cody:

What about you order that instead, I think I’m going to look around first.”

(Gimana kalo lo aja yang pesen itu? Gue mau liat-liat dulu.”

Justin:

“Suit yourself.”

“Atur ajalah, Bos.”

 

Diatas adalah contoh dari kata-kata yang biasa digunakan untuk menyarankan sesuatu dalam Bahasa Inggris.dan juga contoh percakapannya. Semoga dapat membantu kamu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here