Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Melalui Kalimat Tongue Twister!

0
229

Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu. Salah satunya adalah dengan membaca kalimat tongue twister. Jika diartikan secara literal, kalimat tongue twister bermakna kalimat pembelit lidah. Hal ini menunjukkan bahwa kata-kata didalam kalimat tersebut memiliki pengucapan yang mirip-mirip, sehingga membuatmu sedikit sulit untuk mengucapkannya. Hal ini dapat melatih pronunciation mu, sekaligus membantumu untuk membedakan pengucapan suatu kata dengan kata lainnya. Tak hanya itu, kamu pun bisa menambah banyak kosa kata dari kalimat ini.

Ada 2 tips yang bisa kamu lakukan agar mampu meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu melalui kalimat tongue twister ini dengan baik.

  1. Mulai secara bertahap

Pertama, kamu harus pastikan untuk memulainya secara bertahap.

Dibandingkan membaca tongue twister yang panjang dan memiliki kosa kata yang sama sekali belum pernah kamu dengar, alangkah lebih baik jika kamu memulainya dengan tongue twister yang pendek.

Selain kamu bisa tahu cara pengucapan yang baik dan benar, kamu juga bisa melatih kecepatan berbicara dalam bahasa inggrismu. Saat kamu merasa sudah siap untuk meningkatkan level tongue twistermu, maka lakukanlah!

Di lansir dari mondly, ada beberapa kategory tongue twister yang bisa kamu jadikan bahan untuk berlatih. Dalam artikel kali ini, kita akan membaginya menjadi tahap awal, sedang, dan sulit.

  • Tongue twister tahap awal

Tongue twister ini memiliki kalimat pendek yang terdiri dari 2-7 kata saja.

Example:

  • Specific pacific.
  • She sees cheese.
  • Fresh Fried fish.
  • Rubber baby buggy bumpers.
  • Fred fed Ted bread and Ted fed Fred bread.

 

  • Tongue twister tahap sedang

Dalam kalimat tongue twister ini, kalimat yang disajikan cukup panjang dengan kosa kata yang mulai terasa sulit namun masih bisa diatasi. Contoh kalimat ini pasti pernah kamu temui di suatu tempat, karena kalimat inilah yang cukup dikenal untuk membaca kalimat tongue twister.

Example:

  • Peter piper picked a peck of pickled peppers;

A peck of pickled peppers Peter Piper picked;

If Peter Piper picked a peck of pickled peppers;

Where’s the peck of pickled peppers Peter Piper picked.

  • How much wood would a woodchuck chuck

If a woodchuck could chuck wood?

He would chuck, as much as he could.

And chuck as much wood as a woodchuck would

If a woodchuck could chuck wood.

 

  • Tongue twister tahap sulit

Tongue twister yang satu ini terbilang sulit bukan karena kalimatnya yang panjang. Melainkan karena cara baca dari kata-kata kalimat dibawah ini memiliki pengucapan yang hampir sama.

Example:

  • If you must cross a course cross cow across a crowded cow crossing, cross the cross coarse cow across the crowded cow crossing carefully.
  1. Cari kosa kata dari kalimat tongue twister

Kedua, jika kamu merasa sudah mampu mengucapkan kalimat tongue twister dengan baik dan benar, dan juga sudah menambah kecepatan pengucapanmu. Coba kamu cari tahu arti dari setiap kata yang kamu temui.

Itu dia tips meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu melalui kalimat tongue twister, hope you enjoy it!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here