Tips Ampuh Belajar Menguasai dan Persiapan Menghadapi TOEFL

175

Kursus Toefl Bandung – TOEFL, atau Test of English as a Foreign Language, adalah ujian bahasa Inggris yang mendapat pengakuan internasional dan sering menjadi persyaratan untuk masuk universitas di luar negeri. Untuk meraih skor tinggi dalam TOEFL, diperlukan ketekunan, konsistensi, dan beberapa strategi yang efektif. Nah pengen tau bagaimana cara belajar menguasai dan menghadapi tes TOEFL? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Tips Ampuh Belajar Menguasai dan Persiapan Menghadapi TOEFL

Tes TOEFL memang bukanlah tes yang bisa dikatakan mudah, sebab tes tersebut menggunakan standar Internasional, sehingga bekal atau persiapan ketika mengikuti tes harus benar benar matang.  Berikut adalah panduan komprehensif untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan sukses dalam menghadapi ujian TOEFL.

 

Tips untuk Menguasai TOEFL

Menonton Talk Show/Podcast Berbahasa Inggris

Menonton talk show atau podcast berbahasa Inggris bukan hanya cara santai untuk meningkatkan mendengarkan Anda tetapi juga memperluas kosakata. Hindari subtitle untuk meningkatkan pemahaman, catat kata-kata baru, dan cari artinya untuk memahami percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris.

 

Konsistensi Waktu Belajar

Jadwalkan 2-3 jam setiap hari untuk belajar TOEFL. Bagi waktu belajar ke dalam kategori seperti writing, reading, speaking, dan structure. Konsistensi adalah kunci dalam mempelajari bahasa asing.

 

Berlatih Soal-soal TOEFL

Perbanyak latihan soal TOEFL. Gunakan buku latihan atau aplikasi online. Semakin sering Anda berlatih, semakin akrab Anda dengan format dan jenis pertanyaan dalam ujian TOEFL.

 

Perkaya Kosakata Melalui Membaca

Mulailah membaca dalam bahasa Inggris. Pilih topik yang menarik dan baca secara teratur. Jangan hanya menghafal kata-kata, tetapi juga pahami konteksnya dan praktikkan penggunaannya.

 

Praktik Menulis dalam Bahasa Inggris

Tuliskan catatan harian, artikel, atau pesan dalam bahasa Inggris. Perhatikan tata bahasa dan ejaan Anda. Dapatkan umpan balik dari teman atau guru untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda.

 

Berlatih Berbicara

Berbicaralah bahasa Inggris dengan penutur asli atau bahkan di depan cermin. Fokus pada pengucapan dan intonasi. Jangan takut membuat kesalahan; belajar dari kesalahan adalah bagian dari proses belajar.

 

Atasi Kelemahan dengan Tekun

Kenali kelemahan Anda dan fokus untuk memperbaikinya. Perbanyak latihan mendengarkan jika mendengarkan merupakan kelemahan Anda. Terus berlatih dan jangan menyerah.

 

Persiapan Menghadapi Ujian TOEFL

Setelah membekali diri dengan pelatihan yang cukup, maka jangan lupa untuk melakukan persiapan untuk menghadapi tes. Bagaimana persiapannya? Berikut kami punya tipsnya.

 

Rencana Studi yang Terstruktur

Buat rencana studi yang mencakup semua aspek ujian TOEFL, mulai dari listening hingga writing. Dengan panduan ini, dapat mengatur waktu latihan dengan lebih efektif. Ingat, kunci dari latihan yang efektif adalah ketekunan dan konsistensi.

 

Menunda dengan Bijak

Jangan ragu untuk menunda ujian jika merasa persiapan belum memadai. Gunakan waktu ini untuk meningkatkan keahlian berbahasa Inggris.

 

Belajar Bersama: Guru dan Teman Sejawat

Diskusikan materi dengan guru atau teman belajar. Berbicara dan mengajarkan satu sama lain membantu memperdalam pemahaman materi.

Baca juga Perbedaan Finally, At last, Lastly, dan In the end

Perhatikan Petunjuk dengan Cermat

Baca dan pahami setiap petunjuk dengan seksama saat ujian. Detail kecil bisa membuat perbedaan besar.

 

Manajemen Waktu yang Efisien

Pelajari teknik mengenali pokok permasalahan dan kata kunci dengan cepat. Atur waktu dengan bijak; jangan terlalu terburu-buru atau terlalu lama pada satu soal.

Dengan mengikuti tips ini dengan tekun dan konsisten, Anda akan memiliki peluang besar untuk meraih skor TOEFL yang tinggi. Praktik dan ketekunan adalah kunci utama dalam menguasai bahasa Inggris. Semoga sukses dalam persiapan dan ujian TOEFL Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here