Tips Bagi Pemula yang Ingin Ikut Tes TOEFL ITP

216

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – TOEFL ITP (Test of English as a Foreign Language Institutional Testing Program) adalah salah satu tes bahasa Inggris yang populer digunakan untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris seseorang. 

Tes ini sering dijadikan syarat bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri atau untuk keperluan kerja di perusahaan multinasional. Bagi pemula yang baru mengenal TOEFL ITP, mengikuti tes ini bisa menjadi pengalaman yang menantang. Namun, dengan persiapan yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda. nah pada artikel kali ini, kami akan mencoba share beberapa tips bagi pemula yang ingin ikut Tes TOEFL ITP agar potensi keberhasilannya jadi lebih besar.

 

Tips Bagi Pemula yang Ingin Ikut Tes TOEFL ITP

Tes TOEFL bukanlah tes yang bisa dikatakan mudah, sebab dalam tes ini, skil atau kemampuan bahasa inggris akan benar benar diuji, atau dengan kata lain sebagai pembuktian jika anda sudah benar benar mahir dalam bahasa inggris.

Sebagai pemula, mengikuti tes ini pastinya membutuhkan persiapan yang sangat matang. Agar mencapai potensi keberhasilan yang lebih besar, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu anda.

 

Menentukan Tujuan Belajar

Sebelum memulai persiapan untuk TOEFL ITP, tentukan tujuan Anda mengambil tes ini. Apakah Anda ingin melanjutkan studi di luar negeri, meningkatkan peluang kerja, atau sekadar mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda secara keseluruhan? Dengan menetapkan tujuan yang jelas, Anda dapat lebih fokus dalam mempersiapkan materi yang relevan dan mengarahkan upaya belajar Anda.

 

Mengetahui Format dan Struktur Tes

Penting bagi pemula untuk memahami format dan struktur tes TOEFL ITP. Tes ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. 

Setiap bagian memiliki jenis soal yang berbeda, dan durasi tes totalnya sekitar 140-150 menit. Dengan memahami format ini, Anda dapat mengalokasikan waktu dan usaha belajar Anda secara efisien sesuai dengan tipe-tipe soal yang akan dihadapi.

 

Menyiapkan Materi Belajar

Sumber daya belajar sangat penting dalam persiapan untuk TOEFL ITP. Gunakan buku-buku panduan resmi TOEFL ITP dan sumber daya online yang berkualitas untuk memahami materi dan contoh soal. 

Pastikan Anda memahami tata bahasa Inggris, kosa kata, dan teknik membaca yang relevan untuk menghadapi tes ini. Jangan ragu untuk mencari bantuan tambahan dari tutor atau kursus persiapan jika diperlukan.

 

Menetapkan Jadwal Belajar yang Teratur

Konsistensi dalam belajar adalah kunci kesuksesan. Tetapkan jadwal belajar yang teratur dan disiplin dalam mengikutinya. 

Tentukan waktu yang Anda bisa luangkan setiap hari atau setiap minggu untuk belajar TOEFL ITP, dan pastikan untuk membaginya secara merata untuk setiap bagian tes. Dengan jadwal belajar yang teratur, Anda dapat mengukur perkembangan Anda dan mengevaluasi tingkat persiapan Anda.

 

Meningkatkan Keterampilan Listening dan Reading

Bagian Listening Comprehension dan Reading Comprehension adalah bagian yang krusial dalam tes TOEFL ITP. Untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan, dengarkan berbagai materi audio dalam bahasa Inggris, seperti berita, podcast, atau wawancara. Latih kemampuan membaca dengan membaca artikel, esai, atau buku dalam bahasa Inggris. Latihan ini akan membantu Anda memahami informasi secara efektif dan cepat.

Baca juga 5 Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Bagus

Berlatih Mengerjakan Soal

Saat menghadapi tes TOEFL ITP, waktu adalah faktor penting. Karena itu, penting untuk berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL dalam batasan waktu yang ditentukan. 

Lakukan simulasi tes dengan kondisi seolah olah Anda sedang menghadapi tes sesungguhnya. Evaluasi hasilnya dan identifikasi area yang perlu diperbaiki. Berlatih secara teratur akan membantu Anda mengatasi rasa tegang dan meningkatkan performa Anda saat tes nanti.

 

Persiapan yang tepat adalah kunci untuk meraih hasil yang baik dalam tes TOEFL ITP. Dengan mempertimbangkan beberapa tips di atas, sebagai pemula pastinya anda akan dapat terbantu sehingga tingkat kesulitan bisa lebih rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here