Tertarik dengan Jurusan Teknik Informatika.? Simak dulu Materi Kuliah dan Prospek Kerjanya

390

Kursus Ielts Bandung – Di era digital seperti sekarang ini, membuat Information Technology (IT) sudah menjadi kebutuhan utama. Hal ini dikarenakan aspek kehidupan manusia sudah mengandalkan teknologi untuk membantu berbagai aktivitas sehari hari. Sehingga kondisi ini akan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang informatika yang akan terus meningkat hingga di masa mendatang. Selama teknologi terus maju dan berkembang, maka selama itu juga mereka akan terus dibutuhkan.

Jika anda tertarik ingin mengambil jurusan teknik informatika sebagai jurusan di bangku perkuliahan nanti, perlu tahu materi kuliah dan prospek kerjanya nanti.

 

Sekilas Tentang Informatika

Informatika merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan teknologi dan pengolahan informasi. Seorang yang mempelajari teknik informatika ini akan mempelajari mengenai perancangan, penglohaan, hingga pembuatan sistem komputasi yang kemudian akan diproses dan disajikan sebagai informasi.

Dalam bidang informatika ini, komputer dan gadget sudah menjadi peralatan yang umum digunakan. Perangkat tersebut merupakan perangkat yang digunakan sebagai media dalam mengelola informasi dan data.

 

Materi kuliah jurusan teknik informatika

Di bangku perkuliahan jurusan teknik informatika ini akan mempelajari mengenai teknik komputer yang meliputi analisa matematis pengembangan, evaluasi software, pengujian, sistem hardware hingga cara kerja dari sebuah komputer. Sederhananya, seorang teknik informatika ini akan mempelajari fungsi fungsi dan struktur instruksi pemrograman yang diaplikasikan ke dalam komputer.

Bahasa programer merupakan bahasa yang  menggunakan algoritma coding sehingga akan membutuhkan ilmu dasar matematika dan juga logika yang kuat. Selain menerapkan teknologi yang sudah ada, seorang teknik informatika juga akan turut serta dapat menciptakan ide dan teknologi baru di masa mendatang.

Pada bangku perkuliahan jurusan teknik informatika akan fokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer dan juga pengembangan perangkat lunak. Mata kuliah itu diantaranya adalah sistem informatika, logika informatika, strategi algoritma, rekayasa perangkat lunak, Artificial Intelligence (AI), dan pemrograman Internet. 

 

Prospek Kerja Teknik Informatika

Sebelum anda memutuskan untuk memilih teknik informatika sebagai jurusan kuliah anda nantinya, mungkin anda membutuhkan gambaran terkait prospek kerja setelah lulus nanti. Nah berikut beberapa prospek kerja ara sarjana lulusan teknik informatika.

 

Full Stack Developer

Full stack developer merupakan seseorang yang bekerja di berbagai bidang IT, dimana mereka akan memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client. 

Untuk dapat menempati profesi ini memang membutuhkan waktu yang cukup panjang, sebab setidaknya harus mampu menguasai konsep dari teknologi tersebut. Namun hal tersebut akan sesuai dengan jumlah gaji yang akan diperoleh nantinya.

 

Software Engineer

Software Engineer atau pengembang dari software sistem komputer merupakan profesi dimana akan dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman yang ada di dalam ilmu tersebut. bisa seperti penguasaan bahasa JavaScript atau bahasa Ruby untuk pemrograman web.

Baca juga Kuliah Jurusan Teknik Sipil.? Yuk Intip Prospek Kerja Setelah Lulus Nanti

Game Developer

Bicara mengenai game, game adalah suatu hal yang dibutuhkan oleh banyak orang untuk menghibur diri dan mengurangi rasa stres dari kesibukan. Tidak dapat dipungkiri jika game memiliki peminat yang sangat banyak dan bahkan hampir semua kalangan suka bermain game.

Seorang lulusan Teknik Informatika yang berdasarkan dengan pengetahuan di bidang bahasa pemrograman dapat memperoleh kesempatan menjadi game developer atau sederhananya adalah pembuat game. Saat ini peluang pembuat game terbuka sangat lebar, sehingga peluang berpenghasilan cukup besar.

Nah itulah beberapa gambaran mengenai jurusan Teknik Informatika mulai dari materi pembelajaran hingga prospek kerja setelah kuliah nanti. Bagaimana apakah anda tertarik ingin memilih Teknik Informatika sebagai jurusan kuliah anda.? Apapun pilihan jurusan kuliah anda nanti, pastikan hal tersebut didasari dengan minat yang tinggi agar kinerja belajar bisa jadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here